Ingin Punya Rumah Setelah Lebaran Yuk Simak Caranya Berikut Ini

Tips Untuk Membeli Hunian Bersama Pasangan

 

Jika kalian merupakan pasangan yang baru menikah, pastinya tempat tinggal merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan. Mulai dari rumah orang tua atau mertua, menyewa rumah atau apartemen, bisa juga kalian tinggal di sebuah kamar kos yang banyak disewakan.

Ingin Punya Rumah Setelah Lebaran Yuk Simak Caranya Berikut Ini

Untuk mencari atau mendapatkan sebuah rumah bersama pasangan pastinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika rumah tersebut memang akan dijadikan investasi kedepannya. Berikut ada beberapa tips yang dapat kalian simak untuk bahan pertimbangan.

  1. Menentukan Jenis Property Sesuai Kebutuhan

Pastinya untuk menentukan property yang akan kalian gunakan, berdiskusi dengan pasangan sangat dibutuhkan. Karena hal tersebut akan menjadi landasan property seperti apa yang akan kalian pilih dengan kebutuhan sekarang ini.

Terkadang mungkin kamu lebih suka di apartemen daerah perkotaan, karena akses serta fasilitas yang lengkap. Selain itu akan lebih mudah menjangkau pusat kota seperti pasar, mall ataupun tempat hiburan lain.

Sementara itu pasangan kalian lebih suka berada di rumah dengan suasana yang tenang, asri dan tidak banyak hiruk pikuk seperti daerah perkotaan. Tetapi pasti dengan konsekuensi sedikit jauh dari pusat kota.

Dari 2 hal tersebuh kalian sebagai pasangan pastinya akan mempertimbangkan mengenai lokasi yang nantinya menjadi tempat tinggal, sesuai dengna kelebihan maupun kekurangannya. Selain itu dengan jenis property yang akan kalian pilih mau apartemen maupun rumah yang memiliki kekurangan maupun kelebihan masing-masing.

  1. Mempertimbangkan Akses Transportasi dan Fasilitas Umum

Setelah menentukan jenis property yang akan dipilih, selanjutnya juga mempertimbangkan akses transportasi dan fasilitas umum. Jadi jika kalian belum memiliki kendaraan pribadi yang bisa digunakan, pastikan tempat tinggal kalian mudah diakses oleh transportasi seperti bus, angkot atau kendaraan umum lain.

Meskipun kalian memiliki kendaraan pribadi, terkadang ada kalanya kalian capek atau bosan dengan mobil atau motor pribadi dan ingin menggunakan transportasi alternatif seperti bus atau angkot. Selain itu dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, sekolah atau pusat perbelanjaan juga menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan nantinya.

Coba kalian banyangkan jika membutuhkan waktu 1 jam untuk mengantar anak kalian saat bersekolah atau mengakses pasar, rumah sakit atau tempat lain yang darurat. Selain itu kelancaran transportasi juga menjadi hal yang dipertambakan.

Pastikan kalian memperhatikan tips membeli hunian bersama pasangna ini, supaya tidak mengalamai sebuah kesulitan nantinya.

  1. Cek Kondisi Keuangan

Selain 2 hal tadi diatas, berikut merupakan yang krusial yaitu memeriksa atau melakukan cek pda kondisi keuangan kalian. Sebelum melangkah lebih jauh pastinya kalian melakukan cek pada kondisi keuangan kalian bersama pasangan kalian, pendapatan serta pengeluaran perbulan juga harus dihitung.

Selain itu cicilan atau, pinjaman apa saja yang masih berjalan atau yang sudah lunas. Atau pengeluaran seperti membiayai orang tua  serta adik kalian. Hal tersebut juga harus kalian hitung. Maka dari hal tersebut keterbukaan dengan kondisi keuangan masing-masing adalah sebuah kunci.

Hal-hal yang belum perlu atau pinjaman yang belum begitu dibutuhkan sebisa mungkin dihilangkan atau dikurangi agar dapat mulai bisa menabung untuk membeli rumah.

  1. Memilih Skema Pembayaran

Setelah 3 hal diatas sudah didiskusikan, maka hal berikutnya yang perlu didiskusikan adalah memilih sebuah skema pembayaran seperti apa yang akan digunakan nantinya. Melalui sistem KPR atau melakukan pinjaman ke saudara atau membelinya secara cash. Jika kalian memilih skema pembayaran KPR pastikan menghitung lamanya waktu cicilan dan jangan lupa juga menghitung DP yang akan kalian bayarkan diawal. Pastikan biaya cicilan tiap bulannya bisa kalian bayar bersama pasangan kalian.

 

Dari 4 hal diatas dalam menentukan hunian pastinya komunikasi dan keterbukaan menjadi kunci utama. Dari situlah kita dapat menentukan hunian seperti apa yang nantinya akan kita pilih.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.