Property Semarang :  Mengapa Sebuah Rumah Perlu Area Penghijauan?

Property Semarang :  Mengapa Sebuah Rumah Perlu Area Penghijauan?

Apakah anda termasuk warga perkotaan? Entah kota megapolitan atau kota kecil sekalipun, hidup di area perkotaan sangat minim area penghijauan. Padahal area hijau sangat diperlukan di area sekitar rumah, ada banyak manfaat yang diperoleh dari penghijauan tersebut.

Bahkan dengan area hijau anda akan merasa lebih betah di rumah karena memiliki pemandangan sekitar yang menyejukkan hati dan mata. Namun tahukah anda jika area hijau sangat penting untuk sebuah hunian? Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Penghijauan untuk rumah

Pehijauan merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan melindungi bumi dari ancaman global warming yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Semakin banyak orang yang tidak peduli dengan penghijauan maka global warming akan semakin menjadi-jadi. Beberapa hal yang dapat meningkatkan suhu panas di bumi antara lain penebangan hutan secara sembarangan, efek rumah kaca, polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan dan cerobong pabrik.

Saat ini sudah banyak kampanye yang menyuarakan penghijauan lingkungan setidaknya untuk lingkungan tempat tinggal. Berbagai komunitas hingga pemerintah berupaya meminimalisir efek pemanasan global.

Alasan mengapa sebuah rumah perlu penghijauan

Selain untuk mendukung kegiatan pelestarian lingkungan, ada beberapa manfaat lain yang diperoleh dari penghijauan area rumah bagi anda dan sekeluarga. Berikut ini adalah manfaat yang membuat anda semakin yakin untuk memiliki area penghijauan di rumah.

1.      Mencegah terjadinya banjir

Sebenarnya banyak hal yang dapat menimbulkan banjir mulai dari penebangan hutan, pembuangan sampah ke sungai, kurangnya sumur resapan pada kota-kota besar dan lain-lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir adalah dengan membuat tempat resapan sendiri di sekitar tempat tinggal anda. Anda dapat menanam pohon di depan rumah atau membiarkan halaman serta anda membiarkan pekarangan rumah memiliki tanah tanpa dikavling. Dengan demikian air hujan dapat meresap ke dalam tanah dan rumah anda terhindar dari banjir.

2.      Mengurangi polusi udara

Polusi udara ternyata bukan hanya dihasilkan oleh kendaraan bermotor atau cerobong pada pabrik, tenyata partikel debu yang ikut terbawa sepatu anda turut ambil peran dalam pencemaran udara. Untuk meminimalisir hal ini sebaiknya tanamlah pohon di lingkungan rumah sehingga debu dan kotoran tidak menyebar dan memicu masalah kesehatan keluarga.

3.      Sarana terapi

Umumnya kehidupan perkotaan sangat erat dengan deadline, terkadang rutinitas sehari-hari terasa begitu melelahkan baik secara fisik ataupun pikiran. Ternyata salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengusir penat akibat pekerjaan yang menumpuk adalah dengan bersantai di taman yang indah di di sekitar tempat tinggal anda. Saat anda melihat kondisi lingkungan yang hijau maka pikiran akan menjadi lebih rileks dan segar kembali.

4.      Memaksimalkan tumbuh kembang anak

Ternyata kondisi lingkungan yang hijau berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak anda. Dengan adanya lingkungan yang aman untuk bermain tentu akan membentuk tubuh anak lebih beradatasi dengan alam. Memiliki ruang hijau terbuka, arena bermain serta jalan lingkungan yang lebar akan menjadi tempat bagi anak bereksplorasi.

5.      Menunjang pola hidup sehat bagi keluarga

Mungkin anda dan keluarga ingin menerapkan pola hidup sehat namun hal itu terkadang terhambat oleh lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan yang gersang dan minimnya udara segar membuat anda merasa malas untuk berolahraga. Rasanya tidak nyaman jika sedang senam pagi namun harus menghirup asap knalpot. Untuk itu memiliki lingkungan hijau di area tempat tinggal sangatlah penting.

Bahkan area hijau menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah. Jika anda hendak membeli rumah baru, maka perhatikanlah lingkungan di sekitarnya. Apakah terdapat penghijauan atau tidak? Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *