Takut Menyesal Setelah Membeli Rumah? Hindari Pengembang Properti Yang Seperti Ini.

Takut Kena Tipu Setelah Membeli Rumah? Hindari Pengembang Properti Yang Seperti Ini.

Berbicara tentang rumah, banyak sekali hal yang harus dipikirkan. Mulai dari proses memilih rumah, membeli rumah, merawat rumah, sampai menjual rumah. Semuanya memerlukan banyak pertimbang.

Salah satu topik penting yang perlu diketahui banyak orang mengenai rumah adalah mengenai pengembang perumahan. Tidak sedikit orang yang merasa dirugikan dengan adanya ketidak sesuaian antara perjanjian yang dibuat dengan hasil rumah yang diterima setelah dibangun oleh pengembang. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya pengembang nakal yang ingin mengambil banyak keuntungan dari proyek perumahan yang mereka buat.

Takut Menyesal Setelah Membeli Rumah? Hindari Pengembang Properti Yang Seperti Ini.

Sumber : Unsplash

Agar terhindar dari pengembang yang nakal, Anda harus mengetahui ciri-ciri yang sering dilakukan oleh pengembang nakal. Ada beberapa ciri khusus yang dapat Anda jadikan acuan ketika berhubungan dengan pengembang rumah yang diinginkan. Ciri-ciri tersebut adalah:

1.      Rekam Jejak yang Tidak Baik

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah dari pengembang, Anda harus mengetahui siapa pengembang perumahan tersebut. Anda dapat mengumpulkan informasi mengenai proyek apa saja yang sudah mereka buat, sudah berapa lama menjadi pengembang, dan lain sebagainya. Jika memang pengembang tersebut memiliki rekam jejak yang kurang baik, maka lebih baik Anda membatalkan pembelian rumah tersebut sebelum mengalami kerugian.

2.      Tidak Memiliki Persyaratan Membangunan Perumahan

Ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh pengembang. Salah satunya adalah izin untuk mendirikan bangunan. Selain IMB, pengembang juga harus memiliki sertifikat atas tanah yang sedang dibangun. Jika pengembang tidak memiliki persyaratan tersebut, Anda harus lebih waspada. Kemungkinan besar pengembang itu merupakan pengembang yang nakal yang akan membuat Anda kesulitan jika proses pembuatan rumah tetap dilakukan.

3.      Mundurnya Serah Terima

Jika pengembang tidak dapat menepati waktu perjanjian serah terima rumah sesuai dengan kesepakatan, maka dapat di pastikan bahwa pengembang tersebut adalah pengembang yang nakal. Karena dengan mundurnya waktu serah terima berarti pengembang tersebut tidak memiliki rencana yang jelas atas pembangunan rumah. Mundurnya waktu serah terima akan membuat banyak kerugian yang Anda terima.

4.      Tidak Sesuai Spesifikasi

Pengembang pasti telah menyediakan semua spesifikasi yang terkait dengan pembangunan sebuah rumah. Spesifikasi tersebut dapat Anda lihat dengan jelas pada brosur yang di berikan. Namun banyaknya konsumen yang tidak memahami dengan baik spesifikasi yang diberikan, banyak pengembang yang merubah spesifikasi yang digunakan menjadi lebih rendah. Dengan mutu yang lebih rendah tentu saja kekuatan bangunan akan menjadi lebih rapuh dan harganya menjadi jauh lebih murah. Hal ini tentu saja akan merugikan Anda sebagai konsumen.

Salah satu cara untuk menghindari ketidaksesuaian ini adalah seringlah mengunjungi rumah yang sedang dibangun. Sehingga ketika ada ketidak sesuaian yang dilihat, Anda wajib untuk komplain kepada pengembang. Jangan sampai komplain dilakukan setelah rumah selesai dan serah terima, karena jika sudah melewati tahap serah terima, rumah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari konsumen.

5.      Meminta Pembayaran Sebelum Waktunya

Yang benar-benar harus Anda pahami adalah pembayaran apapun dapat dilakukan setelah adanya kesepakatan dalam perjanjian jual beli. Jika kesepakatan belum terjadi, maka tidak ada biaya yang harus dibayarkan. Jika pengembang meminta untuk membayarkan uang muka secepat mungkin, pastikan bahwa perjanjian sudah dilaksanakan. Karena jika tidak, besar kemungkinan uang yang Anda bayarkan tidak dapat kembali jika terjadi masalah ataupun pembatalan pembelian rumah.

Banyaknya pengembang nakal yang kini mudah merugikan konsumennya, tentu membuat Anda harus lebih berhati-hati ketika memilih pengembang. Untuk itu pilihlah pengembang terpercaya dan memiliki track record yang baik seperti Fasindo Property.

 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *