Memanfaatkan Dana Pensiun Untuk Investasi Jangka Panjang, Mana Yang Sebaiknya Dipilih?

Memanfaatkan Dana Pensiun Untuk Investasi Jangka Panjang, Mana Yang Sebaiknya Dipilih?

Pensiun memiliki arti tidak bekerja lagi karena masa tugas telah selesai. Pensiun cenderung di kenal untuk pekerja kantoran, karena dibatasi oleh usia bekerja. Usia 55 – 60 tahun merupakan usia pensiun yang digunakan saat ini. Sehingga ketika mencapai  usia tersebut, Anda akan pensiun dari pekerjaan profesinal Anda.

Masa ini merupakan masa yang baru bagi seseorang. Banyak aktivitas yang biasa dilakukan menjadi berhenti dan digantikan kegiatan lain. Umumnya di masa pensiun banyak orang yang melakukan kegiatan baru untuk mengisi waktu luang, seperti menggeluti hobi, atau belajar kesenian. Saat pensiun adalah saat untuk menikmati semua jerih payah yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun sebelumnya. Apalagi jika sebelum masa pensiun, Anda sudah menyiapkan kebutuhan di masa tua termasuk perihal finansial. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir akan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Memanfaatkan Dana Pensiun Untuk Investasi Jangka Panjang, Mana Yang Sebaiknya Dipilih?

Sumber: Unsplash

Namun tidak banyak orang yang paham bagaimana mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Kebanyakan orang hanya berfokus untuk kehidupan di masa sekarang dan lupa untuk menyiapkan dana pensiun. Sehingga ketika masa pensiun tiba, masih banyak yang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal dengan usia sudah tua dan kesehatan yang semakin menurun, hal ini tentu membuat produktivitas lebih rendah dibanding masa muda.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan masa pensiun sejak dini. Cara sederhana untuk mempersiapkan masa pensiuan adalah dengan menyisihkan pendapatan untuk program dana pensiun atau membeli instrumen investasi yang bernilai tinggi. Ada banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk persiapan masa pensiun Anda, salah duanya adalah investasi rumah atau deposito. Namun kira-kira mana yang paling cocok dengan anda?

Investasi Rumah

Investasi rumah merupakan salah satu investasi yang paling menguntungkan. Karena setiap tahun harga tanah mengalami kenaikan, secara otomatis harga bangunan akan ikut naik. Dengan adanya perawatan dan desain yang baik akan menjaga nilai investasi tersebut.

Letak rumah yang strategis dan memiliki akses yang mudah untuk menuju tempat lain akan memiliki kenaikan nilai yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan rumah yang terletak di tempat yang sulit di akses dan jauh dari pusat perkotaan.

Jika Anda berminat investasi rumah untuk masa pensiun, maka jangan membeli rumah bersubsidi. Rumah subsidi dibangun pada lokasi yang tidak spesial, sehingga harganya tidak akan mengalami kenaikan yang tinggi. Tujuan rumah subsidi dibangun hanya untuk ditinggali saja dan bukan untuk investasi.

Pilih rumah yang berada dekat dengan pusat kota dan fasilitas umum. Lokasi seperti ini akan mengalami pertumbuhan yang potensial dan kenaikan harga cukup cepat. Rumah seperti ini yang cocok untuk dijadikan investasi, jika suatu saat anda ingin menjual rumah tersebut, maka akan lebih banyak keuntungan yang diperoleh. Selain dapat dijual kembali, rumah juga bisa anda tinggali sendiri apabila ingin hidup terpisah dengan anak. Atau anda juga bisa mewariskannya ke anak dan cucu kelak.

Deposito

Investasi lain yang dapat anda pilih untuk masa tua adalah deposito. Dana yang dikelola pada deposito akan lebih aman, dibanding disimpan sendiri. Karena deposito Anda tidak dapat menarik semua dana yang dimiliki. Ada tenor yang digunakan dalam deposito, yaitu 1,3,6,12, dan 24 bulan. Pengambilan dana hanya dapat dilakukan setelah periode tersebut terlewati. Jika Anda mengambil dana sebelum jatuh tempo, maka anda akan dikenakan biaya pinalti yang cukup besar. Dengan demikian Anda menjadi lebih displin, karena dana tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu.

Selain itu bunga deposito lebih besar jika dibandingkan dengan suku bunga tabungan. Deposito juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan nilai hingga 2 milyar rupiah. Dengan adanya jaminan tersebut Anda tidak perlu khawatir akan dana yang disimpan.

Mempersiapkan dana pensiun tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan finansial anda saat ini. Jangan sampai karena Anda fokus untuk mempersiapkan dana pensiun, kebutuhan Anda saat ini justru tidak tercukupi dengan baik. Untuk itu manajemen keuangan adalah hal yang penting sebelum melakukan investasi jangka panjang.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *