Property Semarang : Tips Menentukan Lokasi Dalam Pembelian Property

Property Semarang : Tips Menentukan Lokasi Dalam Pembelian Property

 

Membeli property memang harus dengan beberapa pertimbangan. Salah satun yang cukup penting yaitu mempertimbangkan lokasinya. Setiap orang tentunya ingin memiliki bangunan atau rumah yang telah dibelinya menjadi tempat tinnggal utnutk menetap hingga usia tua, atau property yang dibelinya akan menjadi bangunan yang dapat mempunyai nilai jual yang tinggi, nilai guna dan fungsi yang tinggi jika kalian ingin membisniskannya.

Agar property ini dapat digunakan terus menerus dan dapat memberikan kenyamanan dan nilai tambah/ nilai yang lebih tinggi, maka dari itu dalam mencarinya harus benar-benar teliti. Teliti dalam mencari rumah tidak berarti hanya memperhtaikan segi fisik rumah seperti menentukan spesifikasinya saja. Akan tetapi, kalian juga harus meneliti dari segi non fisiknya. Misalkan menyesuaikan anggaran dengan rumah yang kalian inginkan.

Setelah merencanakan serta menyediakan budget anggaran dan menentukan tipe rumah yang di inginkan. Tahap berikutnya adalah menentukan lokasi rumah. Hal ini merupakan tahap yang sangat penting termasuk dalam pertimbangan non fisik tadi saat akan membeli rumah. Lokasi yang tepat mampu memberikan kenyamanan selama kalian menghuni rumah dan mempermudah kalian ketika akan menjual rumah tersebut nantinya.

Ada beberapa tips yang dapat kalian kalikukan dalam membeli property/ rumah :

  1. Survey

Melihat-lihat calon bangunan yang akan kalian beli merupakan langkah awal bagi kalian untuk mendapatkan bangunan yang cocok dengan keinginan kalian. Begitu kalian menemukannya, kalian dapat melihat-lihat kualitas rumah yang sudah atau sedang dibangun. Mungkin ada tumpukan batu bata atau sedikit material lain di kavling di sekitar rumah yang kalian incar. Jangan langusng berasumsi bahwa kavling itu sudah laku. Kadang developer ingin memberi kesan bahwa perumahan merka cepat laku dan kavling yang kalian incar juga disenangi calon konsumen lain. Ada baiknya jika kalian melakukan survey sebelum dan sesudah menemui developernya.

Selain untuk mengetahui kondisi fisik rumah, survey juga perlu untuk mengetahui gambaran kawasan rumah itu. Jadi, kalian bisa mengetahui apakah daerah tersebut bebas banjir, tidak rawan kejahatan dll.

  1. Menentukan lokasi

Ada beberapa hal khusus yang harus kalian perhatikan ketika menentukan pilihan, sewaktu kalian membeli sebuah rumah :

  • Kemudahan akses

Lokasi rumah, khusunya rumah atau perumahan yang baru, biasanya terletak jauh dari pusat kota. Namun, jarak yang jauh ini dipermudah dengan akses penghubung yang cepat dan praktis seperti sudah ada jalan tol, sehingga dapat memudahkan masyarakat sekitar dan kalian yang ingin menuju lokasi tersebut. Karena itu rumah yang lokasinya berada di dekat jalan tol memiliki daya Tarik lebih besar bagi konsumen, karena perumahan tersebut lebih mudah dijangkau.

  • Jarak dengan tempat kerja

Lokasi rumah jangan sampai terlalu jgau dari tempat kerja kalian. Bisa saja kalian bayangkan jika jarak rumah kalian yang jauh, berapa waktu yang kalian buthkan setiap harinya untuk pergi-pulang dari rumah ke tempat kerja ? jarak yang jauh juga akan menambah pengeluaran keungan kalian untuk konsumsi bahar bakar jika mengendarai kendaraan pribadi. Terlebih jika kalian mau membeli rumah untuk bertujuan investasi, pertimbangan mengenai lokasi tidak kalah pentingnya.

  • Kondisi Sosial Lingkungan

Perhatikan kondsi social lingkungan di sekitarnya. Jangan sampai kalian nanti membeli rumah di lokasi yang membuat kalian merasa tidak aman dan nyaman karena lingkunggannya tidak sehat secara social.  Akan lebih baiknya, perlu di cek secara menyeluruh . tidak hanya mengandalkan informasi lokasi rumah dari iklan, brosur promosi atau agen property.

Gimana sih cara mengeceknya ? kalian dapat mengunjungi kembali lingkungan rumah yang kalian incar/ inginkan pada hari yang berbeda dan waktu yang berbeda.  Jika saat kalian mengunjungi pada siang hari, besoknya kalian mengunjungi lagi pada saat malam hari. Tanya-tanya pada beberapa calon tetangga dan tanyai mereka tentang kondisi lingkungan seperti apa.

  • Kemudahan Akses Ke Tempat-tempat umum

Properti yang memiliki nilai tambah yaitu property yang memiliki kemudahan akses ke tempat-tempat umum seperti halnya rumah sakit, kantor polisi, pasar, café dll. Ada baiknya, kalian memperhatikan lebar jalan di depan rumah tersebut dan bagaimana jarak 1 km dari rumah yang kalian inginkan, semakin lebar jalan tersebut, maka semakin strategis juga letak rumah yang ingin kalian beli.

  • Fasilitas Pendidikan

Mempunyai anak atau tidak, kalian juga perlu peduli tentang masalah ini. Pasalnya, oran tua akan pedulu masalah ini dan memberi penghargaan pada kualiatas sekolahan. Usahaan fasilitas sekolah harus dekat dengan tempat tinggal kalian. Factor-faktor tersebut membuat anak kalian tidak capek dan tetap berkonsentrasi belajar di sekolah.

  • Perkembangan Masa Depan

Sebelum kalian membeli rumah yang kalian inginkan, ada baiknya kalian mengetahui pola perkembangan baru atau renovasi besar yang akan dilakukan di wilayah lokasi rumah tersebut. Hal seperti ini dapat memprediksi pembangunan apa yang akan dilakukan di sekitar rumah kalian. Untuk hal itu , kalian dapat mengecek ke dinas tata ruang kota atau pejabat lainnya yang berwenang.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *