Tertarik Memiliki Rumah Tua Simak Hal Yang Harus Diperhatikan

Tertarik Memiliki Rumah Tua? Simak Hal Yang Harus Diperhatikan

Banyak pilihan jenis rumah yang ditawarkan saat ini. Mulai dari rumah modern, rumah klasik, rumah susun, sampai dengan apartment. Karena banyaknya pilihan yang ditawarkan, banyak juga rumah-rumah tua yang saat ini sudah ditinggalkan oleh pemiliknya karena memilih untuk tinggal di rumah yang lebih modern. Oleh karena itu banyak ditemukan rumah-rumah tua yang dijual dengan harga yang sangat murah.

Tertarik Memiliki Rumah Tua Simak Hal Yang Harus Diperhatikan

Sumber : Unsplash

Rumah tua memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Selain karena harganya cenderung lebih murah, rumah tua juga biasanya memiliki bentuk yang sangat unik jika dibandingkan dengan rumah-rumah modern saat ini. Karena usia dari rumah tersebut, struktur bangunan dari rumah tua biasanya lebih kokoh daripada rumah saat ini.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk membeli rumah tua, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Karena membeli rumah tua berbeda dengan membeli rumah modern dengan kondisi yang baru, Anda harus lebih berhati-hati agar tidak menyesal dikemudian hari.

Kelengkapan dokumen

Hal yang paling utama ketika Anda membeli sebuah rumah adalah adanya kelengkapan dokumen dari rumah tersebut. Anda harus memperhatikan nama yang terdapat pada sertifikat rumah yang akan dibeli. Apakah nama yang tercantum sama dengan nama penjual rumah tersebut. Jika berbeda Anda dapat menanyakan lebih lanjut mengenai hubungan antara penjual rumah dengan pemilik yang terdapat pada sertifikat. Karena Anda harus benar-benar yakin bahwa rumah yang dijual bukanlah rumah sengketa yang akan menyebabkan banyak kendala di kemudian hari.

Setelah itu cek juga IMB dari rumah tua tersebut. Pastikan luas bangunan fisik sama dengan luas bangunan yang tercantum pada PBB dan IMB. Karena ada beberapa kasus jual beli pada rumah tua, luas bangunan fisik tidak sesuai dengan PBB ataupun IMB, sehingga akan merugikan Anda sebagai pembeli.

Memiliki dana darurat

Jika ingin membeli rumah tua, Anda juga harus memiliki dana darurat yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Karena semakin tua sebuah rumah, maka perawatan yang diperlukan juga semakin besar. Akan muncul kerusakan-kerusakan baik besar maupun kecil yang terjadi secara tiba-tiba. Sehingga Anda harus selalu memiliki dana darurat agar sewaktu-waktu kerusakan terjadi, Anda dapat langsung memperbaiki.

Memiliki waktu luang

Ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah tua, maka Anda pun harus menyisihkan waktu untuk melakukan perawatan dan renovasi. Karena rumah tua membutuhkan banyak perbaikan disana sini untuk membuat rumah nyaman untuk ditinggali. Ketika proses perbaikan tersebut terjadi, dibutuhkan kehadiran Anda di tempat, baik sebagai pekerja langsung (jika Anda ingin mengerjakan perbaikan tersebut sendirian), ataupun supervisi pekerjaan (jika Anda mempekerjakan tukang untuk melakukan perbaikan), untuk mengawasi perbaikan rumah tersebut.

Siap untuk melakukan renovasi

Rumah yang dibangun puluhan tahun yang lalu biasanya memiliki beberapa ruangan tambahan selain ruangan utama. Ruangan tambahan tersebut pastinya akan membuat Anda untuk berpikir kreatif agar  ruangan tersebut dapat digunakan sebagai ruangan yang lebih berguna. Hal itu tentu saja memerlukan banyak biaya dan tenaga. Karena Anda harus membersihkan, ataupun merubah tampilan cat sesuai dengan selera, ataupun mendekorasi ruangan dengan gaya yang lebih modern.

Mempercantik bangunan

Rumah tua biasanya memiliki struktur bangunan yang sangat unik dan berbeda dengan rumah-rumah lainnya. Jika memang Anda menyukai gaya tersebut, maka hanya perlu sedikit perbaikan yang dilakukan. Seperti mengganti cat tembok dengan warna yang lebih cerah, yang akan membuat rumah menjadi lebih cantik dan menarik. Tetapi jika Anda menginginkan gaya yang berbeda, maka dapat melakukan perombakan besar-besaran terhadap rumah tersebut. seperti merubah bentuk fasad rumah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Beberapa hal di atas dapat Anda siapkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah tua, agar anda tidak merasa kecewa di kemudian hari. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 atau kunjungi http://fasindoproperti.co.id  untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *