Property Semarang :  Tips Agar Tidak Tertipu Saat Hendak Membeli Rumah

Property Semarang :  Tips Agar Tidak Tertipu Saat Hendak Membeli Rumah

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi idaman setiap orang, apalagi jika anda seorang pengantin baru. Tentu tinggal di rumah sendiri terasa lebih nyaman dibanding harus menumpang di rumah orangtua kandung atau mertua. Setelah susah payah mengumpulkan uang tentu ini saatnya membeli rumah baru yang nyaman bagi anda dan pasangan.

Namun membeli rumah juga tak boleh asal-asalan, sebab jika anda terlalu terburu-buru memilih dan tidak selektif hal buruk bisa terjadi. Misalnya mendapatkan rumah yang kurang strategis, hingga kena tipu oleh oknum pengembang yang tak bertanggung jawab.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan. Untuk lebih lanjut simak pembahasannya di bawah ini.

1.      Perhatikan kebutuhan keluarga anda

Sebelum melakukan survei, ada baiknya anda membuat list tentang apa saja yang dibutuhkan keluarga anda di dalam rumah nanti. Jangan ragu untuk berdiskusi sebelum membeli, mungkin pertanyaan berikut ini dapat anda bahas bersama keluarga:

  • Berapa banyak kamar yang dibutuhkan?
  • Apakah rumah anda nanti perlu garasi mobil yang luas?
  • Apakah rumah anda nanti memiliki halaman yang luas?
  • Apakah ada rencana untuk melakukan renovasi ke depannya?
  • Dan lain sebagainya

Setelah anda berdiskusi, jadikan hal ini sebagai cacatan untuk menyortir berbagai pilihan rumah untuk anda dan keluarga

2.      Pakai agen properti atau mencarinya sendiri

Saat ini mencari rumah melalui situs properti tentu hal yang mudah. Sebenarnya anda memiliki kebebasan untuk mencari, membandingkan, dan menghubungi pemilik rumah dari iklan yang tertera dalam situs. Jika anda ingin mencarinya sendiri, pastikan anda menyediakan cukup banyak waktu agar dapat menyeleksi satu demi satu.

Namun jika anda disibukkan dengan pekerjaan, tak ada salahnya anda meminta bantuan agen properti untuk mencarikan rumah yang sesuai dengan kebutuhan anda pada poin 1. Tentu anda harus menyiapkan komisi untuk membayar jasa agen properti tersebut.

3.      Lokasi serta akses calon rumah

Lokasi rumah merupakan salah satu hal yang sangat krusial unuk dijadikan pertimbangan dalam memilih rumah. Hal ini sangat berkaitan dengan akses dan harga rumah. Jika rumah berada di pusat kota tentu anda akan mudah kemanapun serta menikmati fasilitas umum. Tentu hal ini akan sebanding dengan harga yang dibandrol cukup tinggi.

Sebaliknya, jika anda memilih rumah yang terletak di pinggir kota, tentu harganya cenderung lebih murah. Namun, hal ini akan menyita waktu anda untuk pergi kemanapun, apalagi anda mungkin kesulitan mencari fasilitas umum seperti mall, sekolah, rumah sakit, dan lain-lain. Untuk itu rumah yang dekat dengan akses kendaraan komersial misal halte bis, terminal, stasiun, pangkalan ojek dapat menjadi pilihan.

4.      Harga yang sepadan dengan sistem pembayaran

Tips lain yang dapat anda lakukan yakni survei di beberapa tempat dengan harga yang hampir sama. Disini anda dapat membandingkan rumah mana yang paling cocok dengan kondisi finansial anda. Bukan hanya harganya yang pas, anda juga perlu mempertimbangkan sistem pembayaran yang diberlakukan, terutama pada sistem KPR (Kredit Pemiliki Rumah).

Pembayaran dengan sistem KPR, biasanya harga total yang harus anda bayar akan melambung tinggi dibanding harga beli tunai.

5.      Kesehatan rumah

Karena akan dihuni bersama keluarga tentu kondisi rumah anda harus mendukung kesehatan penghuninya. Untuk itu ada dapat memperhatikan beberapa hal ini:

  • Sistem drainese dan pengelolaan limbah
  • Adanya ventilasi dan jendela untuk keluar masuknya udara serta sinar matahari yang dapat masuk ke dalam rumah
  • Lingkungan sekitar yang bersih dan selalu terjaga
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *