Sudah Membeli Rumah Bersubsidi Dari Pengembang Ini Yang Harus Dilakukan Selanjutnya

Sudah Membeli Rumah Bersubsidi Dari Pengembang? Ini Yang  Harus Dilakukan Selanjutnya

Dengan harga rumah yang semakin melambung tinggi setiap tahunnya, banyak orang yang kesulitan untuk memiliki sebuah rumah impian. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini pemerintah memiliki program untuk membantu masyarakat yang berasal dari kalangan menengah ke bawah agar dapat memiliki sebuah rumah. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), pemerintah membuat program KPR bersubsidi.

Sudah Membeli Rumah Bersubsidi Dari Pengembang Ini Yang Harus Dilakukan Selanjutnya

Sumber: Unsplash

KPR bersubsidi ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah harga rumah yang ditawarkan sangat murah sekali jika dibandingkan dengan rumah normal. Selain itu bunga yang ditawarkan bahkan bisa mencapai 0 persen selama proses KPR subsidi berjalan.

Dengan harga yang sangat murah tersebut, tidak heran jika kualitas bangunan tidak sebaik rumah non subsidi. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah membeli rumah subsidi:

  1. Biasanya rumah subsidi dirancang agar mudah dilakukan renovasi pada tahap selanjutnya. Karenanya tidak heran jika bangunan terkesan ringkih dah tidak terlalu kuat. Untuk mensiasati hal tersebut Anda harus mempersiapkan biaya ekstra untuk melakukan renovasi. Rumah yang ditawarkan biasanya hanya sampai pembangunan bangunan utama saja. Sehingga dana tersebut dapat digunakan untuk renovasi penambahan bangunan lainnya, seperti penambahan dapur, menutup bangunan belakang rumah, sampai dengan membayar tukang. Pengerjaan renovasi akan lebih baik jika dilakukan ketika proses pembangunan rumah sedang berlangsung.
  2. Usahakan untuk membeli rumah subsidi ketika masih dalam tahap pembangunan. Dengan demikian Anda dapat mengetahui letak dari bagian penting didalam rumah, seperti jalur saluran air dan saluran listrik, septic tank, tandon air, dan juga saluran pembuangan. Ketika suatu saat ada kerusakan yang terjadi, Anda dapat langsung mengetahui jalur yang harus diperbaiki tanpa perlu membongkar semua bangunan. Selain itu ketika rumah masih dalam tahap pembangunan, Anda dapat melakukan berbagai renovasi secara bersamaan. Sehingga proses pembangunan rumah dapat selesai lebih cepat dan dapat langsung ditempati.
  3. Tanyakan kepada pengembang mengenai fasilitas air dan listrik. Karena biasanya rumah subsidi dibangun terlebih dahulu sampai selesai tanpa fasilitas tersebut. Pastikan pengembang sudah menyediakan jaringan air dan listrik dirumah subsidi yang Anda beli.
  4. Perhatikan kualitas bahan pendukung lainnya yang ada didalam rumah subsidi, seperti pipa dan septic tank. Karena biasanya pengembang akan menggunakan bahan-bahan material yang memiliki kualitas standar. Pastikan agar material tersebut masih dalam keadaan baik dan tidak rusak ketika dipasang.
  5. Biasanya pengembang memberikan garansi yang berlaku selama 100 hari sejak akad kredit. Pergunakan waktu tersebut untuk mengecek secara detail seluruh kondisi rumah, seperti saluran air, pembuangan, lantai keramik, genting, dan juga lain sebagainya. Jika ada yang harus diperbaiki, jangan sungkan untuk melaporkan hal tersebut dan meminta penggantian, karena masih masuk kedalam waktu garansi. Anda harus benar-benar memanfaatkan waktu tersebut, karena jika sudah melewati masa garansi, Anda tidak dapat meminta penggantian apapun pada pihak pengembang atas kerusakan yang terjadi.
  6. Yang tidak kalah pentingnya adalah asuransi. Pastikan semua biaya yang dibayarkan sampai dengan kredit selesai sudah termasuk dengan biaya asuransi. Sehingga ketika ditengah jalan Anda meninggal dunia, rumah tersebut akan langsung lunas dan menjadi kepemilikan dari ahli waris.

Beberapa hal penting diatas dapat Anda lakukan setelah membeli rumah bersubsidi. Tujuannya adalah agar Anda merasa nyaman tinggal di rumah subsidi dan tidak bermasalah dikemudian hari. Fasindo Property menjediakan beberapa pilihan rumah bersubsidi. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *