Perlunya Berpisah Rumah Dengan Orang Tua Maupun Mertua

Perlunya Berpisah Rumah Dengan Orang Tua Maupun Mertua

Banyak orang yang tidak dapat memiliki rumah secara langsung ketika mulai berumah tangga. Sehingga kebanyakan pasangan muda masih tinggal dengan orang tua maupun mertua. Meskipun terlihat menyenangkan, tetapi banyak masalah yang mungkin timbul didalam rumah. Yang paling klasik adalah munculnya konflik antara menantu dengan mertua.

Perlunya Berpisah Rumah Dengan Orang Tua Maupun Mertua

Sumber: Unsplah

Tidak jarang juga yang terjadi adalah rasa nyaman untuk meninggalkan rumah masa kecil. Semua fasilitas yang sudah tersedia sebelumnya membuat banyak pasangan muda yang terlena dan enggan keluar dari zona nyaman. Padahal banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda berpisah rumah dari orang tua ataupun mertua.

Dibawah ini akan dibahas mengenai empat alasan mengapa Anda harus keluar dari rumah orang tua ataupun mertua.

a.                  Hidup Mandiri

Senyaman apapun tinggal bersama dirumah orang tua ataupun mertua, lebih nyaman jika tinggal berdua bersama pasangan di rumah sendiri. Kehidupan privasi lebih terjaga karena tidak ada campur tangan pihak lain, seperti orang tua ataupun mertua didalam rumah.

b.                  Bangga

Pasangan yang memilih untuk tinggal sendiri akan membuat bangga orang tua dan juga mertua. Anda dan pasangan akan dianggap mampu berdiri sendiri tanpa bantuan dari mereka. Rasa bangga yang tercipta tentu saja akan membuat orang tua menjadi bahagia.

c.                  Lebih Semangat

Anda dapat membeli rumah dengan cara kredit ataupun menyewa rumah. Apapun caranya, hal ini akan membuat Anda semakin bersemangat untuk bekerja untuk melunasi cicilan maupun tagihan setiap bulannya.

d.                  Investasi

Dengan memiliki rumah sendiri, selain Anda dan pasangan dapat hidup lebih mandiri, Anda juga langsung melakukan investasi. Hal ini karena harga rumah yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Namun terkadang ketika Anda terbiasa tinggal bersama orang tua, ada rasa malas untuk pindah dan memulai hidup mandiri. Muncul banyak kekhawatiran akan kemampuan untuk hidup mandiri dan memulai dari awal kembali. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar Anda segera pindah dan hidup mandiri:

1.                  Mengontrak rumah

Jika memiliki keterbatasan dana untuk membeli rumah, Anda dapat mengontrak rumah. Rumah kontrak jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa apartemen. Selisih biayanya dapat Anda gunakan untuk kepentingan yang lain.

2.                  Menabung

Jika Anda memiliki keinginan yang kuat untuk dapat hidup mandiri, mulailah menabung untuk mencicil uang muka rumah. Biasakan untuk rutin menabung sebesar 30% dari total penghasilan. Jika mendapatkan THR ataupun bonus dari kantor, jangan gunakan untuk berfoya-foya, tetapi langsung masukan ke dalam tabungan. Pembayaran uang muka dengan jumlah yang besar akan meringankan cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

3.                  Berhemat

Rubah gaya hidup menjadi lebih sederhana mulai dari sekarang. Kurangi kegiatan yang menghabiskan banyak uang tanpa ada manfaatnya. Gunakan uang yang biasanya digunakan untuk gaya hidup untuk menabung. Dengan demikian target menabung untuk uang muka rumah dapat segera terpenuhi.

4.                  Mengajukan KPR

Jika uang muka sudah terkumpul, Anda dapat mencari rumah dan juga mengajukan KPR. Pilih rumah yang tidak terlalu besar. Rumah yang sederhana memiliki harga yang lebih murah. Sesuaikan besar cicilan dengan kemampuan bayar. Sehingga tidak akan membuat kredit macet di kemudian hari.

5.                  Mencari Penghasilan Tambahan

Memiliki sebuah rumah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada baiknya jika Anda dan pasangan mencari penghasilan tambahan untuk membayar cicilan rumah. Tetapi harus dipastikan juga jika pekerjaan sampingan Anda tidak mengganggu pekerjaan utama.

Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dan juga mertua merupakan sebuah kebanggan. Meskipun perlu kerja keras ketika menjalaninya, tetapi Anda akan merasakan banyak keuntungan di kemudian hari. Kami memiliki banyak pilihan rumah yang dapat Anda miliki dengan berbagai variasi harga. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *