Mana Yang Lebih Baik Bunga Flat Atau Floating Saat Mengajukan KPR

Mana Yang Lebih Baik? Bunga Flat Atau Floating Saat Mengajukan KPR

Membeli sebuah rumah merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Akan tetapi harganya yang mahal membuat banyak orang merasa kesusahan untuk dapat memiliki rumah. Padahal saat ini banyak penawaran yang dapat meringankan proses pembayaran, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Sistem ini dapat menjadi solusi ketika Anda ingin membeli rumah tetapi belum memiliki cukup dana untuk melakukan pembayaran secara tunai. Tetapi Anda tidak boleh sembarangan ketika akan mengajukan progran KPR ini. Anda harus mengetahui secara detail mengenai fitur-fitur yang ada dalam program ini.

Mana Yang Lebih Baik Bunga Flat Atau Floating Saat Mengajukan KPR

Sumber : Freepik

Salah satu fitur yang harus diperhatikan adalah bunga KPR. Bunga yang diberikan dalam program ini cukup tinggi, dan akan terus naik setiap tahun sampai pembayaran lunas. Tetapi hal tersebut dapat diupayakan dengan memilih suku bunga KPR dengan tepat. Pemahaman mengenai perhitungan bunga KPR ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Saat ini ada dua jenis bungan KPR yang ditawarkan, yaitu bunga flat dan bunga floating. Kedua bunga tersebut biasanya digunakan secara bergantian pada proses cicilan. Ditahun pertama bunga yang ditawarkan berupa bunga flat, kemudian ditahun berikutnya akan digunakan bunga floating. Agar Anda lebih memahami perbedaannya, simak penjelasannya berikut ini:

1.    Bunga Flat

Bunga flat adalah suku bunga yang perhitungannya mengacu pada pokok hutang awal. Dalam sistem bunga flat ini, besarnya bunga yang diberikan jumlahnya tetap selama masa pinjaman. Contohnya, jika bunga KPR Anda sebesar 13 persen per tahun dengan jangka waktu 15 tahun, Anda akan membayar cicilan sebesar Rp. 2 juta per bulan. Dengan menggunakan bunga flat, maka selama 15 tahun Anda akan tetap membayar cicilan sebesar Rp. 2 juta per bulan tanpa ada perubahan.

Keuntungan dari penggunaan bunga flat adalah nilai angsuran yang tetap dari awal sampai dengan proses kredit selesai. Besarnya bunga tetap, tidak tergantung kepada naik turunnya bunga BI (Bank Indonesia) selama masa kredit. Karena hal tersebut Anda tidak perlu merasa khawatir akan nilai cicilan yang berubah-ubah. Pembayaran cicilan yang tetap akan membuat Anda lebih mudah untuk mengatur pengeluaran bulanan. Karena nilainya yang tetap, sistem bunga flat sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki penghasilan tetap dan tidak ingin mengambil resiko.

Keuntungan lainnya adalah jika Anda menggunakan bunga flat, banyak bank yang menawarkan fitur pembayaran provisi sebesar 1 persen saja. Jumlah ini jauh lebih rendah jika kita menggunakan bunga floating yang biasanya mencapai 3%.

Selain banyak keuntungan tadi, ada satu kelemahan jika kita menggunakan bunga flat.  Karena sifatnya yang tetap, maka jika terjadi penurunan suku bunga BI selama masa kredit, Anda tidak dapat menikmatinya. Sehingga jika akan membuat cicilan suku bunga flat memiliki nilai angsuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan suku bunga floating.

2.    Bunga Floating

Berbeda dengan bunga flat, perhitungan suku bunga floating tidak tetap, tetapi bergantung pada besarnya suku bunga yang ditetapkan oleh BI. Biasanya BI akan melakukan evaluasi tingkat suku bunga dalam periode tertentu, sehingga suku bunga akan naik ataupun turun.

Karena hal tersebut maka perhitungan besarnya cicilan tidak akan sama setiap bulannya. Jika suku bunga sedang turun, maka bank akan ikut menurunkan suku bunganya, dan cicilan anda akan menjadi lebih ringan. Tetapi sebaliknya, jika suku bunga sedang naik, maka bank akan ikut menaikkan suku bunganya, sehingga cicilan Anda anak menjadi lebih besar,

Kenaikan dan penurunan suku bunga yang tidak tetap bergantung pada kondisi ekonomi yang sedang terjadi saat itu. Sehingga penggunaan bunga jenis ini lebih cocok digunakan bagi Anda yang siap mengambil resiko yang besar.

Hindari kesalahpahaman perhitungan bunga pada KPR Anda. Setelah itu sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda pribadi, sehingga tidak akan terjadi permasalahan pembayaran dikemudian hari. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 untuk informasi  hunian nyaman dan esklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *