Property Semarang : Manfaat Jika Kita Memiliki Ruko Di Pinggir Jalan

Property Semarang : Manfaat Jika Kita Memiliki Ruko Di Pinggir Jalan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam berbisnis, salah satunya adalah dengan menyewa tempat sebagai lokasi usaha anda. Ada banyak pilihan tempat yang dapat anda pilih sebagai lokasi usaha mulai dari rumah sendiri, pusat perbelanjaan atau pasar, hingga ruko. Ruko merupakan tempat yang sering ditemui dalam membangun usaha. Tak heran terkadang dalam satu wilayan industri berjejer ruko-ruko dengan berbagai jenis usaha.

Ruko (rumah dan toko)

Biasanya ruko dijadikan sebagai tempat usaha, namun ada beberapa ruko yang dibangun dengan 2-3 lantai. Mengingat saat ini semakin sempit mencari lahan untuk dijadikan hunian sehingga ruko memiliki fungsi ganda sebagai tempat berbisnis dan tempat tinggal. Menggabungkan rumah dan tempat kerja keuntungan seperti lebih efisien tenaga, waktu tempat dan modal. Lokasi ruko yang paling strategis adalah berada di pinggir jalan besar. Sehingga memungkinkan banyak orang yang simpang siur serta lokasinya yang mudah diakses.

Meskipun ruko memiliki fungsi ganda, namun tetap perlu ada pemisah antara kegiatan usaha dengan urusan keluarga. Misalnya untuk tempat tinggal anda bisa memakai lantai atas sementara untuk tempat usaha anda bisa menggunakan lantai dasar sehingga akan mudah diakses oleh pelanggan dan relasi bisnis anda.

Kelebihan memiliki ruko pinggir jalan

Memiliki lokasi bisnis yang dekat dengan jalan raya tentu memiliki banyak keuntungan, selain lokasinya yang strategis ada beberapa hal lain yang anda peroleh antara lain:

  • Dapat memantau situasi lalu lintas secara langsung
  • Mudah ditemukan oleh para calon pembeli, sehingga meminimalisir adanya customer/relasi yang kesasar
  • Dekat dengan pemberhentian angkutan umum
  • Nilai jual yang tinggi
  • Semakin banyak orang berlalu lalang semakin besar kemungkinan calon customer berkunjung. Semakin besar pula kemungkinan mereka membeli produk anda

Hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin memiliki ruko

Setelah anda menyimak beberapa manfaat di atas, mungkin terbesit keinginan untuk membeli sebuah ruko sebagai bisnis sekaligus tempat tinggal. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan di awal-awal antara lain:

  • Anda harus tahu model usaha apa yang ingin dikembangkan. Hal ini tentu sangat penting karena berpengaruh terhadap lokasi serta fasilitas yang anda peroleh di dalam ataupun sekelilingnya
  • Apakah menggunakan ruko tersebut sebagai usaha sendiri atau justru berniat menyewakannya ke orang lain? Apakah anda membutuhkan ruko yang lebih besar dibandingkan itu?
  • Apakah anda nanti akan tinggal di ruko atau tidak? Jika iya maka sebaiknya anda lihat situasi ruko apakah tersedia dua lantai atau tidak.

Jika anda telah mempertimbangkan pertanyaan tersebut maka hal ini akan mempermudah dalam proses membeli.

Lalu jenis usaha apa yang cocok ruko anda?

Jika anda berniat memiliki ruko untuk bisnis sendiri, maka berikut ini ada beberapa rekomendasi model usaha yang cocok untuk anda antara lain:

1.      Usaha toko oleh-oleh khas daerah

Salah satu model usaha yang berkembang saat ini adalah penjualan oleh-oleh khas. Oleh-oleh khas dari sebuah daerah tentu selalu diburu dan dicari oleh banyak turis baik asing maupun lokal. Terkadang bagi beberapa orang yang hendak pulang kampung, mereka menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh terlebih dahulu.

2.      Coffeshop

Saat ini sudah banyak pecinta kopi mulai dari kalangan remaja, dewasa hingga orangtua. Terkadang untuk menghilangkan stres beberapa orang keluar sejenak dan ‘nongkrong’ sambil ngopi. Tentu bisnis kedai kopi seperti ini sangat menjanjikan, apalagi semakin banyak orang yang menyukai varian rasa kopi.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *