Membuat Kamar Terasa Dingin Meskipun Tanpa AC

Membuat Kamar Terasa Dingin Meskipun Tanpa AC

Udara panas pada siang hari seringkali membuat kita merasa tidak nyaman meskipun berada didalam ruangan. Rasa panas yang menyengat ditambah dengan rasa pengap membuat kita semakin tidak betah dan akhirnya menyalakan pendingin udara atau AC.

Membuat Kamar Terasa Dingin Meskipun Tanpa AC

Sumber: Unsplash

Dengan menyalakan AC akan membuat udara menjadi sejuk seketika dan membuat kita merasa nyaman. Tetapi penggunaan AC sepanjang hari sangat tidak dianjurkan. Karena tidak baik bagi kesehatan dan juga merupakan suatu pemborosan. Bayangkan betapa besarnya tagihan listrik yang akan kita bayarkan jika selalu menggunakan AC sepanjang hari.

Selain itu menggunakan AC terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan. Karena sirkulasi udara menjadi terhambat karena tidak ada pertukaran udara didalam kamar. Dan masih banyak kerugian lain yang dapat kita rasakan jika selalu berada didalam ruangan ber AC sepanjang hari.

Sebenarnya ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat kamar tetap terasa sejuk meskipun tanpa menggunakan AC sepanjang hari. tips-tips tersebut adalah:

1.            Menggunakan roller blinder atau lapisan tirai

Yang membuat ruangan terasa panas umumnya berasal dari jendela kamar. Jendela yang dibuka tidak hanya membuat udara luar masuk kedalam ruangan, tetapi membawa sekaligus hawa panas dan sinar matahari. Untuk menghalangi masuknya sinar matahari yang menyengat Anda dapat menggunakan lapisan tirai tipis atau roller blinder pada jendela. Kedua benda ini akan membuat udara luar tetap dapat masuk kedalam ruangan tetapi menghalangi sinar matahari dan hawa panas yang menyengat. Hal ini akan membuat kamar menjadi lebih sejuk.

2.            Menggunakan tirai yang tebal

Sering kali kita jumpai penggunaan tirai berlapis, yaitu lapisan tirai tipis dan tirai yang lebih tebal. Ternyata perpaduan tirai ini akan membuat udara didalam kamar terasa lebih sejuk. Ada beberapa riset yang menyebutkan jika tirai dengan ukuran yang tebal dan berwarna netral akan mengurangi suhu panas didalam ruangan sampai 30%.

3.            Menutup pintu rumah

Tidak hanya jendela rumah, pintu rumah juga memiliki peranan dalam menjaga suhu didalam kamar. Seringkali kita lupa untuk menutup pintu setelah masuk atau keluar ruangan. Hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih panas karena udara panas dari luar akan masuk kedalam ruangan. Untuk itu jangan lupa untuk menutup pintu setelah digunakan.

4.            Menggunakan kipas angin dan es

Salah satu trik yang dapat dilakukan untuk membuat udara dingin didalam rumah tanpa menggunakan AC adalah menggunakan kipas angin dan es. Jika hanya menggunakan kipas angin, terkadang udara yang keluar hanyalah udara panas yang membuat ruangan terasa lebih panas. Untuk menyiasatinya Anda dapat menaruh mangkuk yang berisi es di depan kipas angin yang sudah dinyalakan. Kipas akan meniupkan udara dingin yang berasal dari es ke seluruh ruangan. Dengan begitu udara sejuk dapat kita rasakan seketika.

5.            Memasukkan tanaman indoor

Seperti diketahui bersama, tanaman hijau mampu menghasilkan oksigen pada saat siang hari. Oksigen ini akan membuat ruangan menjadi terasa lebih segar. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menempatkan beberapa tanaman didalam ruangan untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Selain itu ruangan juga akan terlihat lebih cantik dengan adanya tanaman hias didalam ruangan.

6.            Menggunakan pakaian yang nyaman

Yang terakhir adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Bahan pakaian ternyata memiliki pengaruh dalam merasakan udara didalam kamar. Pakaian yang tidak mampu menyerap keringat akan membuat Anda merasa panas dan tidak nyaman ketika berada didalam ruangan. Untuk itu gunakan pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat dan nyaman untuk digunakan. Sehingga Anda akan tetap merasa nyaman di dalam ruangan.

Beberapa tips diatas dapat Anda praktekan langsung dirumah. Dengan menggunakan tips-tips di atas, Anda akan menghemat pengeluaran dan menjadi lebih sehat. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian dengan desain yang mampu membuat rumah terasa lebih sejuk dan segar. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *