Rumah Anda Berhawa Panas Mungkin Ini Penyebabnya

Rumah Anda Berhawa Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

Memiliki rumah yang sejuk dan nyaman merupakan idaman setiap orang. Setelah seharian bekerja diluar rumah, kembali ke rumah merupakan hal yang sangat menyenangkan. Karena kita bisa berkumpul bersama keluarga dan melepas lelah.

Tetapi terkadang kondisi rumah tidak seperti yang kita harapkan. Rumah terasa panas dan pengap sehingga membuat tidak nyaman.  Kondisi ini tidak selalu hanya karena sinar matahari yang menyengat saja, ada beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan rumah menjadi berhawa panas. Salah satunya adalah karena pemilihan material yang salah pada atap.

Rumah Anda Berhawa Panas Mungkin Ini Penyebabnya

Sumber: Pinterest

Selain itu ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan rumah menjadi panas, yaitu:

1.            Jenis atap rumah

Jenis atap rumah sangat berpengaruh kepada udara yang diterima pada bagian dalam rumah. Atap rumah yang terbuat dari material yang menyerap panas dapat membuat bagian dalam rumah menjadi lebih panas. Contohnya adalah asbes, plastik, dan seng. Sebaiknya hindari penggunaan ketiga material tersebut. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan material yang memantulkan sinar matahari, seperti tanah liat, aspal, keramik, dan lain sebagainya. Sehingga akan membuat udara didalam rumah menjadi lebih sejuk.

2.            Letak plafon

Yang kedua adalah letak plafon yang kurang tinggi. Letak plafon terlalu rendah akan membuat sirkulasi udara tidak baik sehingga akan membuat rumah menjadi terasa lebih panas dan pengap. Buatlah plafon dengan tinggi lebih dari 3 meter, sehingga sirkulasi udara didalam rumah menjadi baik dan tidak pengap lagi. Plafon yang tinggi juga akan membuat tampilan rumah menjadi lebih gagah dan mewah.

3.            Sirkulasi udara

Sirkulasi udara memegang peranan penting dalam membuat udara didalam rumah menjadi lebih sejuk. Selain letak plafon yang tinggi, rumah juga harus memiliki banyak bukaan pintu dan jendela. Dengan begitu sirkulasi udara tetap terjaga dan membuat rumah menjadi lebih sejuk.

4.            Warna cat

Meskipun termasuk dalam dekorasi rumah, pemilihan cat juga ternyata sangat berpengaruh pada hawa panas yang muncul didalam rumah. Warna cat yang gelap akan menyerap panas pada ruangan dan tidak dapat memantulkan cahaya yang diterima. Akibatnya rumah akan menjadi lebih panas. Semakin gelap warna cat yang digunakan, akan membuat ruangan akan menjadi semakin panas dan pengap. Jika ingin rumah yang lebih sejuk, gunakan warna-warna tenang dan netral.

5.            Tanpa tanaman

Apakah rumah Anda memiliki banyak tanaman? Tanpa kita sadari ternyata tanaman memiliki peran penting dalam sirkulasi udara didalam rumah. Tidak hanya membuat rumah menjadi lebih indah, tanaman juga dapat menghasilkan oksigen didalam rumah. Selain itu tanaman juga dapat menyerap panas matahari sehingga membuat rumah menjadi lebih sejuk.

6.            Kondisi rumah

Tidak hanya bentuk dan struktur bangunan saja yang dapat membuat rumah menjadi terasa panas, kerapihan rumah juga dapat menjadi penyebab atas hawa pengap yang ditimbulkan. Rumah yang berantakan dan memiliki banyak barang yang menumpuk akan membuat rumah terasa pengap. Oleh karena itu hindari menumpuk barang yang tidak diperlukan. Sebaiknya mulailah hidup minimalis dengan membuang semua barang yang sudah tidak digunakan. Atur dengan sedemikian rupa barang yang masih digunakan. Agar rumah tetap terlihat rapi dan bersih. Dengan begitu rumah tidak akan terasa pengap lagi.

Pemilihan bahan material yang salah serta kondisi lingkungan sekitar yang kurang baik bisa menyebabkan hawa panas. Untuk itu memilih sebagai konsumen anda perlu jeli dalam memilih rumah yang siap huni. Anda harus memilih pengembang yang menjamin kualitas dan kenyamanan rumah seperti Fasindo Properti. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian dengan desain yang mampu membuat rumah terasa lebih sejuk dan segar. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *