Jangan Membeli Rumah dulu, Pahami 4 Hal yang menjadi Bahan Pertimbangannya

Jangan Membeli Rumah dulu, Pahami 4 Hal yang menjadi Bahan Pertimbangannya

Banyaknya kemudahan yang diberikan untuk memiliki rumah impian, terkadang justru membuat Anda kesulitan untuk memilih. Pilihan harga tanah, bentuk rumah, kemudahan proses pembangunan, bahkan legalitas dari bangunan itu menjadi pertimbangan ketika akan membangun sebuah rumah impian.

Jangan Membeli Rumah dulu, Pahami 4 Hal yang menjadi Bahan Pertimbangannya

Sumber: Unsplash

Proses yang panjang dalam memiliki rumah impian harus memiliki pondasi yang kuat, sehingga sebelum memutuskan pilihan-pilihan tadi, ada beberapa pilihan dasar yang harus Anda putuskan terlebih dahulu. Pilihan-pilihan ini dapat digunakan sebagai strategi untuk mewujudkan rumah impian. Semua pertimbangan ini harus dipikirkan dengan matang sebelum mengambil keputusan:

  1. Persiapan Keuangan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Anda perlu memikirkan biaya yang akan ditimbulkan selama proses mewujudkan rumah impian. Biaya pembangunan rumah, biaya tukang, biaya material, dan biaya lainnya. Jika membeli rumah secara KPR selain biaya bangunan rumah, harus dihitung juga biaya lainnya yang pasti muncul. Seperti biaya notaris, biaya pajak, biaya provisi, dan lain sebagainya.

Pembelian rumah dengan cara apapun, besar dan kecilnya rumah yang akan dimiliki, semuanya akan menimbulkan pengeluaran tambahan. Akan lebih baik jika sudah dilakukan persiapan sebelumnya, seperti membuat tabungan khusus untuk membeli rumah. Sisihkan dana setiap bulan dan masukkan kedalam tabungan itu. Sehingga ketika waktunya tiba untuk membeli rumah, biaya sudah terkumpul. Jika kurang pun jumlahnya pasti tidak banyak, tidak sebesar jika Anda belum mengumpulkan apapun.

  1. Memilih Rumah Baru atau Rumah Bekas

Tidak ada yang salah dalam pemilihan rumah baru ataupun bekas. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda. Bahkan jika dananya masih belum cukup, keputusan untuk mengontrak rumah sementara dapat dipertimbangkan. Selama mengontrak rumah, usahakan tetap menyisihkan uang untuk rencana pembelian rumah impian. Selama mengontrak Anda dapat mencicil pembelian kebutuhan rumah satu persatu. Sehingga tanpa Anda sadari semua kebutuhan rumah sudah Anda miliki ketika rumah impian mampu terbeli.

  1. Membangun Secara Bertahap

Banyak pilihan untuk memiliki sebuah rumah idaman. Jika tidak sanggup membeli secara tunai dan tidak ingin mengambil KPR, Anda dapat membangun rumah impain dengan cara membangun secara bertahap. Sistem ini saat ini dikenal dengan  membangun rumah tumbuh. Pembangunan rumah jenis ini disesuaikan sepenuhnya terhadap kebutuhan dan dana yang dimiliki oleh pemilik rumah.  Anda dapat membeli tanah terlebih dahulu. Kemudian membangun rumah sederhana dengan kebutuhan ruangan terbatas saat dana yang dibutuhkan terkumpul. Selama prosesnya Anda tetap dapat mengumpulkan uang tambahan. Ketika uang sudah mencukupi, pembangunan rumah dapat dilanjutkan kembali. Begitu seterusnya sampai rumah impian Anda dapat terwujud.

  1. Membeli Tunai Atau Kredit

Ketika akan membangun rumah Anda juga harus menentukan jenis pembayaran yang mampu dilakukan. Jika ada dana berlebih atau dana yang disiapkan jauh-jauh hari sudah mencukupi, maka pembelian rumah secara tunai dapat dilakukan. Tetapi jika keuangan yang Anda miliki terbatas, tidak ada salahnya Anda membeli rumah dengan cara kredit dengan menggunakan KPR. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan jika membeli rumah secara KPR, salah satunya adalah pembayaran yang lebih ringan. Anda cukup menyediakan sejumlah uang yang tidak terlalu banyak untuk digunakan sebagai uang muka, sisanya dapat dicicil dengan jangka waktu yang sangat panjang.

Pertimbangan dasar ini digunakan sebagai pondasi Anda untuk membuat atau membeli sebuah rumah. Dengan pilihan dasar yang sudah dipahami dan dipertimbangkan dengan matang, kelanjutan pembangunan rumah dapat berjalan dengan baik. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *