Property Semarang : Mana Yang Lebih Baik Dipilih? Tinggal Di Area Perumahan Atau Luar Perumahan

Property Semarang : Mana Yang Lebih Baik Dipilih? Tinggal Di Area Perumahan Atau Luar Perumahan

Rumah adalah tempat kita untuk berteduh dari terik panas matahari dan dinginnya air hujan. Memilih rumah tentu bukan hal yang mudah, ada banyak pertimbangan yang anda pikirkan sebelum memilih hunian yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih rumah adalah kondisi lingkungan sekitar tempat anda tinggal yang memadai. Bahkan saat ini kebanyakan orang dihadapkan dengan dua pilihan yakni, tinggal di rumah area perumahan atau di luar area perumahan.

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa mengapa orang-orang memilih kawasan tertentu. Mulai dari harga, lokasi, hingga fasilitas yang ditawarkan. Saat ini sudah banyak pengembang melengkapi fasilitas pada kompleks perumahan seperti taman bermain anak, kolam renang, hingga sistem keamanan 24 jam.

Sedangkan pada rumah yang letaknya di luar area perumahan, cenderung rumah keluarga yang sudah lama dihuni hingga puluhan tahun. Letaknya pun bisa dimana saja, dekat dengan apartemen atau perumahan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki rumah yang terletak di dalam maupun di luar area perumahan. Berikut pertimbangannnya, antara lain:

1.      Harga rumah di dalam komplek perumahan dan di luar kompleks perumahan

Pada dasarnya, harga rumah area perumahan lebih tinggi dibandingkan di luar area perumahan. Baik itu harga tanah maupun harga bangunan hampir satu setengah kali lebih tinggi dibandingkan tanan atau bangunan yang terletak di luar area perumahan.

Hal ini karena tanah dan bangunan dalam area perumahan memiliki legalitas yang lebih lengkap. Selain itu, kawasan perumahan biasanya memiliki infrastruktur yang mendukung dan memadai seperti saluran pembuangan air kotor, jaringan listrik, ruang hijau terbuka, dan lain sebagainya.

2.    Pengurusan dokumen

Jika anda berniat untuk membeli rumah di area perumahan, maka anda tidak perlu mengurus berbagai dokumen rumah mulai dari IMB serta sertifikat Hak Milik. Hal ini karena semua dokumen tersebut telah diurus oleh pihak pengembang. Sedangkan jika anda memilih untuk membeli rumah di luar area perumahan, maka diharuskan mengurus segala dokumen tersebut sendiri.

3.      Desain rumah perumahan dan rumah luar perumahan

Pemilik rumah di lingkungan perumahan tentu mengalami kesulitan atau tidak dapat menentukan desain rumah sesuai dengan keinginannya, anda akan menerima rumah langsung jadi dari pihak pengembang. Bukan hanya itu, umumnya ada aturan yang cukup ketat mengenai perubahan desain rumah yang ada di area perumahan. Untuk itu, anda tidak bisa leluasa merenovasi rumah sesuai dengan keinginan.

Namun jika pilihan anda adalah rumah di luar area perumahan maka, anda dapat membuat desainnya sesuai dengan keinginan. Anda memiliki kebebasa penuh untuk merenovasi rumah. Ini karena anda tidak terikat oleh aturan pengembang. Meskipun demikian anda juga perlu melapor pada Dinas Tata Kota setempat.

4.      Sistem keamanan

Keamanan tentu menjadi salah satu hal yang penting dalam pertimbangan anda sebelum membeli rumah, apalagi jika anda telah berkeluarga. Tinggal dalam lingkungan perumahan tentu tidak perlu diragukan lagi keamanannya. Pengembang memfasilitasi sistem keamanan 24 jam, sehingga akan mudah bagi mereka mengetahui siapa saja yang keluar masuk are kompleks. Bukan hanya itu adanya gerbang utama sebagai satu-satunya akses memasuki area kompleks dapat meminimalisir siapa saja yang ingin bertindak buruk.

Sedangkan tingkat keamanan pada rumah di luar perumahan relatih lebih rendah, karena aksesnya yang terbuka dan siapa pun dapat keluar masuk. Selain itu terkadang tidak ada petugas keamanan yag mengawasi secara intensif.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *