Property Semarang : Mengenal Desain Rumah Dengan Arsitektur Minimalis Modern Untuk Hunian Keluarga

Property Semarang : Mengenal Desain Rumah Dengan Arsitektur Minimalis Modern Untuk Hunian Keluarga

Anda tentu tidak asing dengan rumah model minimalis. Saat ini sudah banyak arsitektur rumah yang mengangkat konsep minimalis. Pada dasarnya rumah dengan arsitektur minimalis lebih menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional, bahkan dari bentuk rumah memiliki karakter geometris dan tanpa dekorasi. Namun apakah anda telah mengetahui lebih jauh tentang rumah minimalis modern? Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak pembasah di bawah ini.

Mengenal desain rumah minimalis modern

Konsep minimalis sendiri mulai menjadi tren sejak awal abad ke-19. Hal ini karena dari gaya arsitektur yang lalu cenderung membutuhkan banyak unsur dekorasi dan ornamen. Para desainer arsitektur menimalis sebenarnya hanya berfokus pada due elemen yakni pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur 3 dimensional.

Sejarah dari rumah minimalis

Sebutan Minimalis sebenarnya banyak dipengaruhi oleh aliran Zen dari jepang. Arsitek Amerika bernama Frank Lloyd Wright mengadaptasi beberapa hal yang ada pada Zen seperti pintu geser pada rumah-rumah tradisional di jepang di tahun 1940an. Konsep minimalis kemudian bergerak dan berkembang di tahun 1980an di negara London dan New York. Hal ini sejalan dengan yang sedang terjadi pada perkembangan industri fashion yang lelah dengan berbagai atribut maksimalis.

Sebenarnya arsitek menimalis tak hanya mempertimbangkan kualitas fisik sebuah bangunan, mereka pun melihat secara mendalam terhadap dimensi spiritual yang tak terlihat, dengan memerhatikan terhadap hal-hal detail, manusia, ruang, alam dan bahan. Para arsitek menemukan jika sesuatu yang asbtrak dan tidak terlihat seperti cahaya alami, langit, bumi dan udara memiliki kualitas.  Dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, biasanya memiliki bentuk-bentuk geometris, tak memiliki hiasan, menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur.

Bahkan pencahayaan ruangan yang alami dinilai lebih bersih dan sederhana. Konsep minimalis cenderung esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum. Untuk mengenal rumah dengan konsep minimalis modern ada beberapa ciri yang dapat anda amati, seperti:

  • Bentuk denah yang kotak
  • Bentuk bangunan berupa kubus
  • Terdapat deret jendela yang membentang dengan horizon kotak-kotak
  • Hampir semua sudut facade 90 derajat
  • Material fabrikasi yang sering digunakan adalah baja, kaca, dan beton

Denah ruangan dibuat sesuai dengan fungsinya

Konsep minimalis sendiri bukan hanya sekadar rumah berbentuk sederhana. Akan tetapi bentuknya yang disesuaikan dengan fungsi, tanpa ada tambahan ornamen yang terlalu banyak. Seperti pada denah rumah minimalis yang akan memaksimalkan area rumah atau ruangan sebaik mungkin. Jika anda telah berkeluarga tentu memerlukan banyak ruangan paling tidak kamar untuk anak-anak. Salah satu keuntungan dari memiliki rumah dengan konsep minimalis adalah lebih mudah proses renovasinya.

Sebenarnya desain rumah minimalis sendiri disesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya jumlah anggota keluarga yang banyak sehingga anda harus membagi ruangan sebaik mungkin. Tak ada salahnya jika anda memilih rumah dengan dua lantai. Menerapkan konsep rumah minimalis juga tak bisa sembarangan anda perlu berdiskusi dengan konsultan dengan desainer serta pihak pengembang. Akan tetapi jika anda termasuk orang yang terlalu banyak beraktivitas di rumah, maka anda bisa menggabungkan 2 fungsi ruangan, misalnya living room dan Family room. Atau menggabungkan dapur dengan meja makan sehingga anda bisa memaksimalkan ruang tanpa sekat.

Namun memilih rumah minimalis yang cocok untuk keluarga tentu bukan perkara mudah. Anda perlu banyak berdiskusi tentang kebutuhan setiap anggota keluarga. Selain itu anda juga perlu melakukan survei dengan beberapa pengembang untuk menemukan rumah yang cocok. Jangan ragu mengikuti pameran atau mencari informasi di internet untuk mewujudkan rumah impian keluarga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *