Jenis Atap Yang Cocok Untuk Rumah Beriklim Tropis

Jenis Atap Yang Cocok Untuk Rumah Beriklim Tropis

Rumah merupakan tempat berlindung seluruh keluarga. Rumah akan memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi pemiliknya. Sehingga rumah harus dibangun dengan struktur yang baik untuk membuatnya kokok dan tidak mudah hancur.

Salah satu bagian rumah yang paling penting adalah atap rumah. Fungsi utama dari atap adalah memberikan perlindungan untuk bagian dalam rumah  dari pengaruh iklim dan juga cuaca di luar rumah. Karena fungsinya yang sangat penting, atap harus dibangun dengan penuh perhitungan. Tidak saja struktur dan material yang akan digunakan, bentuk atap juga harus disesuaikan dengan bentuk rumah secara keseluruhan.

Jenis Atap Yang Cocok Untuk Rumah Beriklim Tropis

Sumber: Unsplash

Ada berbagai jenis atap yang telah digunakan untuk berbagai macam rumah. Jenis atap ini dibedakan dari material yang digunakan dan fungsinya. Jenis atap ini dapat Anda gunakan sebagai referensi ketika membangun sebuah rumah nantinya.

1.            Aspal

Yang pertama adalah aspal. Selain untuk membuat jalan raya, aspal juga dapat digunakan sebagai atap. Genteng aspal terbuat dari campuran aspal, pasir batu, fiberglass, dan beberapa bahan lainnya. Keuntungan menggunakan genteng aspal adalah tahan terhadap panas matahari hingga 70 derajat celcius, ringan, tahan banting, mampu meredam suara bising, dan lebih fleksibel. Namun ada beberapa kekurangan dari jenis atap ini, yaitu harganya yang mahal dan proses pemasangan yang sedikit rumit sehingga harus dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman memasang genting jenis ini. Karena pemasangan yang tidak sesuai akan membuat atap tidak berfungsi secara optimal.

2.            Green Roof

Green roof atau atap hijau merupakan atap yang seluruh atau sebagiannya ditutupi oleh tanaman. Adanya lapisan tanah dan rumput dapat mengurangi panas yang diterima pada bagian dalam rumah, sehingga rumah menjadi lebih sejuk dan pemakaian AC dapat diminimalkan. Sebelum membuat atap hijau diperlukan pembangunan konstruksi atap yang kuat. Karena konstruksi ini akan menopang berat dari keseluruhan media tanam dan juga tanaman yang akan digunakan. Selain itu harus dipastikan juga ketersediaan saluran irigasi untuk pengairan tanaman diatas atap.

3.            Tanah Liat

Genting tanah liat digunakan pada sebagian besar rumah di Indonesia. Genting ini dibuat dengan cara tradisional dengan menggunakan tanah liat yang dibentuk secara alami. Sehingga awalnya genting ini hanya memiliki satu warna, yaitu warna terakota yang merupakan warna asli dari tanah liat. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, genting ini dapat diberi cat sehingga memiliki berbagai jenis warna. Keunggulan dari genting jenis ini adalah awet dan tahan lama. Selain itu genting tanah liat memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis genting lainnya.

4.            Polikarbonat

Selanjutnya adalah genting yang terbuat dari polikarbonat. Genting ini sangat ringan dan elastis, sehingga memudahkan proses pemasangan genting. Selain itu genting ini memberikan efek transparan yang dapat meneruskan cahaya masuk kedalam rumah. Karena hal ini atap polikarbonat sering diaplikasikan tidak untuk bagian utama rumah, tetapi untuk garasi, kanopi, ataupun atap tambahan.

5.            Keramik

Yang terakhir adalah genting yang terbuat dari keramik. Genting ini terbuat dari tanah liat tetapi memiliki proses pembuatan yang berbeda. Genting ini sangat cocok untuk rumah bertingkat atau yang memiliki atap yang tinggi. Salah satu keunggulan dari genting ini adalah mampu memantulkan panas hingga 90%. Sehingga bagian dalam rumah akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Genting ini juga tersedia dengan berbagai macam warna yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah beberapa jenis atap yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membuat rumah. Sesuaikan jenis atap dengan kebutuhan dan bentuk rumah yang Anda inginkan. Dengan menggunakan jenis atap yang tepat akan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan tampilan rumah semakin menarik. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian dengan menyediakan berbagai jenis atap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *