Property Semarang :  Khawatir Dengan Penyebaran Virus Sekitar Rumah? Simak Ciri-Ciri Perumahan Yang Sehat

Property Semarang :  Khawatir Dengan Penyebaran Virus Sekitar Rumah? Simak Ciri-Ciri Perumahan Yang Sehat

Apakah anda termasuk orang yang tinggal di kompleks perumahan? Jika iya tentu terdapat kekhawatiran tersendiri tentang penyebaran virus dan penyakit yang kian meningkat. Tentu kita tahu jika lingkungan tempat tinggal sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan anda dan seluruh keluarga. Jika lingkungan tempat tinggal anda kurang bersih maka akan banyak wabah penyakit yang menyerang keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Jika anda berniat membeli sebuah rumah yang akan ditinggali bersama keluarga kelak, selain harga dan luas bangunan. Sebaiknya anda juga memperhatikan bagaimana kondisi lingkungan perumahan tersebut. Apakah termasuk perumahan yang sehat atau tidak?

Untuk itu, sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran virus dan penyakit berikut ini berikut ini ada beberapa ciri perumahan yang sehat. Simak penjelasan selengkatnya di bawah ini.

1.      Perhatikan kualitas udara

Hal pertama yang perlu anda perhatikan untuk mengetahui apakah perumahan tersebut sehat atau tidak adalah dari kualitas udara lingkungan tersebut. saat anda tinggal di daerah dengan polusi udara yang cukup tinggi, maka hal ini akan mengganggu sistem pernapasan anda. Namun, jika ternyata lokasi perumahan tersebut penuh dengan tumbuhan hijau dan jauh dari polusi udara, maka hal ini akan berpengaruh baik pada kondisi kesehatan. Anda akan merasa lebih sehat dan bahagia baik secara fisik maupun pikiran.

Lingkungan yang sehat dapat dirasakan dari udara yang lebih segar dan sejuk. Hal ini tentu tidak lepas dari penghijauan di lingkungan perumahan.

2.      Pengelolaan sampah

Sampah sering menjadi sumber penyakit karena sampah merupakan sarang bagi kuman, virus dan bakteri. Sampah seringkali menjadi masalah yang dihadapi setiap orang, terlepas dimana ia tinggal. Untuk itu proses pengelolaan sampah menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam menunjang lingkungan tempat tinggal yang sehat. Ciri perumahan yang sehat bukan hanya dilihat dari kualitas udaranya saja namun juga pengelolaan sampahnya. Pengelolaan sampah yang baik bisa dilihat dari lingkungan sekitarnya apakah bersih atau kotor karena sampah yang berserakatan.

Pengelolaan sampah yang buruk akan menjadi sumber masalah di kemudian hari misalnya banjir, kekeringan, hingga wabah nyamuk demam berdarah. Contoh pengelolaan sampah yang baik adalah memisahkan mana sampah yang organik dan anorganik.

3.      Kebutuhan saluran air yang baik

Selain dua poin di atas, salah satu poin yang menunjang lingkungan tempat tinggal yang baik adalah saluran air yang baik. Air merupakan kebutuhan yang sangat kerusial dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu saluran air yang memadai sangat perlu anda perhatikan. Berbagai kegiatan sehari-hari yang membutuhkan air antara lain mandi, cuci, buang air dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut tentu membutuhkan saluran pembuangan yang baik. Karena saluran air yang tersumbat menyebabkan gangguan kesehatan bagi penghuni rumah.

4.      Area penghijauan

Seperti yang telah dijelaskan sepintas pada poin satu, kualitas udara yang baik umumnya bersumber dari lahan hijau di sekitar rumah. Penghijauan akan berdampak baik pada kesehatan fisik, dimana selain udaranya yang sejuk anda akan menjadi lebih bersemangat dalam berolahraga. Selain itu penghijauan akan mendamaikan suasana batin anda sehingga anda dan sekeluarga tidak mudah stres. Untuk itu area penghijauan di sekitar kompleks perumahan sangat penting.

5.      Pengelolaan limbah rumah tangga

Setiap rumah tentu menghasilkan limbah. Bukan hanya lingkungan yang bersih pengelolaan limbah juga menjadi indikasi tempat tinggal yang sehat atau tidak. Seperti yang kita tahu jika limbah rumah tangga dapat mencemari lingkungan, ingat jika  pengelolaan limbah yang baik bersangkutan erat dengan keberlangsungan lingkungan tempat tinggal anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *