Property Semarang : 5 Tips Memilih Kompleks Perumahan Bagi Keluarga Masa Kini

Property Semarang : 5 Tips Memilih Kompleks Perumahan Bagi Keluarga Masa Kini

Setelah anda menikah tentu akan banyak pembahasan yang didiskusikan bersama pasangan, salah satunya adalah tempat tinggal. Tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, tentu untuk memilih hunian yang cocok bagi anda dan pasangan bukan hal sepele dan mudah. Sebab rumah yang anda tinggali bukan hanya mementingkan aspek kenyamanan bagi kedua pasangan saja, namun juga untuk perkembangan anak-anak anda kelak.

Saat ini banyak sekali kompleks perumahan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan properti. Dimana masing-masing hunian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu diperlukan kejelian dan kehati-hatian anda baik dalam aspe memilih lokasi, developer, hingga seluk beluk kondisi rumah.

Ingatlah jika rumah yang anda pilih berkaitan dengan seluruh anggota keluarga, semua kebutuhan dan kenyamanan diri anda sendiri, pasangan, dan anak-anak harus diperhatikan. Namun yang menjadi persoalan bagaimana cara memilih perumaan yang terbaik untuk keluarga? Berikut ini merupakan tips yang bisa dicoba antara lain:

1. Lakukan survei terlebih dahulu

Sebagai tahao awal untuk memilih kompleks perumahan terbaik, yang harus anda lakukan adalah survei terlebih dahulu. Pada saat ini adan dapat melakukan perbandingan antara satu perumahan dengan lainnya baik dari segi harga rumah, lokasi, dan fasilitan yang ditawarkan. Saat melakukan survei anda dapat mengecek lokasi perumahan dengan melihat brosur yang dijajakan pada anda. Jika anda tidak mendapatkan brosur, maka cobalah akses informasi melalui internet, kunjungi situ website resmi perumahan yang anda inginkan.

Selanjurnya anda dapat melakukan perbandingan, jika anda telah melakukan survei melalui brosur dan situ website. Mulailah melakukan survei secara langsung ke lokasi perumahan, dengan demikian anda dapat mengetahui secara langsung kondisi dan lokasi calon rumah anda. Manfaatkan momen tersebut untuk bertanya-tanya kepada perusahaan properti sehingga semakin banyak informasi yang anda dapatkan.

2. Cek kondisi rumah yang anda pilih nanti

Mengingat point nomer 1, kondisi rumah adalah hal yang sangat penting untuk anda perhatikan jika ingin memiliki rumah terbaik. Apabila anda membutuhkan rumah yang siap dihuni langsung tentu anda saat ini anda harus mencari rumah yang siap ditinggali. Akan tetapi jika anda memiliki rencana untuk tinggal dalam 1 atau 2 tahun ke depan, maka anda dapat lebih leluasa mencari rumah dengan kondisi inden.

Ada beberapa spesifikasi yang harus anda perhatikan, apakah rumah sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga, misalnya jumlah kamar, jumlah carport, atau luas ruangan.

3. Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan properti

Fasilitas yang diberikan setiap perusahaan properti tentu berbeda-beda. Anda harus memperhatkan hal ini sebagai tolak ukur mana perusahaan yang bisa anda percaya dalam memberikan fasilitan di perumahan yang anda pilih nanti. Contohnya dari sistem keamanan, ketersediaan air bersih,akses jalan yang mudah dijangkau, serta pengelolaan limbah rumah tangga yang baik.

4. Arah serta posisi rumah

Hal ini terkadang disepelekan oleh sebagian orang. Padahal posisi rumah sangat menentukan baik dari harga maupun pengembangannya. Arah rumah anda pun juga harus diperhatikan, apakah sinar matahari dapat masuk agar anda memperoleh udara yang sehat.

5. Sistem pembayaran yang mudah

Tahap ini tentu sangat krusial bagi anda, pilihlah perumahan yang memiliki sistem pembayaran yang mudah. Salah satu tolok ukur yang dapat anda gunakan adalah apakah perusahaan properti memberikan fasilitan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank terpercaya.  Selain itu, anda harus memperhatikan status tanah dan bangunan calon rumah anda, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *