Mau Punya Kolam Renang Sendiri Di Rumah Cek Dulu Tips Berikut Ini

Mau Punya Kolam Renang Sendiri Di Rumah? Cek Dulu Tips Berikut Ini

Ketika siang hari dan cuaca sangat panas yang paling seru adalah bermain air ataupun berenang. Dengan begitu badan akan merasa segar karena suhu tubuh menjadi dingin. Untuk bisa berenang tentu saja Anda harus pergi ke kolam renang umum terdekat. Namun berulang kali pulang pergi ke kolam renang tentu saja tidak lah praktis dan menghabiskan banyak waktu dan uang.

Mau Punya Kolam Renang Sendiri Di Rumah Cek Dulu Tips Berikut Ini

Sumber: Unsplash

Jika sering menghabiskan waktu di kolam renang dan memiliki sisa lahan di halaman rumah, Anda dapat membuat kolam renang sendiri dirumah. Selain lebih berhemat, Anda juga dapat menghemat banyak waktu.

Membuat kolam renang sendiri di rumah sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Yang penting Anda mengetahui tips-tips berikut ini:

1.                  Menentukan ukuran kolam renang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran kolam renang. Ukuran kolam ini yang akan menentukan besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Ukuran kolam juga harus disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah. Jangan sampai kolam renang tidak mencukupi semua penghuni rumah. Umumnya rumah yang memiliki penghuni berjumlah empat orang membutuhkan ukuran kolam renang 5 meter.

Ketika menentukan ukuran kolam renang, jangan lupa untuk menyisakan lahan pada ujung kolam yang akan digunakan sebagai pijakan. Akan lebih baik jika menggunakan rasio 2:1 untuk menentukan ukuran kolam terhadap luas lahan.

2.                  Menentukan kedalaman kolam renang

Setelah menentukan ukuran kolam, sekarang saatnya menentukan kedalaman kolam yang akan di buat. Untuk Anda yang memiliki anak kecil, kolam dapat dibuat dengan ukuran 0,5 – 1 Meter. Tetapi jika untuk orang dewasa, Anda dapat membuat kolam dengan kedalaman 1,5 – 2 meter. Jika terdapat lahan yang mencukupi dan ingin menggabungkan kolam anak-anak dan kolam dewasa, sebaiknya buatlah tanjakan diantara keduanya.

3.                  Memilih sirkulasi air

Memilih sirkulasi air yang tepat merupakan salah satu syarat mutlak untuk membuat kolam renang. Sirkulasi ini dibuat untuk menjaga ketinggian air agar tetap jumlahnya ketika digunakan. Air yang keluar dari kolam akan disalurkan kembali kedalam kolam. Selain itu kebersihan air di kolam renang akan tetap terjaga karena tersedia filter air di dalam sirkulasi air yang dibuat.

Ada dua jenis sistem sirkulasi air pada kolam renang:

a.                            Skimmer

Sirkulasi ini sangat cocok digunakan untuk kolam renang berukuran kecil, dimana ketinggian kolam lebih tinggi dari permukaan air. Sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan penampung air, hanya cukup menggunakan skimmer box yang ditempatkan pada dinding kolam.

b.                                Overflow

Sebaliknya, sistem overflow sangat cocok digunakan untuk pembuatan kolam renang besar. sistem ini bekerja dengan cara menampung air yang tumpah ke dalam saluran air di sekeliling kolam (gutter). Air yang sudah masuk ke dalam penampungan kemudian akan dialirkan lagi kedalam kolam setelah melalui proses penyaringan.

4.                  Menyesuaikan kolam renang dengan permukaan lantai

Saat ini banyak sekali jenis kolam renang dengan lebih tinggi daripada permukaan tanah. Padahal menggunakan jenis kolam renang ini memiliki resiko tinggi untuk tergelincir. Lebih baik jika menggunakan kolam renang yang lebih rendah daripada permukaan lantai sekitarnya.

5.                  Memilih pelapis kolam renang

Ketika membuat kolam renang jangan sepelekan pelapis yang akan digunakan. Karena pelapis ini yang akan membuat kolam renang menjadi tahan lebih lama dan tidak bocor. Sampai dengan saat ini keramik merupakan salah satu bahan yang paling sering dipakai sebagai pelapis kolam renang. Harga, biaya pemasangan dan perawatan keramik sangat murah. Selain itu keramik juga tersedia dalam bentuk dan motif yang beraneka ragam, sehingga membuat tampilan kolam renang semakin cantik

Demikian tips yang dapat Anda ikuti saat akan membuat kolam renang sendiri di rumah. Dengan tips diatas Anda dapat membuat kolam renang dengan biaya yang lebih hemat namun tetap nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian yang dekat dengan fasilitas kolam renang umum dan tempat hiburan lainnya. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *