Untung Dan Rugi Jual-Beli Rumah Secara Cash

Untung Dan Rugi Jual-Beli Rumah Secara Cash

Rumah merupakan salah satu aset dengan harga terbesar yang dimiliki oleh sebagian orang. Harganya yang sangat mahal membuat banyak orang tidak mampu membeli rumah secara cash. Kebanyakan orang membeli rumah dengan cara kredit untuk mempermudah dalam pembelian rumah.

Untung Dan Rugi Jual-Beli Rumah Secara Cash

Sumber: Unsplash

Keuntungan Membeli Secara Cash

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah secara cash atau kredit, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu apa saja keuntungan dan kelemahan dari pembelian rumah secara cash. Membeli rumah secara cash memiliki beberapa keuntungan yang dapat dirasakan secara langsung. Seperti:

1.            Tidak memiliki hutang

Ketika memutuskan untuk membeli rumah secara cash, berarti Anda tidak akan memiliki hutang. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi memperhitungkan besarnya cicilan hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya.

2.            Memiliki aset terbesar

Harganya yang semakin hari semakin bertambah, menjadikan rumah menjadi salah satu aset termahal yang Anda miliki. Agar menghasilkan pendapatan tambahan Anda juga dapat menyewakan rumah yang Anda miliki. Dengan begitu Anda mendapatkan pendapatan tambahan secara rutin setiap bulannya.

3.            Lebih aman

Membeli rumah secara cash membuat Anda memiliki sertifikat rumah secara langsung. Tidak ada resiko hilangnya sertifikat karena tidak sanggup membayar cicilan ataupun disalahgunakan oleh pihak lain.

4.            Harga lebih murah

Pembelian rumah secara cash biasanya akan diberikan harga yang lebih murah oleh penjual. Selain itu tidak ada biaya kredit dan juga tambahan biaya lainnya seperti ketika membeli rumah secara kredit.

5.            Proses lebih mudah

Proses pembelian rumah secara cash dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Hal ini terjadi karena proses pembelian dan pembayaran tidak memerlukan pihak ketiga. Semua proses hanya dilakukan di antara pihak penjual dan pembeli saja.

6.            Bebas dari aturan

Ketika membeli rumah dengan cara kredit, ada beberapa aturan yang harus disepakati. Contohnya adalah merubah tampak muka ataupun bentuk bangunan secara keseluruhan. Berbeda dengan hal tersebut, pembelian rumah secara cash dapat membebaskan Anda dari aturan-aturan seperti itu. Anda bebas untuk melakukan apa saja atas properti yang telah Anda beli.

7.            Investasi jangka panjang

Dengan adanya kenaikan harga yang stabil, pembelian rumah dapat dijadikan sebagai salah satu investasi jangka panjang.

Kerugian Membeli secara cash

Selain banyaknya keuntungan yang didapatkan ketika membeli rumah dengan cara cash, ada beberapa resiko kerugian yang juga harus Anda pahami. Seperti:

1.            Rumah tidak sesuai dengan yang diinginkan

Salah satu yang sering terjadi adalah rumah tidak sesuai dengan yang ditampilkan pada gambar dan bentuk aslinya. Untuk menghindari hal ini maka Anda harus melakukan survei terlebih dahulu atas properti yang diinginkan. Sehingga sebelum melakukan pembayaran Anda mengetahui dengan pasti kondisi rumah yang akan dijual.

2.            Memiliki resiko

Saat ini banyak sekali  penjual yang menjual rumahnya dengan harga yang murah dengan fasilitas mewah. Tetapi biasanya fasilitas yang disebutkan tadi tidak semuanya benar dan justru ada resiko penipuan didalamnya. Untuk itu dibutuhkan ketelitian dalam proses transaksi jual beli ini.

3.            Membutuhkan dana yang besar

Pembelian rumah secara cash tentu saja membutuhkan dana yang sangat besar. Karena tidak hanya menyiapkan dana untuk membeli rumah saja, tetapi juga untuk biaya lain yang mungkin muncul pada saat proses jual beli.

Pembelian rumah secara kredit atau tunai memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Hanya perlu disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan masing-masing. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk membuat rumah impian Anda dan melakukan pembayaran secara tunai. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *