Property Semarang :Benar Rumah Anda Sehat Bagi Keluarga? Simak Ciri-Cirinya

Property Semarang :Benar Rumah Anda Sehat Bagi Keluarga? Simak Ciri-Cirinya

Setiap hidup tentu mengalami perubahan baik itu kecil maupun besar, untuk menghadapi perubahan tersebut tentu setiap orang perlu menyiapkan fisik dan mental yang sehat. Untuk menjaga kesehatan tubuh tentu kita perlu memberikan asupan tubuh dengan makanan yang bergizi, rutin berolahraga, serta istirahat yang cukup. Selain itu ternyata ada hal lain yang tak boleh luput dari lingkungan tepat tinggal anda. Ya, lingkungan yang sehat dan terjaga kebersihannya akan meminimalisir pengebaran virus dan bakteri ke penghuni rumah. Namun apakah rumah anda termasuk rumah yang sehat?

Untuk itu anda dapat menyimak beberapa ciri-ciri yang ada di bawah ini:

1.      Material rumah tidak berasal dari bahan yang berbahaya

Ciri rumah sehat yang pertama adalah rumah tidak terbuat dari bahan-bahan yang membahayakan bagi kesehatan. Rumah yang dikatakan sehat apabila mengandung timah hitam tidak lebih dari 300 mg per kg, total debu tidak boleh lebih dari 150 µgm3, serta asbes bebas di rumah anda tidak boleh melebihan 0,5 fiber per m3 per 4 jam.

2.      Tidak ada genangan air dalam rumah

Saat ini kita telah memasuki musim penghujan, tentang genangan air sangat mungkin terjadi. Genangan air tentu akan mengundang nyamuk untuk bertelur, tentu anda tidak ingin anggota keluarga terserang gigitan nyamuk apalagi sampai menderita demam berdarah atau malaria. Untuk itu usahakan agar ada air jernih yang mengalir di halaman rumah anda. Jika anda memiliki kolam di rumah, maka disarankan untuk melihara ikan. Tujuannya agar ikan memakan setiak larva atau telur nyamuk sehingga air tetap jernih. Selain itu, selalu ganti tempat penyimpanan air secara teratur.

3.      Kamar tidur yang tidak gelap di siang hari

Ciri selanjutnya adalah kondisi dalam rumah yang tidak terlalu gelap seperti kamar pribadi. Kurangnya paparan cahaya matahari akan mengganggu konsentrasi penghuni rumah. Usahakan di pagi dan siang hari sinar matarhi dapat masuk ke kamar tidur anda. Hal ini akan membantu anda rutin bangun pagi dan melancarkan kinerja otak serta metabolisme dalam tubuh.

4.      Dapur yang bersih dan bebas dari tikus

Seindah apapun rumah anda jika tidak didukung dengan dapur yang bersih tentu semuanya akan sia-sia. Ingat dapur bisa menjadi sumber penyakit jika tidak dirawat dengan baik. saluran limbah air untuk cuci piring tidak boleh tersumbat dan meninggalkan bau. Selain itu busa/spons pencuci piring serta kain lap juga sering diganti atau dicuci. Karena kedua benda tersebut adalah sarang kuman, ada baiknya rumah anda memiliki penyedot udara. Selain itu tutup cela-cela rumah dapur agar tikus tak dapat masuk.

5.      Rumah memiliki ventilasi udara

Umumnya luas total ventilasi rumah yang ideal setidaknya 10% dari luas tanah yang ada dalam setiap ruangan. Entah itu kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, gudang, garasi, ruang keluar dan ruangan lainnya. setiap ruangan perlu memiliki ventilasi agar sirkulasi udara ruangan menjadi lancar.

6.      Kamar mandi kedap air

Kamar mandi tentu menjadi komponen yang penting dalam rumah. Untuk itu, dinding dan lantai kamar mandi sebaiknya berlapis material yang kedap air dan mudah dibersihkan. Selain itu, saluran pembuangan air pun juga harus lancar dan diperhatikan. Tujuannya agar limbah kamar mandi tidak mencemari sumber air dan permukaan tanah.

Bagaimana informasi di atas, semoga bermanfaat bagi anda yang hendak menjaga kebersihan rumah atau yang ingin memiliki rumah baru.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *