Punya Rumah Kayu, Tapi Takut Rusak Karena Dimakan Rayap

Punya Rumah Kayu, Tapi Takut Rusak Karena Dimakan Rayap

Memiliki rumah yang nyaman merupakan impian semua orang. Ada banyak panduan berbagai macam style yang dapat digunakan untuk memilih jenis rumah, seperti klasik, minimalis, modern, dan lain sebagainya. Penggunaan bahan bangunan pun memiliki banyak pilihan, mulai dari beton, bata, ataupun  kayu. Semuanya ini dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Bagi Anda yang menyukai suasana hangat dan tradisional, rumah kayu sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Rumah yang dibangun dengan kayu akan menimbulkan kesan nyaman dan terlihat lebih artistik. Pada cuaca yang panas rumah kayu akan membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman. Tetapi rumah kayu juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah jika musim hujan tiba, rumah kayu akan menjadi lembab dan sangat rentan terhadap rayap.

Punya Rumah Kayu, Tapi Takut Rusak Karena Dimakan Rayap

Sumber: Unsplash

Rumah kayu yang sudah terkena rayap akan mudah sekali hancur, karena rayap akan memakan bagian dalam kayu dan membuatnya menjadi rapuh. Untuk itu butuh perhatian dan perawatan khusus terhadap rumah kayu. Ada beberapa cara yang dapat diaplikasikan untuk membuat rumah kayu terhindar dari serangan rayap, seperti:

1.            Lindungi bangunan

Seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu harus dilindungi dengan baik untuk menghindari datangnya rayap. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan  menyemprotkan cairan anti rayap secara teratur ke seluruh permukaan kayu didalam rumah. Proses penyemprotan harus dilakukan secara hati-hati, karena cairan tersebut merupakan bahan kimia yang dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

2.            Gunakan kayu berkualitas

Untuk membuat rumah kayu lebih tahan terhadap rayap dan cuaca, selalu gunakan kayu yang memiliki kualitas super. Harga kayu ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Tetapi jenis kayu ini biasanya sangat keras sehingga tahan terhadap cuaca dan rayap. Dengan begitu rumah Anda akan menjadi tahan lebih lama.

3.            Pilih lokasi yang aman

Jika Anda memilih untuk membuat rumah kayu, hindari lokasi yang berada di tanah bekas kebun atau hutan. Karena tanah bekas hutan dan kebun menjadi tempat yang sangat baik bagi kembang biak rayap. Namun jika Anda sudah terlanjur membeli tanah pada area tersebut, sebaiknya gunakan metode anti rayap pra konstruksi. Metode ini dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan anti rayap pada seluruh permukaan tanah dan galian pondasi sebelum rumah dibangun untuk menghindari timbulnya rayap di dalam tanah.

4.            Ventilasi udara dan pencahayaan maksimal

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika membuat rumah kayu adalah membuat ventilasi udara secara maksimal dan juga pencahayaan maksimal. Hal ini untuk menghindari berkembang biaknya rayap di dalam rumah. Rayap tidak menyukai matahari dan udara yang kering. Dengan adanya ventilasi yang baik akan membuat sinar matahari masuk secara langsung kedalam rumah sehingga akan membuat rayap mati dan tidak mampu berkembang biak.

5.            Bersihkan genangan air

Rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan mengandung air. Oleh karena itu selalu bersihkan saluran air dan juga perhatikan keran-keran yang dapat menimbulkan kebocoran. Hal ini untuk menghindari adanya kelembaban di dalam permukaan kayu yang dapat menyebabkan timbulnya rayap.

6.            Jangan menumpuk kayu

Biasanya terdapat sisa kayu ataupun benda-benda yang terbuat dari kayu di halaman. Jika memiliki rumah dari kayu, segera bersihkan benda-benda tersebut dari sekitar rumah Anda. Karena rayap senang sekali pada tumpukan kayu yang berada di halaman yang kemudian akan menuju rumah dan memakan kayu pada rumah Anda.

Demikian informasi mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari rayap pada rumah kayu. Rumah kayu harus diberi perlindungan ekstra dan juga terhindar dari rayap agar tahan lebih lama. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah kayu impian yang aman dari serangan rayap. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.