Lingkungan Rumah Yang Baik Untuk Mendukung Proses Belajar Anak Dirumah

Lingkungan Rumah Yang Baik Untuk Mendukung Proses Belajar Anak Dirumah

Rumah merupakan tempat semua anggota keluarga berkumpul. Tidak hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga dapat menjadi tempat penghuninya untuk tumbuh dan berkembang. Apalagi jika didalam rumah terdapat anak-anak, rumah dapat memberikan pengaruh terhadap tumbuh kembang anak tersebut.

Lingkungan Rumah Yang Baik Untuk Mendukung Proses Belajar Anak Dirumah

Sumber : Unsplash

Pengaruh tersebut menjadi sangat besar karena tumbuh kembang anak akan dipengaruhi oleh nilai-nilai yang keluarganya ajarkan setiap hari. Selain itu lingkungan disekitar rumah akan ikut berperan penting terhadap perkembangan anak. Oleh karena itu, Anda harus lebih memperhatikan lingkungan disekitar rumah yang akan ditempati dengan sebaik mungkin. Ada beberapa panduan tentang lingkungan rumah yang baik untuk perkembangan anak Anda:

Tempat Bermain

Kegiatan bermain merupakan kegiatan yang sangat penting untuk anak-anak. Karena ketika bermain, ada proses belajar yang sedang dilakukan. Karena hal tersebut pilih lingkungan rumah yang memiliki tempat bermain untuk anak Anda. Tempat bermain tersebut harus aman dari orang asing dan kecelakaan-kecelakaan yang mungkin terjadi. Biasanya tempat bermain yang aman terletak didalam perumahan dan jauh dari jalan raya. Karena yang dapat mengakses taman bermain tersebut hanya para penghuni perumahan saja, sehingga taman bermain menjadi lebih aman. Selain itu jangan lupa untuk mengajarkan anak Anda untuk tidak mengikuti ajakan dari orang yang tidak dikenal.

Teman Sebaya

Lingkungan yang baik untuk perkembangan anak adalah lingkungan yang didalamnya terdapat teman yang sebaya. Hal ini dimaksudkan agar anak Anda dapat bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Bermain dengan teman sebaya akan membuat anak Anda memiliki pola pikir yang sama dengan anak seusia lainnya. Jika tidak memiliki teman sebaya, dikhawatirkan Anak akan meniru perilaku orang yang melebihi usianya yang sebenarnya belum pantas untuk mereka lakukan, contohnya merokok.

Lingkungan Heterogen

Lingkungan heterogen berarti lingkungan tersebut memiliki banyak perbedaan didalamnya. Seperti perbedaan ras, agama, suku, pekerjaan, dan lain sebagainya. Lingkungan yang heterogen akan membuat anak Anda belajar dan menerima perbedaan. Karena jika anak Anda dibesarkan di lingkungan yang homogen, sangat sedikit sekali perbedaan yang ditemukan. Anak hanya akan belajar tentang kesamaan saja, tanpa ada perbedaan. Sehingga ketika melihat perbedaan, anak akan sulit menerima perbedaan tersebut. Padahal dunia nyata diluar sana banyak sekali perbedaan yang akan anak Anda temukan.

Dekat dengan fasilitas belajar

Yang terakhir adalah lingkungan rumah yang dekat dengan sekolah ataupun fasilitas belajar lainnya. Pilihlah rumah yang dekat dengan sekolah anak, agar anak Anda masih semangat dan memiliki pikiran yang segar ketika sampai disekolah. Perjalanan yang sangat lama ketika akan berangkat sekolah akan membuat anak Anda menjadi bosan dan sudah lelah ketika sampai disekolah. Selain itu banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan dari rumah ke sekolah, akan mengurangi waktu bermain anak Anda dengan teman-temannya yang lain.

Itulah tadi beberapa panjelasan mengenai lingkungan rumah yang dapat mendukung tumbuh kembang anak Anda. Perkembangan anak tidak saja terjadi didalam rumah, tetapi juga dilingkungan luar rumah tinggal. Sehingga Anda harus menyediakan tempat yang sesuai agar perkembangan anak Anda menjadi lebih optimal. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 untuk informasi  hunian nyaman dan esklusif lainnya.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *