Tips Membersihkan Rumah Selama Masa PPKM

Tips Membersihkan Rumah Selama Masa PPKM

Pandemi Covid-19 masih terjadi sampai dengan saat ini. Penyebarannya yang semakin meluas dan munculnya varian baru dari virus ini membuat kita harus lebih berhati-hati agar terhindar dari virus tersebut. Atas kondisi demikian, maka banyak aturan pemerintah yang harus kita patuhi salah satunya adalah PPKM Level 4 yang akan diperpanjang sampai tanggal 9 Agustus 2021 nanti. Sehingga kita harus melakukan hampir semua kegiatan di rumah saja. Agar penyebaran virus semakin rendah, selain membatasi mobilitas hal lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan lingkungan.

Membersihkan lingkungan sekitar bisa dimulai dari menjaga kebersihan pribadi hingga juga lingkungan di sekitar rumah tempat tinggal. Dalam membersihkan lingkup terkecil tentu tidak boleh asal-asalan, untuk itu simak tips berikut ini.

Tips Membersihkan Rumah Selama Masa PPKM

Sumber: Unsplash

Kebersihan Pribadi

Salah satu hal kecil yang paling mendasar adalah dengan cara menjaga kebersihan diri sendiri. Anda harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir beberapa kali dalam sehari. Cara mencuci tangan yang benar adalah:

  • Basahi tangan dengan air yang mengalir
  • Gunakan sabun
  • Gosok telapak tangan dengan menggunakan sabun
  • Gosok jemari, jempol, dan sela-sela jari
  • Bersihkan telapak tangan dan kuku
  • Gosok bagian belakang tangan
  • Cuci dengan air yang mengalir
  • Bersihkan dengan handuk kering

Hal ini dilakukan untuk membersihkan mikroba yang mungkin masih terdapat dipermukaan kulit ketika melakukan kegiatan. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut secara langsung sebelum mencuci tangan.

Ada waktu-waktu yang diwajibkan untuk mencuci tangan setelah berkegiatan, seperti:

  1. Setelah menggunakan fasilitas publik, seperti berbelanja maupun menggunakan transportasi umum
  2. Setelah membersihkan hidung, batuk, maupun bersin
  3. Setelah menggunakan kamar mandi ataupun toilet
  4. Setelah melakukan perawatan kepada anggota keluarga yang sakit
  5. Sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan

Jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan air yang mengalir ketika sedang dalam perjalanan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60 persen.

Kebersihan Keluarga

Kebersihan pribadi yang sudah Anda terapkan sehari-hari dapat ditularkan kepada seluruh keluarga. Sehingga seluruh keluarga bersama-sama menjaga kebersihan diri masing-masing dan dapat saling mengingatkan ketika ada anggota keluarga yang mungkin terlupa.

Kebersihan Rumah

Setelah kebersihan pribadi dan kebersihan diri dari seluruh keluarga dijalankan dengan baik, Anda juga harus membersihkan rumah dengan baik. Karena rumah merupakan tempat berkumpulnya keluarga setiap hari.

  1. Bersihkan permukaan barang

Tanpa kita sadari, banyak hal yang kecil yang dapat dijadikan perantara berkembangnya virus Covid-19 didalam rumah. Seperti permukaan gagang pintu, kloset, dan ponsel yang sering seakli kita sentuh berulang-ulang. Ada baiknya jika barang-barang tersebut dibersihkan minimal 2 kali sehari dengan menggunakan desinfektan. Jika permukaan barang sangat kotor, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air. Meskipun tidak membunuh virus secara langsung, tetapi akan menurunkan resiko penyebaran infeksi.

  1. Mencuci Peralatan Makan

Jika mencuci peralatan makan dengan mesin pencuci piring, maka suhu pencucian dapat diatur dengan tepat, sehingga peralatan makan akan disanitasi dengan baik dan lebih aman untuk digunakan. Tetapi jika tidak menggunakan mesin pencuci piring, pastikan mencuci peralatan makan dengan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir. Hindari pembilasan dengan dicelupkan kedalam bak yang berisi air, karena sisa virus dan kuman akan tetap menempel didalam air yang tergenang.

  1. Mencuci Pakaian

Gunakan sarung tangan sekali pakai ketika akan mencuci pakaian. Sarung tangan ini sebagai pelindung jika terdapat kuman dan virus yang terdapat di pakaian kotor. Sarung tangan ini wajib digunakan ketika Anda akan mencuci pakaian anggota keluarga yang tengah sakit.

Semua upaya di atas dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Lakukan pencegahan secara dini secara pribadi dan lingkungan sekitar kita, agar penyebaran virus semakin menurun. Yuk cegah penyebaran bersama kami Fasindo Property yang siap membantu Anda dengan sepenuh hati untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *