Property Semarang : Punya Usaha Kecil? Simak Tips Tepat Memilih Ruko Minimalis

Property Semarang : Punya Usaha Kecil? Simak Tips Tepat Memilih Ruko Minimalis

Memilih tempat untuk dijadikan usaha tentu bukan hal yang mudah, karena keterjangkauan sebuah tempat usaha berpengaruh besar terhadap penghasilan yang diperoleh. Untuk itu tak jarang banyak orang yang memilih untuk menyewa sebuah ruko minimalis. Hal ini dikarenakan harganya yang cukup terjangkau membuat pemilik usaha memanfaatkannya untuk mengembangkan usahanya.

Namun untuk memilih ruko minimalis tentu bukan hal yang mudah para pengusaha perlu mencari informasi mengenai letak, kondisi, serta harganya. Akan tetapi, ternyata masih banyak dari mereka yang terkecoh oleh harga namun ruko tak memiliki fasilitas yang memadai.

Bukan hanya itu, kondisi lingkungan yang sepi, lokasi parkir yang terlalu jauh, semakin mempersulit calon pembeli untuk mampir ke tempat anda. Umumnya sebuah ruko memiliki tingkat bangunan 2 sampai 5 lantai. Umumnya terdapat satu lantai yang dijadikan sebagai rumah dan sisanya sebagai tempat usaha atau kantor.

Untuk itu, berikut ini merupakan tips mudah untuk memilih ruko minimalis yang cocok untuk unit usaha anda, yaitu:

1.      Perhatikan lokasi ruko

Lokasi tentu menjadi faktor penentu apakah usaha yang anda bangun akan meraih keuntungan atau justru kerugian. Semakin strategis lokasi ruko anda maka semakin besar keuntungan yang anda peroleh. Adapun 3 faktor yang harus anda pertimbangan antara lain:

  • Kepadatan masyarakat sekitar, usahakan anda memilih lokasi yang padat penduduk. Karena hal ini berkaitan dengan target pasar anda.
  • Besar pendapatan masyarakat di sekitar lokasi. Pastikan target pasar anda sesuai dengan kondisi pendapatan masyarakat di sekitar lokasi karena ini berpengaruh pada daya belinya.
  • Lingkungan, anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar ruko. Karena hal ini berpengaruh pada ketertarikan pembeli terhadap produk anda.

2.      Akses yang mudah

Hal lain yang perlu anda perhatikan dalam memilih ruko adalah akses yang mudah dijangkau oleh siapa saja. cobalah periksa apakah jalanan menuju ke ruko sempit atau rusak? Apakah kemungkinan calon pembeli anda mudah menjangkau ruko, apakah mereka tetap datang meskipun aksesnya tidak mudah?

Ingatlah setiap pelanggan lebih memprioritaskan tempat dimana mereka mudah dan nyaman mengaksesnya. Selain itu, anda perlu memperhatikan jenis transportasi apa yang mereka pakai, apakah angkutan umum, kereta, jalan kaki, atau justru kendaran pribadi.

3.      Area parkir

Untuk meningkatkan keuntungan anda, maka siapkan area parkir yang aman dan nyaman bagi siapa saja yang mengakses ruko anda. Jangan menyediakan ruang parkir yang terlalu sempit. Coba bayangkan jika pembeli anda harus menghabiskan banyak waktu untuk menemui clien di sebuah kafe. Tentu area parkir yang sempit akan mengganggu mereka bukan? Selain itu, usahakan lokasi parkir juga tidak terlalu jauh karena ini akan membuat calon pembeli enggan untuk mampir ke ruko anda.

4.      Kebersihan serta keamanan ruko

Kebersihan dan keamanan tentu menjadi hal yang perlu anda perhatikan dalam membangun sebuah usaha. Bayangkan jika lokasi ruko anda terletak di lingkungan yang kumuh, tentunya calon pembeli anda akan merasa risih dan enggan datang kembali. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan tak ada salahnya jika memang CCTV di area halaman dan dalam ruko.

Sebelum anda memilih ruko tak ada salahnya jika anda bertanya pada masyarakat setempat apakah lokasi tersebut aman atau tidak. Cari tahu tentang frekuensi kejahatan di lokasi calon ruko anda. Bukan hanya aman dari kejahatan, perhatikan pula risiko bencana alam yang mungkin dapat terjadi. Sebab hal ini dapat membuat usaha anda merosot sangat tajam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *