Cara Memiliki Rumah Meskipun Gaji Masih UMR

Cara Memiliki Rumah Meskipun Gaji Masih UMR

Bisa memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang, tak terkecuali generasi milenial. Namun sayangnya masih banyak yang berpikir ulang untuk membeli hunian pribadi hanya karena merasa belum memiliki cukup uang. Rata-rata orang yang berpikir demikian adalah mereka yang masih berpenghasilan UMR.

Cara Memiliki Rumah Meskipun Gaji Masih UMR

Sumber Unsplash

Padahal banyak cara yang dapat dilakukan untuk para milenial dengan gaji UMR agar memiliki sebuah rumah tanpa harus bersusah payah. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan beberapa tips yang dapat dilakukan, seperti:

1.            Tentukan Rumah yang diinginkan

Untuk mencapai sebuah tujuan akan lebih mudah jika kita memiliki gambaran detail mengenai tujuan yang ingin Anda capai. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda ingin memiliki sebuah rumah. Tentukan lebih dulu spesifikasi rumah yang diinginkan, seperti jenis rumah, tipe rumah, lokasi, dan harga dari rumah yang diinginkan. Dengan mengetahui secara detail, maka Anda dapat membuat alokasi biaya dengan terperinci untuk mendapatkan rumah yang diinginkan. Misalnya seperti pembayaran untuk uang muka ataupun cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

2.            Mencari Banyak Informasi

Setelah mengetahui spesifikasi rumah seperti apa yang Anda inginkan, berikutnya adalah Anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hal ini penting sebab mencari hunian yang diimpikan tak seperti membeli barang pada umumnya. Selain mencari informasi dari internet, Anda juga bisa bertanya langsung dengan agen properti.

Agen properti akan memberikan informasi yang lebih spesifik dibandingkan hanya dengan berselancar di internet, misalnya seperti syarat dan ketentuan apa saja yang dibutuhkan untuk membeli rumah yang Anda inginkan serta strategi pembiayaan apa saja yang bisa Anda ambil misalnya membantu Anda dalam mendapatkan pinjaman KPR.  Dengan demikian, Anda bisa secara spesifik memahami langkah apa yang akan diambil ketika Anda sudah memiliki cukup uang sebagai uang muka rumah yang Anda impikan.

3.            Prioritaskan Kebutuhan

Terkadang apa yang sudah direncanakan sebelumnya bisa saja tidak terealisasi disebabkan belum ada prioritas kebutuhan. Hal inilah yang sering terjadi pada para milenial yang seringkali punya gaya hidup yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, agar Anda bisa memiliki rumah dalam jangka waktu terdekat, alangkah baiknya untuk mulai merubah kebiasaan, salah satunya adalah menetapkan skala prioritas. Mulailah membuat list dari kebutuhan sangat penting hingga yang sangat tidak penting. Dengan mulai strategi demikian, maka perlahan-lahan Anda bisa merubah biaya hidup yang berlebihan untuk dialokasikan sebagai tabungan uang muka rumah yang Anda inginkan.

4.            Mengatur Pengeluaran

Setelah mengetahui besarnya uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan rumah yang diimpikan, maka langkah selanjutnya adalah mengatur pengeluaran.

Strategi ini sangat berkaitan dengan yang sebelumnya yaitu mengatur skala prioritas.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran semua kebutuhan yang Anda gunakan. Dari situ Anda dapat mengetahui besarnya nominal pengeluaran yang sanggup untuk Anda hemat saat ingin memangkas kebutuhan yang tidak penting. Besaran nominal tersebut bisa Anda alihkan untuk ditabung sebagai pembayaran uang muka ataupun cicilan dari rumah tersebut.

5.            Investasi

Bagi beberapa orang menabung punya kerumitan tersendiri, oleh sebab itu cara lain selain menabung secara umumnya ialah dengan melakukan investasi. Emas merupakan salah satu investasi yang masih banyak dipilih. Dibanding dengan jenis investasi lain, emas dipandang memiliki risiko yang minim dan emas memiliki harga yang stabil dan cenderung meningkat. Walau demikian risiko tetap saja melekat jika Anda membeli emas dalam jumlah yang cukup banyak namun tidak memiliki tempat penyimpanan yang aman. Kembali lagi Anda wajib menghitung kembali risiko yang siap Anda tanggung, sebab tujuan investasi ini untuk keperluan hunian impian Anda.

 

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rumah impian walau masih memiliki pendapatan UMR. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 untuk informasi  hunian nyaman dan esklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *