Membantu Anak Sekolah Online Di Rumah Dengan Menciptakan Ruang Belajar Yang Nyaman

Membantu Anak Sekolah Online Di Rumah Dengan Menciptakan Ruang Belajar Yang Nyaman

Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih belum juga selesai. Justru terdapat kenaikan jumlah pasien positif dan juga meninggal dunia. Karena hal tersebut maka pemerintah masih tetap mengadakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di semua daerah. Setiap kegiatan harus dilakukan dari rumah, seperti bekerja dan juga sekolah.

Selama pandemi terjadi sekolah ditutup dan semua proses pembelajaran dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Belajar dari rumah tentunya berbeda dengan belajar langsung secara tatap muka di sekolah. Suasana sekolah, ruang kelas, dan juga teman-teman, membuat anak-anak lebih senang belajar dari sekolah. Oleh karena itu orang tua harus membuat suasana yang nyaman di rumah untuk membuat anak-anak tetap semangat selama sekolah dilakukan secara online.

Membantu Anak Sekolah Online Di Rumah Dengan Menciptakan Ruang Belajar Yang Nyaman

Sumber: Unsplash

Kondisi ruang belajar yang baik, dapat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi anak. Selain itu tata ruang yang nyaman akan membuat anak menjadi semangat dan juga rileks ketika belajar. Orang tua dapat menciptakan semua itu dirumah dengan beberapa panduan sebagai berikut:

1.            Disesuaikan dengan kebutuhan anak

Setiap anak memiliki proses yang berbeda ketika belajar. Ada yang senang belajar suasana yang sepi dan teratur, ada juga anak yang senang belajar dengan suasana yang ramai. Karena itu siapkan ruangan sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Untuk anak yang senang dengan suasana yang sepi, siapkan ruangan belajar yang tidak sering dilalui orang lain, contohnya menjadi satu dengan kamar tidur. Tetapi jika anak senang belajar sambil berinteraksi dengan orang lain, maka ruang belajar bisa disiapkan di dekat ruang keluarga.

2.            Ruangan yang tidak terlalu santai

Ruangan yang nyaman, akan membuat anak menjadi lebih senang untuk belajar dengan waktu yang lebih lama. Tetapi jangan menyediakan ruangan yang terlalu santai. Karena bukannya belajar, anak malah terlalu santai dan tidak menyelesaikan tugas yang harus dibuat. Contohnya ketika anak senang belajar di atas tempat tidur. Memang nyaman untuk anak, tetapi terkadang anak akan ketiduran dan justru tidak belajar dengan baik.

3.            Buat ruang belajar yang ergonomis

Selain tata letak yang nyaman, posisi belajar anak juga harus dibuat senyaman mungkin. Caranya adalah dengan membuat ruang belajar yang ergonomis, khususnya meja dan kursi belajar yang digunakan. Dengan peralatan yang ergonomis, meskipun belajar dalam jangka waktu yang panjang, anak tidak akan merasa kelelahan.

Idealnya tinggi meja belajar setara dengan pinggang mereka. Pastikan juga ketika meletakan siku diatas meja, pundak tidak terangkat. Ketika duduk dikursi, anak dapat meletakkan kakinya rata dilantai. Jika anak menggunakan komputer, pastikan posisi monitor sejauh 20-30 cm di depannya dan letaknya sejajar dengan mata anak.

4.            Pencahayaan dan sirkulasi udara

Pastikan pencahayaan di ruang belajar memiliki cahaya yang terang sehingga anak tidak lelah ketika membaca. Selain itu usahakan ruang belajar memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena ketika menghirup udara yang segar dapat meningkatkan fungsi kinerja otak.

5.            Sediakan semua peralatan yang dibutuhkan

Agar proses belajar tidak terganggu karena kurangnya satu atau dua barang, sediakan semua peralatan yang dibutuhkan anak ketika proses belajar. Contohnya, kalender, kalkulator, gunting, penggaris, dan lain sebagainya. Buat lemari khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan semua peralatan tersebut. Minta anak untuk selalu mengembalikan peralatan yang telah digunakan ke tempat seharusnya. Hal ini untuk melatih tanggung jawab dan juga agar peralatan selalu tertata dengan rapi. Ruangan yang rapi akan membuat anak merasa nyaman ketika belajar.

6.            Dekorasi ruangan

Meskipun digunakan untuk belajar, ruangan ini juga butuh diberikan sentuhan dekorasi agar lebih menarik. Ajak anak untuk mendekorasi ruang belajar bersama-sama. Anda dapat memberi poster, gambar, ataupun hiasan yang anak suka. Meskipun di ruang belajar anak tetap dapat menikmati ruang belajarnya.

Dengan memiliki ruang belajar yang nyaman, anak akan tetap semangat meskipun belajar dari rumah. Selain itu kreativitas dan juga produktifitas anak akan meningkat. Kami menyediakan tipe rumah yang nyaman untuk anak Anda belajar dari rumah. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *