Sulit Mengumpulkan Uang Simak Cara Menabung Untuk Segera Memiliki Rumah Impian

Sulit Mengumpulkan Uang? Simak Cara Menabung Untuk Segera Memiliki Rumah Impian

Saat ini masih banyak orang yang belum dapat memiliki rumah impian, khususnya generasi milenial. Salah satu penyebabnya adalah kenaikan gaji yang tidak sebanding dengan kenaikan harga properti setiap tahunnya. Selain itu gaya hidup yang tinggi membuat banyak milenial tidak dapat menyisihkan uangnya untuk menabung.

Sulit Mengumpulkan Uang Simak Cara Menabung Untuk Segera Memiliki Rumah Impian

Sumber: Unsplash

Padahal jika ingin memiliki rumah, cara yang paling baik adalah dengan menabung. Karena dengan cara apapun yang Anda pilih untuk memiliki rumah, KPR, tunai, mencicil ke developer, semuanya membutuhkan uang untuk membayar. Jika memiliki tabungan, tentu saja hal itu akan mempermudah pembayaran.

Menabung biasanya diidentikkan dengan cara manaruh uang di celengan ataupun dibank. Sehingga banyak yang langsung merasa keberatan dengan proses menabung, karena merasa uang yang dimiliki tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Di zaman yang semakin canggih saat ini, menabung tidak hanya dapat dilakukan secara tradisional, tetapi juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Menambah Pendapatan

Rasio kenaikan pendapatan dengan harga rumah yang tidak proporsional, membuat Anda sulit untuk mengejar pembelian rumah dengan cara biasa. Salah satu cara adalah dengan cara mencari pendapatan tambahan diluar pekerjaan yang biasa Anda lakukan.

Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan tambahan sesuai dengan keahlian ataupun hobi yang bisa mendapatkan uang. Contohnya adalah berkebun, memasak, dan lain sebagainya. Yang harus dipastikan adalah jangan sampai pekerjaan tambahan yang Anda kerjakan mengganggu pekerjaan utama Anda. Jika mengganggu, sama saja dengan Anda melepas pekerjaan awal yang akan berakhir dengan kehilangan pendapatan utama.

  1. Mengalokasikan Tabungan Secara Otomatis

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah mengalokasikan secara langsung ke dalam rekening atau akun terpisah khusus untuk pembelian rumah. Karena jika dana masih tercampur, besar kemungkinan akan digunakan untuk keperluan lain.

Saat ini banyak pilihan tabungan yang dapat digunakan untuk mengalokasikan dana secara otomatis. Contohnya adalah tabungan berjangka. Tabungan ini dapat mendebet secara otomatis sejumlah dana dari tabungan utama Anda untuk dimasukkan ke dalam tabungan berjangka. Selain itu tabungan jenis ini memiliki bunga yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis tabungan biasa. Dengan bunga yang lebih besar tentunya keuntungan yang didapatkan akan lebih besar juga.

  1. Mengurangi Pengeluaran

Gaya hidup adalah salah satu faktor terbesar kesulitan untuk menabung ataupun menyisihkan uang. Adanya keinginan untuk memiliki rumah impian, maka harus dilakukan penyesuaian gaya hidup. Kurangi atau hindari pengeluaran yang tidak penting. Seperti berbelanja barang-barang mewah, gadget terbaru, membeli kopi, ataupun membeli makanan dengan menggunakan ojek online. Sebaiknya mulai belajar memasak dan membawa bekal, tidak perlu membeli gadget ataupun barang-barang baru jika yang lama masih dapat digunakan.

  1. Mengurangi cicilan

Kemudahan untuk menggunakan kartu kredit ataupun cicilan lain, tanpa disadari membuat Anda menjadi lebih boros. Membeli berbagai barang tanpa mengeluarkan uang membuat Anda merasa lebih hemat. Padahal pada akhirnya Anda harus membayar barang tersebut beserta sejumlah bunga yang dikenakan.

Jika barang tersebut belum mendesak, tunda pembelian barang. Lunasi semua cicilan dan mulailah untuk membeli barang secara tunai. Meskipun dana yang dikeluarkan terlihat lebih besar, tetapi sebenarnya Anda menjadi lebih hemat.

  1. Investasi

Investasi dapat dijadikan salah satu cara dalam menabung. Saat ini banyak ditawarkan berbagai macam investasi yang dapat dilakukan dengan mudah. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi kenali terlebih dahulu cara kerja, resiko, dan potensi keuntungan dari investasi tersebut. Anda tetap harus berhati-hati dalam berinvestasi. Karena resiko untuk kehilangan uang jauh lebih besar jika kita tidak faham investasi yang dilakukan. Tetapi sebaliknya, jika Anda sudah faham atas sebuah investasi, maka Anda akan mendapatkan pasif income dari investasi tersebut. Dan hasilnya dapat Anda gunakan sebagai tambahan dana untuk membeli rumah.

Langkah-langkah diatas akan membantu Anda untuk mempercepat target kepemilikan rumah yang diinginkan.  Yuk terapkan tips di atas mulai sekarang dan segera dapatkan rumah impian, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *