Property Semarang : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Cluster

Property Semarang : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Cluster

Perumahan cluster kini sudah tidak asing bagi kita, semakin banyak pengembang yang menawakan kompleks perumahan cluster dengan harga yang bervariasi serta fasilitas yang lengkap. Rumah cluster merupakan kumpulan beberapa rumah dalam satu kompleks yang dibangun dengan bentuk yang serupa, umumnya rumah cluster tidak memiliki pagar.

Meskipun demikian bukan berarti rumah cluster tidak aman untuk dihuni, setiap pengembang menyediakan sistem keamanan 24 jam yang dilengkapi dengan pintu gerbang utama yang terbatas (hanya 1 – 3 gerbang utama saja). Selain itu, rumah tanpa pagar akan mempermudah anda untuk berinteraksi dengan tetangga sebelah. Sehingga tercipta lingkungan rumah yang akrab bagi keluarga.

Tips sebelum membeli rumah cluster

Namun memilih rumah tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika rumah tersebut akan anda huni dalam jangka waktu yang panjang. Ibarat mencari pasangan hidup rumah pun juga memerlukan kecocokan. Bisa saja anda langsung menyukai rumah tersebut saat pertama kali melihatnya. Namun bisa juga anda memerlukan waktu yang lebih panjang dan berkali-kali melakukan survei untuk menemukan rumah yang diharapkan.

Namun yang jelas pilihlah rumah yang ana sukai dan lingkungan sekitar yang bagus untuk keluarga anda. Untuk membantu anda dalam memilih rumah cluster berikut ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain:

1.      Cari lah informasi mengenai pengembang rumah cluster yang anda pilih

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, sebaiknya ada pelajari lebih lanjut mengenai latar belakang pengembang. Telusuri pula track record yang dimiliki, cobalah cari melalui internet, namun anda juga harus berhati-hati dengan berita palsu yang tersebar bebas. Atau anda bisa bertanya langsung kepada teman atau kerabat yang memiliki pengalaman membeli rumah cluster. Sehingga refrensi anda bertambah, pastikan perusahaan pengembang yang anda percayai tidak memiliki catatan buruk. Sehingga transaksi beli rumah pun berjalan lancar.

2.      Perhatikan lokasi serta tipe rumah yang dipilih

Posisi rumah anda akan menentukan prestasi. Meskipun tawaran dalam brosur atau iklan mengatakan jika dekat dengan lokasi perbelanjaan atau rumah sakit, namun tak ada salahnya anda mengecek secara langsung. Dengan mengetahu lokasi secara langsung, anda dapat memperkirakan apakah lokasi rumah cukup strategis, memiliki akses yang mudah dan mudah dicari oleh tamu anda yang ingin berkunjung.

Setiap rumah juga memiliki desain yang berbeda pada 1 cluster dengan cluster lainnya. Untuk itu pilihlah desain rumah yang sesuai dan nyaman dengan anda sehingga tidak terlalu banyak renovasi yang anda lakukan.

Meningkatkan kenyamanan tinggal di rumah cluster

Setelah anda membeli rumah idaman, tentu anda ingin mencapai tingkat kenyamanan yang maksimal bukan. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda coba:

  1. Renovasi rumah sesuai dengan keinginan. Jika anda ingin melakukan sedikit renovasi entah bagian interior atau eksterior rumah, anda bisa melakukannya dengan perubahan kecil yang bertahap. Seperti bagian taman depan rumah atau ruang tamu.
  2. Tambahkan sistem keamanan. Meskipun ada petugas keamanan yang bekerja 24 jam, namun tak ada salahnya menambah keamanan rumah dengan memasang CCTV.
  3. Hindari rumah dari hewan peganggu seperti tikus atau serangga. Kehadiran tikus atau serangga yang merusak rumah anda tentu sangat mengganggu. Untuk itu pastikan lingkungan rumah anda selalu bersih.
  4. Rajin bersosialisasi dengan tetangga. Meskipun anda disibukan dengan pekerjaan di kantor ataupun tugas rumah. Namun berpartisipasi dengan tetangga sekitar dan menjalin silahturahmi tentu diperlukan. Hubungan tetangga yang baik akan membangun budaya saling tolong menolog dan menjaga satu sama lain.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *