Property Semarang : 3 Hal Yang Harus Kalian Perhatikan Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kali

Property Semarang : 3 Hal Yang Harus Kalian Perhatikan Saat Membeli Rumah Untuk Pertama Kali

Jika hal ini menjadi kali pertama kalian membeli rumah, mungkin kalian akan sedikit bngung apa saja yang harus dilakukan.  Ada beberapa hal yang menjadi sebuah pertimbangan saat akan membeli rumah antara lain :

  1. Uang Tanda Jadi

Beberapa developer biasanya akan menentkan besar uang untuk tanda jadi. Tpi, jika kalian tidak membeli dari developer, misalnya dari pasar sekunder, penjual property dapat menentukan besar uang tanda jadi. Pengembang/developer akan memberikan sebuah formulir pesanan unit yang didalamnya tertera jadwal pemayaran uang tanda jadi dan pelunasan uang muka. Formulir ini harus ditulis dengan jelas dan disetujui oleh pihak penjual dan pembeli. Jadwal pembayaran juga sangat penting ketika kalian berencana untuk membeli rumah dengan program cicilan.

  1. Uang Muka

Kalian perlu melunasi uang muka jika kalian ingin membeli rumah dari developer. Untuk rumah yang dibeli dari pasar sekunder, bank biasanya sudah menentukan besar uang muka yang harus dibayarkan kepada penjual langsung kurang lebih 20-50%.

Kalian sebaiknya berhati-hati dalam mengatur waktu pembayaran uang muka. Pastikan juga akad-kredit kalian sudah disetujui oleh pihak bank, sebelum kalian membayarkan uang muka kepada penjual rumah.

  1. Analisa Resiko Kredit

Sebelum permohonan KPR disetujui, bank akan menganalisa terlebih dahulu kredit untuk mengukur kemampuan cicilan kalian. Biasanya, besar angsuran per bulan tidak boleh melebihi dari sepertiga pendapatan suami, isteri atau bisa dari gabungan keduanya. Verifikasi akan dilakukan melalui pemeriksaan rekening koran selama 3-6 bulan terakhir. Hal ini bertujuan untuk melihat pengeluaran bulanan kalian. Tidak sampai disitu saja, bank akan melakukan wawancara terhadap kalian dan ditambah dengan kroscek rujukan yang kalian berikan. Setelah itu bank juga melakukan pengecekan ke Bank Indonesia.

Itulah hal-hal yang harus kalian perhatikan saat membeli rumah pertama kalinya. Hal ini akan mempermudahkan kalian untuk memiliki rumah baru. Apalagi jika kalian baru saja menikah, pasti kalian merasa senang dengan memiliki rumah baru bersama istri tercinta. Semoga bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *