Property Semarang : Ingin Membeli Rumah Di Luar Kota? Simak Tipsnya

Property Semarang : Ingin Membeli Rumah Di Luar Kota? Simak Tipsnya

Terkadang kita tak pernah tahu dimana nantinya kita akan tinggal, apakah di kota yang saat ini kita tinggali. Atau justru di daerah lain, mengingat semakin sulitnya mendapatkan rumah, sering kali muncul keinginan untuk memiliki rumah di daerah lain. Masalah area yang diinginkan bukan sekadar lahan yang subur dan dekat dengan kota, namun juga kota lain yang jaraknya cukup jauh dari hiruk-pikuk metropolitan. Misalnya anda bekerja di Semarang, dan tertarik untuk membeli rumah di Yogyakarta atau Solo. Rumah tersebut dapat anda jadikan sebagai tempat tinggal saat masa pensiun dan menikmati hari tua.

Sebenarnya boleh-boleh saja anda membeli rumah di luar kota, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan membeli rumah, antara lain.

1.      Pilih area yang dekat dengan diri anda

Saat anda ingin membeli rumah di luar kota usahakan pilih rumah yang dekat dengan anda. Hal ini berarti, anda dulu pernah tinggal di kota itu di masa lalu, atau anda memiliki saudara atau orang terdekat lainnya yang juga tinggal di sana.

Hal ini tujuannya agar rumah yang akan anda beli tetap terawat, khususnya saat anda belum sempat berkunjung dalam waktu yang lama. Sehingga orang terdekat anda dapat dimintai bantuan untuk merawatnya. Selain itu, memiliki kedekatan dengan rumah baru anda akan membuang rasa kesepian dan terasingkan.

2.      Usahakan memilih yang berada tak jauh dari pusat kota

Anda mungkin ingin tinggal di area dengan udara yang sejuk dan suasana tenang. Namun, yang perlu anda ingat anda akan menggunakannya di hari tua nanti. Jadi usahakan memilih rumah yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Sebab anda tetap dapat berbelanja kebutuhan rumah serta memperoleh fasilitas umum seperti obat-obatan atau check kesehatan.

Selain itu, kondisi lalu lintas di kota yang tak terlalu besar cenderung lebih aman. Harga yang dikenakan pun lebih stabil, meskipun terkadang mengalami kenaikan. Sehingga anda dapat menggunakannya sebagai investasi masa depan.

3.      Pilih rumah yang dekat dengan sekolah atau kampus

Sebenarnya memilih rumah di daerah pinggir kota boleh-boleh saja, namun coba lihat lagi kondisi di sekitarnya. Lebih baik anda memilih rumah yang berada di dekat kampus atau institute pendidikan lainnya.

Hal ini karena harga rumah yang berada di dekat kampus ternyata sering mengalami kenaikan sebab banyaknya jenis usaha yang dapat dilakukan sekitar rumah. Mulai dari usaha kost-kostan, membangun warung makan atau kedai kopi, usaha laundry, dan lain sebagainya. Meskipun anda telah pensiun, membangun usaha kecil-kecilan seperti itu bukan masalah bukan? Selain mengisi waktu luang, anda juga mendapatkan penghasilan tambahan.

4.      Rumah memiliki halaman  yang memadai

Mengingat harga rumah dan tanah di kota lain tak semahal dengan harga rumah/tanah di tempat tinggal anda saat ini. Maka tak ada salahnya jika membeli rumah dengan ukuran yang lebih besar.

Anda tak perlu membangun rumah yang sangat besar, anda cukup membuat rumah model minimalis dan memiliki halaman yang memadai, sehingga anda dapat berkebun dan penghuni rumah mendapatkan udara yang segar setiap hari. Selain itu, menanam sayur dan buah sendiri akan menyehatkan tubuh anda.

5.      Buatlah tanah yang produktif

Tips yang terakhir diperuntukan bagi anda yang membeli tanah (membangun rumah sendiri). Sambil menunggu rumah dibangun, ada baiknya anda menggunakan tanah tersebut untuk bercocok tanam. Intinya jangan biarkan tanah anda nganggur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *