Property Semarang : Pilih Mana Investasi Rumah, Aparteman Atau Tanah?

Property Semarang : Pilih Mana Investasi Rumah, Aparteman Atau Tanah?

Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti dunia investasi khususnya di bidang properti. Jika sebelumnya sempat dibahas tentang tips cerdas menjadi investor bagi pemula. Berikut ini ada tips lain yang membuat anda semakin yakin untuk melakukan investasi properti.

Ada banyak model investasi properti yang bisa anda pilih mulai dari rumah, tanah hingga apartemen. Namun sebagai seorang investor tentu anda harus menimbang-nimbang mana yang lebih menguntungkan? Untuk itu simak beberapa kelebihan yang dimiliki masing-masing berikut ini.

Kelebihan investasi rumah

Saat anda memutuskan untuk berinvestasi tentu ada hal yang perlu anda pertimbangkan selain keuntungan, risiko buruk pun juga perlu diperhitungkan. Untuk itu berikut ini ada beberapa kelebihan yang diperoleh jika anda berinvestasi rumah antara lain:

1.      Dapat dimanfaatkan sendiri serta dijaminkan

Bukan hanya dijadikan sebagai investasi saja, rumah yang anda beli juga dapat anda manfaatkan sebagai tempat tinggal nanti. Selain itu, anda juga bisa menjaminkan rumah tersebut secara legal. Jika sewaktu-waktu anda membutuhkan pinjaman dan uang tambahan pada kondisi tertentu.

2.      Lebih mudah untuk dijual dan disewakan ke orang lain

Kelebihan lain yang dimiliki dari berinvestasi rumah adalah tidak sulit untuk dijual kembali. Seperti yang kita tahu jika rumah merupakan kebutuhan pokok manusia. Atau anda bisa menyewakannya sembari menunggu harga rumah yang akan naik. Menjual rumah pun dinilai lebih mudah dibanding menjual tanah. Hal ini karena kebanyakan orang  lebih menyukai hal yang praktis dan properti yang siap untuk ditinggali tanpa harus melakukan pembangunan dari nol.

Kelebihan investasi tanah

Setelah memahami kelebihan jika anda berinvestasi dalam bentuk rumah. berikut ini ada beberapa kelebihan jika anda berniat untuk berinvestasi tanah, antara lain:

1.      Kenaikan harga yang tinggi

Salah satu daya tarik dari investasi tanah adalah kenaikan harganya yang terbilang tinggi. Biasanya harga tanah akan naik sekitar  20 hingga 25 persen dalam satu tahun. Hal ini tentu cukup menguntungkan bagi investor. Meskipun demikian sangat disarankan anda menjual tanah sekitar 5 tahun dari masa pembelian. Karena bisa saja harga jualnya meningkat sampai 2 kali lipat.

2.      Tidak membutuhkan biaya perawatan

Saat  anda memutuskan berinvestasi tanah, maka keuntungan lain yang diperoleh adalah anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan jika dibandingkan berinvestasi rumah atau apartemen.

Kelebihan dari investasi apartemen

Selain rumah dan tanah, saat ini banyak orang yang melakukan investasi properti dalam bentuk apartemen. Adapun beberapa kelebihan yang diperoleh dari investasi apartemen ini, untuk lebih jelasnya simak berikut ini:

1.      Memiliki fasilitas yang komplet

Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh apartemen adalah fasilitan yang dimiliki. Umumnya pihak pengembang akan melengkapi apartemen dengan area parkir, kolam renang, area bermain anak dan pusat kebugaran atau gym. Fasilitas inilah yang menjadi daya tarik seseorang untuk menyewa atau membalinya. Jika anda tertarik sebaiknya anda membeli apartemen yang sedang tahap pembangunan. Sehingga apabila sudah jadi anda dapat menyewakan apartemen tersebut.

2.      Tak perlu repot-repot merawat secara langsung

Kelebihan lainnya adalah anda akan lebih santai dalam merawat apartemen. Bisnis properti bukan hanya membutuhkan modal awal namun juga biaya perawatan. Sebut saja, listrik, PAM, saluran air, dan lain sebagainya. Namun untuk apartemen sendiri anda tak perlu repot-repot mengurus semua itu sendiri, anda cukup membayar ongkos perawatan sehingga pihak pengembanglah yang akan mengurus semuanya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *