Ingin Mengubah Teras Rumah Menjadi Ruang Tamu, Simak Tips Berikut Ini

Ingin Mengubah Teras Rumah Menjadi Ruang Tamu, Simak Tips Berikut Ini

Semakin tingginya harga tanah dan rumah saat ini membuat sebagian orang hanya mampu membeli rumah dengan luas yang terbatas. Adanya keterbatasan ini membuat pemilik rumah harus ekstra kreatif untuk memanfaatkan secara maksimal seluruh bagian rumah. Salah satu caranya adalah dengan menggabungkan dua fungsi ruangan menjadi satu.

Ingin Mengubah Teras Rumah Menjadi Ruang Tamu, Simak Tips Berikut Ini

Sumber: Unsplash

Penggabungan ini membuat ruangan menjadi lebih optimal untuk digunakan. Tidak ada lagi ruangan didalam rumah yang tidak digunakan. Salah satu ruangan yang sering diubah fungsinya adalah teras depan dan ruang tamu. Penggabungan ini membuat teras rumah beralih fungsi menjadi ruang tamu outdoor. Dengan adanya ruang tamu diluar rumah, akan membuat ruangan didalam rumah dapat dialih fungsikan menjadi ruangan yang lebih dibutuhkan.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika akan merubah teras menjadi ruang tamu. Tips-tips ini akan membuat ruang tamu yang berada di teras tetap tampil menarik.

1.            Renovasi atap teras

Sebelum merubah teras menjadi ruang tamu, sebaiknya periksa terlebih dahulu keadaan atap teras yang akan digunakan. Pastikan atap tidak bocor dan bagian dalam teras tidak terkena tampias air hujan. Jika perlu lakukan renovasi terlebih dahulu sebelum dilakukan perubahan fungsi ruangan.

2.            Desain sederhana

Meskipun saat ini taman sudah beralih fungsi menjadi ruang tamu, sebaiknya tetap gunakan desain yang sederhana dan tidak berlebihan. Pemilihan warna cat tembok, furniture yang digunakan, dan lantai keramik harus selaras dan sederhana. Sehingga luas teras yang tidak terlalu besar akan terlihat lebih luas.

3.            Material yang tahan lama

Penggunaan furniture untuk ruang tamu yang berada di outdoor juga harus ikut disesuaikan. Sebaiknya gunakan material yang tahan lama dan tidak mudah rusak ketika terkena sinar matahari maupun air hujan. Anda dapat menggunakan furniture yang berbahan sintetis. Saat ini banyak yang menjual furniture sintetis dengan desain yang menarik.

Jika Anda ingin tetap menggunakan material yang lain lapisi dengan cat anti air ataupun anti karat sebelum digunakan. Dengan demikian material tidak akan cepat ruask dan tahan lama meskipun diletakkan diluar ruangan.

4.            Tetap mempertahankan dua fungsi ruangan

Jika memiliki lahan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan lahan tersebut dengan tetap mempertahankannya menjadi dua ruangan, yaitu taman dan ruang tamu. Kedua ruangan ini dapat dibedakan dengan menggunakan perbedaan ketinggian. Samakan tinggi lantai pada ruang yang berfungsi sebagai ruang tamu dengan tinggi ruangan yang lain. Sedangkan untuk taman Anda dapat membuatnya lebih rendah dari ruangan yang lain. Dengan begitu dua fungsi ruangan akan tetap ada meskipun terletak pada ruangan yang sama.

5.            Perbedaan warna cat

Selain membedakan ketinggian diantara ruangan yang berbeda, Anda juga dapat menggunakan warna cat yang berbeda sebagai pembeda fungsi ruangan. Anda dapat menggunakan warna yang lebih terang dan mencolok pada area ruang tamu dan menggunakan warna natural pada teras. Dengan begitu perbedaan antar ruangan dapat terlihat dengan jelas.

6.            Menempatkan tanaman

Meskipun sudah beralih fungsi menjadi ruang tamu, tidak ada salahnya untuk tetap menempatkan beberapa tanaman didalamnya. Tanaman ini akan membuat ruang tamu menjadi tampil lebih cantik. Selain itu tanaman juga dapat menghalau sinar matahari yang masuk ke dalam ruang tamu sehingga udara tetap sejuk meskipun berada di luar ruangan.

Tips diatas dapat digunakan untuk memaksimalkan ruangan yang Anda miliki. Meskipun memiliki lahan yang terbatas, seluruh fungsi ruangan tetap dapat Anda dapatkan. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian dengan desain yang menarik. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *