Property Semarang : Cara Tepat Mengakali Rumah Yang Sempit Namun Terasa Luas

Property Semarang : Cara Tepat Mengakali Rumah Yang Sempit Namun Terasa Luas

Jika anda berencana membeli sebuah “apartemen” atau “rumah” yang siap dihuni, tentu tidak sedikit kesulitan yang akan anda temui. Misalnya lokasi tempat tinggal dan metode konstruksi bangunan yang harus anda pertimbangkan. Belum lagi, anda juga harus memikirkan ruangan yang nyaman untuk dihuni seluruh anggota keluarga dan yang pasti harga yang ditawarkan haruslah terjangkau. Namun terkadang bentuk ruangan yang ditawarkan memiliki ukuran yang cukup sempit. Tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda dalam mendesain ruangan.

Jika melihat tren rumah sempit yang didesain oleh ALT DESIGN OFFICE yang merupakan kantor arsitek dari negara Jepang. Mungkin masalah seperti yang anda alami diatas dapat anda atasi, apalagi saat ini banyak rumah yang dibangin di lahan sempit dan di tengah-tengah pemukiman yang padat seperti yang ada di kota-kota besar. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk rumah anda dengan lahan yang sempit.

1. Bagian luar rumah dibangun menghadap ke jalan

Bila kita amati rumah-rumah masa kini yang dibangun pada pemukiman yang padat sering dibangun dengan langsung menghadap jalan sebelum seseorang memasuki area rumah. Mungkin agak sulit bagi anda untuk memiliki halaman rumah yang dilengkapi dengan taman kecil dan jalur hijau di sekitarnya. Namun jika anda dapat memaksimalkan fungsi setiap ruangan di rumah tentu bisa saja membuat area hijau di rumah. Salah satu caranya adalah membagi rumah dengan 3 area besar.

Sehingga menciptakan jarak yang cukup luas pada satu ruangan dengan ruangan lainnya, selain itu dapat membiarkan cahaya masuk dalam rumah anda.

2. Akses masuk rumah lewat bagian sudur

Menempatkan teras dalam area kotak kecil yang di depan rumah  merupakan salah satu dari 3 bagian area besar dalam  bangunan rumah anda. Selain itu anda bisa memasang sebuah jendela kecil dekat pintu masuk rumah, akan memberikan kesan menonjol. Selain itu untuk menambahkan kesan hijau anda dapat meletakkan tanaman hijau di samping anak tangga. Hal ini akan memberikan kesan manis di rumah anda.

3. Ruang dimana jalan masuk dan ruang tamu bertemu

Saat anda memasuki bagian rumah umunnya bagian teras dan ruang terpisahkan oleh dinding atau lemari. Anda mungkin bisa mencoba cara ini, pada bagian depan teras, kabinet kayu ditempatkan untuk menaruh sepatu dan beberapa perlengakapan rumah lainnya. Sehingga ruang tamu akan terkesan lebih rapi, sebenarnya gaya rumah ini banyak digambarkan pada serial kartun Jepang seperti Doraemon dan Sinchan. Jalan masuk di dalam rumah yang dibatasi oleh lantai kayu, tentu akan memberikan kesan sederhana dan alami. Di tambah dengan cahaya matahari dapat masuk ke lorong-lorong rumah melalu jendela.

4. Rumah yang fleksbel dan nyamanbagi seluruh anggota keluarga

Sangat penting bagi anda yang memiliki rumah atau apartemen berukuran kecil agar dapat memanfatkan berbagai jarak dan sudut-sudut ruangan. Rencanakan bagaimana membuat rumah anda yang tampak lebih hidup dengan desain yang fleksibel (khususnya untuk rumah dengan gaya seperti rumah Jepang). Anda harus memiliki ruang pembatas bagi anak-anak untuk bermain. Bisa saja anda menempatkan lokasi bermain anak pada area menonton TV, sedangkan ruang tamu anda gunakan untuk mengerjakan tugas kantor saat sedang di rumah.

5. Usahakan mendesain interior rumah yang menyenangkan bagi anak-anak

Ruangan untuk anak-anak terkadang luput untuk dipikirkan beberapa orang, mengingat anak yang masih berusia kecil mungkin membutuhkan ruang gerak yang luas untuk aktif bermain. Selain itu anda juga harus memilih ruangan yang terbuka sehingga mudah bagi anda untuk mengawasinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *