Property Semarang : 5 Tips Mengatasi Pintu Berkarat Saat Musim Hujan

Property Semarang : 5 Tips Mengatasi Pintu Berkarat Saat Musim Hujan

Pintu yang dibuat dari bahan besi, contohnya seperti pagar yang pastinya akan terkena air hujan. Maka lama kelamaan akan terkena korosi. Korosi yang tidak diperhatikan secara terus menerus akan mengakibatkan pengikisan pada lapisan besi, sehingga membuat pintu menjadi hancur dan tidak dapat digunakan lagi. Maka dari itu, kalian harus mengeluarkan budget untuk melakukan pembelian pintu lagi.

Jika kalian ingin mengusahakan untuk menghilangkan korosi pada pintu besi, cobalah sejumlah cara berikut ini:

  1. Gunakan Garam, Bubuk Soda Kue dan Air Jeruk.

Ketiga bahan itu bisa kalian kombinasikan dengan takaran separo sendok garam, separo sendok bubuk soda kue dan sedikit air perasan jeruk. Setelah bahan tadi tercampur dan sudah siap, oleskan ke semua bagaian-bagian yang berkarat. Diamkan beberapa menit agar terjadi reaksi yang menciptakan karat mulai memudar. Setelah itu lap dengan lap yang kering dan karat hilang.

  1. Gunakan Cuka Putih Atau Cuka Biasa

Cara menggunakannya dengan cara menyiram jika bagian karat sudah lebar. jika karat tidak terlalu lebar, berikan cuka pada lap lalu gosokan pada benda yang berkarat tersebut. Penggunaan cuka putih lebih cepat daripada menggunakan cuka biasa.

  1. Asam Oksalat

Dalam pemakainnya kalian harus memakai sarung tangan terlebih dahulu, tidak boleh sampai terkena cipratan dari bahan ini karena cukup membahayakan untuk tubuh jika berinteraksi secara langsung. Untuk teknik pemakaiannya, campurkan bahan dengan air panas kemudian siramkan larutan tersebut pada benda yang berkarat. Tunggu beberapa saat agar keduanya saling bereaksi. Setelah itu kerjakan penggosokan dengan memakai spons berbahan dasar alumunium foil, berbahan dasar kawat serta menggunakan lap yang kering.

  1. Asam Sitrat

Bahan ini berbentuk bubuk, cara penggunaannya dengan penggabungan asam sitrat dengan air dan aduk sampai rata. Lalu siramkan larutan itu pada unsur yang berkarat, biarkan dalam masa-masa semalam supaya dapat saling berinteraksi secara maksimal. Setalah itu diamkan terlebih dahulu.  Setah cukup lama gosok seperti no 3 diatas, ulangi jika masih terdapat sedikit karat yang tersisa.

  1. Ampelas

Bahan ini sangat simple didapatkan  jika bahan-bahan diatas tidak bisa didapatkan. Cara mengguanakan ampelas cukup mudah, gosok-gosok pada unsur yang berkarat tersebut memakai ampelas hingga tidak terdapat karat sedikit juga, kemudian bersihkan dengan air.

Cukup Mudah kan ? kalian dapat menghilangkan karat-karat pada besi dengan menggunakan bahan-bahan yang ada ditoko bangunan di sekitar kalian. Murah, efisien dan cepat. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *