Property Semarang : Berniat Membeli Rumah Untuk Investasi Masa Depan? Simak Langkah Mudahnya

Property Semarang : Berniat Membeli Rumah Untuk Investasi Masa Depan? Simak Langkah Mudahnya

Rumah kini bukan hanya dianggap sebagai tempat tinggal untuk keluarga saja. Rumah kini telah menjelma menjadi slaah satu aset yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentu hal ini menjadi salah satu tabungan yang menguntungkan, tak jarang banyak orang yang mengalokasikan uangnya untuk berinvetasi dalam bidang property seperti ini.

Dengan rumah, anda justru mendapatkan 2 keuntungan yakni pendapatan sewa dan capital gain. Namun untuk mendapatkan kedua keuntungan tersebut tentu bukan hal yang mudah. Terdapat beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat menentukan rumah mana yang akan anda beli untuk investasi masa depan. Untuk itu, berikut ini adalah langkah yang perlu anda perhatikan, antara lain:

1.      Pertimbangkan kondisi finansial yang dimiliki sebelum membeli rumah

Tujuan anda membeli rumah tentu adalah untuk membuat uang menjadi lebih sehat dengan adanya pemasukan dari hasil rumah yang disewakan. Akan tetapi, cobalah pertimbangkan masalah keuangan anda, hal ini merupakan salah satu faktor penting saat anda hendak membeli rumah.

Harga rumah yang anda beli akan menentukan berapa DP yang harus dibayarkan saat ada orang lain akan menyewa rumah tersebut serta berapa cicilan yang harus dibayarkan dalam satu bulan atau satu tahun. Jangan sampai cicilan yang dibayarkan kepada anda secara rutin justru memberatkan kondisi keuangan anda sendiri. jumlah cicilan yang ideal dapat diambil 30 persen dari total penghasilan anda setiap bulannya.

2.      Memilih lokasi dan jenis rumah yang hendak dibeli

Jika anda membeli rumah dengan tujuan untuk investasi masa depan, maka hal yang anda perhaikan adalah lokasi dan jenis rumah. Lokasi yang buruk dan tidak strategis akan sulit menarik calon penyewa rumah anda. Selain itu, perkembangan nilai pun ikut melambat dari rata-rata harga properti pada umumnya. Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan faktor fasilitan yang ada di sekitar rumah, mulai dari saran transportasi, fasilitas umum, akseslibitas, dan lokasi yang strategis.

Apabila anda menargetkan para wisatawan sebagai calon penyewa rumah anda, maka ada baiknya anda memilih lokasi rumah yang jaraknya tak jauh dari tempat wisata. Atau jika anda menargetkan para karyawan yang tinggal di luar kota, maka pilihlah lokasi yang berdekatan dengna pusat bisnis.

3.      Pertimbangkan metode pembiayaan lainnya

Dibandingkan anda meminjam uang di bank untuk membeli sebuah rumah. Ada baiknya anda pertimbangkan untuk meminjam uang dari teman atau anggota keluarga. Pilihan pembiayaan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda pertimbangkan baik-baik.

Kelebihan dari metode pembiayaan ini adalah  anda tidak perlu terbebani pada bunga yang tinggi selama peminjaman. Akan tetapi kekurangnya adalah hubungan antara anda dan teman/keluarga saat tak dapat membayar hutang tepat waktu akan menjadi rusak.

4.      Siapkan asurasi rumah yang anda pilih

Anda tak pernah tahu hal buruk apa yang terjadi pada rumah anda di masa depan. Sebenarnya ada 3 cara untuk mengelola hal buruk tersebut yakni, menghindarinya, mengalihkannya kepada orang lain, atau meminilisir hal itu terjadi.

Asuransi merupakan salah satu cara efektif untuk mengalihkan berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi kepada pihak ketiga. Beberapa hal buruk yang dapat terjadi pada rumah anda antara lain, kebakaran atau bencana alam (gempa bumi, tanah longsor dan lain-lain). Dengan menggunakan jasa asuransi anda akan merasa lebih aman dan tenang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *