Pengantin Baru Simak Sampai Akhir Cara Investasi Yang Bisa Dipertimbangkan

Pengantin Baru?  Simak Sampai Akhir Cara Investasi Yang Bisa Dipertimbangkan

Membangun rumah tangga tentu bukan hanya cinta dan kasih sayang saja. Ada banyak elemen yang perlu dipelajari, mulai dari parenting, komunikasi, keintiman, dan finansial. Memulai hubungan rumah tangga bagi pasangan yang baru saja menikah tentu akan ada banyak hal yang perlu disiapkan. Kedua pasangan harus memiliki rencana setelah menikah, salah satu rencana yang harus diperhitungkan dengna baik adalah perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan bukan hanya melingkupi penghasilan kedua pasangan saja. Ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhitungkan secara matang seperti jumlah tabungan, besarnya hujan, serta peluang investasi.

Pengantin Baru Simak Sampai Akhir Cara Investasi Yang Bisa Dipertimbangkan

Sumber : Unsplash

Terkadang karena gejolak asmara yang masih membara beberapa pasangan melupakan kondisi finansial rumah tangga. Apalagi pesta pernikahan sering memakan biaya yang tak sedikit, sehingga kondisi keunganan rumah tangga perlu dirancang sesegera mungkin. Jika anda memang tak memiliki hutang akibat pesta pernikahan yang digelar dan justru memiliki uang tabungan tak ada salahnya melakukan investasi.

Merencanakan investasi bersama pasangan memang harus dipikirkan dan dipertimbangkan matang-matang. Ada banyak model investasi yang bisa dipilih sebagai salah satu cara mengalokasikan uang dengan baik. Meskipun kita sering mendengar kabar berita investasi yang menguntungkan, akan tetapi kita perlu cermat dan berhati-hati dalam memilih investasi apa yang baik untuk pengantin baru. Berikut ada adalah cara investasi yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

1.      Maksimalkan hadiah pernikahan

Biasanya setelah merayakan pesta resepsi, anda dan pasangan akan mendapatkan banyak hadiah dari para tamu undangan. Hadiah tersebut bisa berupa perabotan, aksesoris pasangan, hingga uang tunai.

Nah, anda bisa memanfaatkan uang tunai tersebut untuk keperluan investasi. Cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan anda, apa yang akan direncanakan dengan uang tersebut. Setelah itu, pilihkan instrumen investasi yang tepat, serta berapa persen jumlah yang yang akan diinvestasikan dan akan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dengan demikian, uang hadiah ini tidak akan terbuang secara percuma.

2.      Lunasi hutang

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat, pesta pernikahan terkadang meninggalkan hutang. Jika anda bisa melunasinya sendiri setelah pesta berakhir tentu itu sangat bagus. Namun, jika ternyata anda belum memiliki dana yang besar untuk menutup hutang tersebut. Sebaiknya hadiah pernikahan anda gunakan untuk melunasinya terlebih dahulu, sebelum melakukan investasi. Beban hutang yang besar akan membuat kondisi finansial anda menjadi tidak stabil. Untuk itu, sebelum membahas investasi, lunasilah semua hutang-hutang anda dulu.

3.      Rancang tujuan investasi

Setelah semua hutang lunas, hal yang perlu anda siapkan adalah menentukan tujuan investasi. Pada dasarnya ada 2 jenis investasi yakni jangka panjang dan jangka pendek. Investasi jangka pendek umumnya digunakan untuk tujuan seperti membeli kendaraan, berlibur, atau bulan madu. Sedangkan investasi jangka panjang bertujuan untuk biaya pendidikan anak, masa pensiun, dan membeli rumah.

4.      Tentukan instrumen investasi mana yang akan dipilih

Jika anda dan pasangan sudah menentukan apa tujuan yang ingin dicapai saat berinvestasi nanti. Maka langkah selanjutnya adalah menentukan instrumen investasi mana yang cocok dengan anda dan pasangan. Anda bisa memilih instrumen investasi seperti: reksadana, emas, deposito, dan tentunya rumah.

Jenis investasi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, namun sepakati bersama instrumen mana yang paling cocok. Ingat jenis investasi kecil memiliki risiko yang kecil, begitupun sebaliknya.

5.      Investasi rumah adalah pilihan yang bijak dan tepat

Berkaitan dengan poin sebelumnya, rumah merupakan instrumen investasi yang bisa anda pertimbangkan bersama pasangan. Rumah sangat cocok untuk dijadikan investasi bagi pasangan yang baru menikah. Mengingat jika salah satu hal yang perlu dibutuhkan oleh pasangan baru adalah hunian yang nyaman dan tidak menumpang dengan orangtua. Rumah selain menjadi investasi, juga bisa menjadi tempat bagi anda dan keluarga tinggal hingga masa tua nanti. Untuk itu, tak ada salahnya jika anda dan pasangan mulai mempertimbangkan rumah sebagai bentuk investasi jangka panjang.

Demikian tips yang dapat dibagikan. Jika anda berminat untuk berinvestasi dalam bentuk rumah, namun dana yang dimiliki belum besar. Tak perlu khawatir, anda bisa menghubungi kami fasindoproperty.co.id kami menyediakan skema pembayaran KPR yang akan mempermudah anda memperoleh hunian yang aman dan nyaman. Kami hadir di kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Cibinong, Jepara, dan Bali. Kami adalah agen property yang dapat anda percayai.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *