Property Semarang : Ciri-Ciri Lingkungan Perumahan Yang Aman Dan Nyaman Untuk Anda Tinggali

Property Semarang : Ciri-Ciri Lingkungan Perumahan Yang Aman Dan Nyaman Untuk Anda Tinggali

Memilih tempat tinggal tentu bukanlah persoalan yang mudah, namun yang terpenting dalam memilih tempat tinggal adalah kenyamanan dan keamanan bagi siapa saja yang menghuninya. Memilih lingkungan perumahan tentu menjadi salah satu faktor pendukung agar anda dan keluarga dapat beraktivitas dengan lancar setiap hari. Namun tentu ada beberapa kriteria yang harus anda ketahui untuk menentukan apakah lokasi yang kelak anda tinggali benar-benar aman dan nyaman?

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa sebuah rumah lakukan survei lokasi terlebih dahulu, kemudia amati beberapa ciri-ciri lingkungan perumahan yang baik keluarga. Untuk mempemudah anda berikut ini merupakan ciri-cirinya antara lain:

1. Keamanan lingkungan yang dimaksimalkan

Keamanan tentu menjadi poin penting dalam menentukan kemana anda tinggal. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh situs Rumah.com telah tecatat 75 persen responden mempertimbangkan keamanan untuk memilih perumahan terbaik bagi mereka, selain dari faktor harga, lokasi dan akses yang dilalui. Faktor keamanan yang sering ditemui pada perumahan masa kini adalah adanya sistem “one gate system” meskipun masih dikembangkan sampai saat ini namun sudah banyak kompleks perumahan yang menerapkan.

Selain itu, banyak perusahaan properti yang bergerak pada bidang perumhan yang telah mengadopsi keamanan Smart Home. Contohnya pemasangan CCTV, fire alarm, alarm system, hingga panic alarm untuk mencegah kejadian darurat yang bisa terjadi. Apalagi setiap lokasi perumahan memiliki petugas keamanan yang dapat dipercaya.

2. Memiliki sistem pengelolaan lombah yang baik

Ciri lokasi perumahan yang nyaman dapat anda lihat dari sistem pengelolaan limbah rumah tangga yang baik. Pengelolaan limbah dapat dilakukan dengan pemilihan jenis sampah, misalnya saja sampah ataupun limbah rumah tangga organik yang akan dijadikan kompos (pupuk), sampah plastik, serta sampah yang bisa didaur ulang kembali. Bukan hanya sampah saja namun juga air yang digunakan harus anda perhatikan.

Air limbah yang digunakan untuk diperluakan harus memiliki pengelolaan yang tentunya serius, sirkulasi selokan (air kotor) yang kurang baik ditakutkan dapat mencemari kandungan pada air bersih yang ada di area perumahan. Tentu ini akan berdampak buruk pada kesehatan dan kebersihan penghuninya.

3. Akses transportasi publik yang mudah di jangkau

Ciri lain yang menjadi bahan pertimbangan anda adalah akses transportasi umum yang mudah dijangkau. Mulai dari KRL, anggkutan umum (angkot ataupun taxi), akses jalan tol, hingga akses untuk menuju ke transportasi massal (seperti halte Bus). Bahkan saat ini banyak perusahaan properti yang mengembangkan konsep Transit Oriented Development (TOD) untuk lingkungan perumahan.

Tentu adanya itu akan mempermudah anda melakukan aktivitas di luar rumah seperti bersekolah, atau berangkat kerja serta aktivitas lainnya. Dengan akses yang mudah dijangkau tentu anda tidak harus memutar terlalu jauh untuk mencari jalan keluar terbaik sehingga akan menghemat waktu perjalanan.

4. Dekat dengan fasilitas publik

Selain akses yang mudah, hal lain yang harus anda perhatikan adalah jarak rumah dengan pelayanan publik. Pelayanan publik baik dalam bidang kesehatan seperti apotek, rumah sakit, atau klinik kesehatan. Serta layanan publik dalam bidang pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga universitas.

Selain itu jangan lupa dengan pusat bisnis ataupun perkantoran tempat anda bekerja. Selain itu jarak dengan pusat perbelanjaan juga bisa dipertimbangkan seperti pasar modern, supermarket maupun mall. Dan yang tidak kalah penting adalah tempat ibadah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *