Property Semarang : Memiliki Rumah Banyak Bukan Sekadar Pamer, Namun Investasi Masa Depan

Property Semarang : Memiliki Rumah Banyak Bukan Sekadar Pamer, Namun Investasi Masa Depan

Setiap orang tentu memiliki pemahaman mengenai ‘sukses’ yang berbeda. Ada beberapa yang menganggap sukses jika berdasarkan jabatan yang berhasil diraih, jumlah pendapatan perbulan, prestasi tentu hingga banyaknya aset yang dimiliki. Rumah kini bukan hanya tempat tinggal saja, bagi orang-orang yeng memiliki cara pandang out of the box menganggap jika rumah adalah investasi masa depan. Bagi orang biasa memiliki satu rumah yang dihuni seluruh anggota keluarga sudah lebih dari cukup. Namun bagi mereka, memiliki lebih dari satu rumah bukan adalah sebuah keuntungan.

Memiliki banyak rumah bukan hanya sekadar kebanggaan atau dijadikan sebuah ajang pamer kekayaan, hal ini justru menjadi ajang berinvestasi di masa mendatang. Anda dapat mewarisi rumah tersebut pada anak atau cucu anda bila nanti telah hidup berumah tangga. Bukan hanya itu anda juga bisa mendapatkan aliran dana tambahan jika disewakan ke orang lain.

Keuntungan memiliki banyak rumah

Saat ini harga tanah dan bangunan (rumah) dari tahun ke tahun sering kali mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dari analisis harga yang telah direview oleh rumah.com, untuk harga rumah pada kawasan kota besar seperti Jakarta setidaknya mengalami kenaikan 10% sampai 15% setiap tahun. Dari hasil data tersebut dapat dicontohkan harga satu rumah tahun ini berkisar 100 juta rupiah, maka dalam 5 tahun mendatang kemungkinan harga rumah tersebut dapat mencapai nilai 150 juta atau hampir nominal 200 juta rupiah.

Ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh jika memiliki lebih dari satu rumah, antara lain:

1.      Lebih mudah membaginya

Dalam pembagian aset atau harga waris seperti rumah tentu sering menimbulkan masalah yang cukup besar dalam keluarga, khususnya pada kasus rumah peninggalan orangtua yang hanya satu. Hal ini tentu akan berbeda jika anda memiliki lebih dari satu rumah atau mungkin setidaknya tanah/lahan kosong, yang sesuai dengan jumlah anak anda. Tentu hal-hal yang berkaitan dengan perebutan hak waris tak akan terjadi.

2.      Menghindari kecemburuan

Pada keuntungan ini sebenarnya berkaitan erat dengan poin pertama. Apabila masing-masing anak telah memiliki jatahnya masing-masing, maka masalah seperti kecemburuan dapat teratasi. Pembagian rumah umumnya memiliki perbedaan yang tipis, seperti faktor lokasi tentu bukan sebuah masalah yang besar. Bahkan terkadang anak lelaki memiliki ‘bagian’ yang lebih besar, hal ini dikarenkan mereka adalah tulang punggung keluarga yang memiliki tanggung jawab lebih besar.

3.      Stigma ‘tidak menumpang’

Jika anda telah berkeluarga, menempati rumah sendiri dan terpisah dari orangtua atau keluarga mertua merupakan salah satu langkah yang bagus. Bagaimana pun anda perlu proses untuk mengembangkan diri dan hidup bekeluarga dengan baik.

Apalagi saat anda telah memiliki rumah sendiri, maka stigma ‘menumpang di rumah mertua’ akan hilang. Hidup di rumah yang terpisah salah satu langkah untuk membangun keluarga yang harmonis. Saat anda memiliki banyak rumah tentu anda tak perlu khawatir dengan stigma ini.

Bagaimana cara mendapatkan banyak rumah?

Memiliki banyak rumah tentu bukan hal yang mudah, perlu usaha, uang, tenaga dan waktu yang besar. Perlu tekad dan komitmen yang kuat, sebenarnya mencicil rumah bisa anda mulai sedari muda. Di saat usia anda masih mudah cobalah untuk lebih memanfaatkan uang yang dimiliki pada hal-hal yang lebih menguntungkan ke depannya seperti menabung atau berinvestasi.

Selain itu, tak ada salahnya anda giat mencari informasi mengenai bisnis properti dan berbagai lokasi rumah yang sesuai dengan impian anda. Jangan ragu untuk bertanya pada pihak-pihak pengembang meskipun sekadar ingin survei.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *