Meskipun Dibayar Secara Kredit, Secara KPR Juga Perlu Persiapan Matang

Meskipun Dibayar Secara Kredit, Secara KPR Juga Perlu Persiapan Matang

Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan untuk membeli rumah impian. Jika memiliki uang tunai dalam jumlah yang besar, Anda dapat membeli rumah secara tunai. Pembelian rumah secara tunai jauh lebih murah jika dibandingkan pembelian rumah secara KPR. Selain itu banyak juga potongan harga ataupun diskon tambahan yang diberikan.

Meskipun Dibayar Secara Kredit, Secara KPR Juga Perlu Persiapan Matang

Sumber: Unsplash

Jika memiliki dana terbatas, Anda tetap dapat memiliki rumah impian. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan mengikuti program KPR, Anda hanya membutuhkan dana yang lebih sedikit untuk membeli rumah. Dana tersebut hanya akan digunakan sebagai uang muka. Sisanya akan dilakukan cicilan yang akan di bayarkan setiap bulannya.

Meskipun demikian ada beberapa tips yang harus dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah secara KPR:

  1. Pahami Keuangan Pribadi

Sebelum memutuskan untuk mengajukan cicilan KPR, sebaiknya diperkirakan terlebih dahulu  kemampuan keuangan Anda untuk membayar cicilan rumah. Apakah kondisi keuangan Anda saat ini layak dan mampu untuk melakukan cicilan rumah. Kemampuan ini dapat Anda hitung dengan cara membandingkan rasio hutang dengan aset yang dimiliki. Nilai ideal dari rasio tersebut dibawah 50 persen. Jika nilai yang didapatkan lebih dari 50 persen, berarti nilai hutang Anda saat ini sudah melebihi nilai aset yang dimiliki. Anda harus memperbaiki nilai rasio ini terlebih dahulu sebelum mengajukan KPR. Karena jika memaksakan untuk tetap mengajukan KPR, kemungkinan besar Anda tidak akan mempu menyelesaikan pembayaran cicilan dikemudian hari.

  1. Persiapkan Dana Darurat

Anda harus mempersiapkan dana darurat sebelum mengajukan KPR. Idealnya dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran bulanan. Semakin banyak tanggungan yang harus dibayarkan, semakin besar pula kebutuhan dana darurat yang harus disiapkan. Dana ini dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan yang tiba-tiba datang, sehingga tidak akan mengganggu pembayaran cicilan Anda.

  1. Investasikan Dana Untuk Uang Muka

Ada baiknya untuk mengetahui secara pasti kapan Anda akan membeli rumah. Hal ini untuk mempermudah Anda untuk menyiapkan uang muka dan biaya lain yang dibutuhkan. Anda dapat menyiapkan dana yang dibutuhkan kedalam tabungan khusus untuk pembelian rumah. Tabungan ini lebih aman untuk digunakan, meskipun nilainya cenderung tetap, karena bunga tabungan yang kecil. Persiapkan dana yang dibutuhkan, sehingga ketika akan melakukan pembayaran, dana sudah tersedia.

  1. Cicilan Tidak Lebih Dari 35% Penghasilan

Beberapa bank biasanya memberikan beberapa pengecualian untuk menyetujui pengajuan KPR dengan cicilan sampai 50 persen dari penghasilan bulanan. Tetapi pembayaran cicilan yang sangat besar akan membuat Anda kesulitan untuk membayarkan. Bisa jadi alokasi dana Anda untuk kebutuhan yang lain akhirnya terpakai untuk melunasi cicilan KPR. Oleh karena itu hendaknya cicilan KPR tidak lebih dari 35 persen pendapatan bulanan. Agar tidak mengganggu kebutuhan yang lain.

  1. Memiliki Asuransi Jiwa

Mencicil rumah dengan sistem KPR memiliki jangka waktu yang lama, 5 sampai 25 tahun. Didalam jangka waktu tersebut banyak kejadian yang bisa terjadi, salah satunya adalah kematian. Kematian pada orang yang sedang mencicil rumah KPR akan meninggalkan hutang cicilan kepada keluarga yang ditinggalkan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda memiliki asuransi jiwa. Asuransi ini biasanya sudah ditawarkan bersamaan ketika pengajuan KPR. Tetapi ada juga yang membebaskan debitur untuk memilih asuransi lain sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Asuransi jiwa ini sangat bermanfaat, tidak hanya melunasi warisan hutang debitur ketika meninggal dunia, tetapi juga sebagai tambahan biaya hidup keluarga yang ditinggalkan.

  1. Tidak Terburu-buru Melunasi Cicilan

Ketika mengambil kredit secara KPR, Anda akan dijelaskan mengenai keuntungan dan juga resiko yang mungkin terjadi, seperti pinalti ketika dilakukan pelunasan lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu ketika memiliki uang lebih yang dapat digunakan untuk pelunasan rumah, lebih baik Anda menghitung terlebih dahulu besarnya pinalti yang mungkin terjadi. Jangan sampai pelunasan yang dipercepat justru akan merugikan Anda.

Ke enam tips tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengajukan cicilan KPR, sehingga tidak menimbulkan kesulitan melunasi cicilan dikemudian hari. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *