Lebih Baik Ajukan DP Rumah Ke Pengembang Atau Bank

Lebih Baik Ajukan DP Rumah Ke Pengembang Atau Bank?

Pandemi yang berkepanjangan membuat perekonomian tidak kunjung membaik. Untuk meningkatkan penjualan di bidang properti, pemerintah memberikan kemudahan dengan menurunkan tingkat suku bunga KPR. Bahkan ada beberapa bank yang saat ini sudah menjalankan KPR dengan DP nol persen. Tidak semua bank memberikan fasilitas seperti itu, tetapi hanya bank tertentu saja.

Lebih Baik Ajukan DP Rumah Ke Pengembang Atau Bank

Sumber: Unsplash

Dengan celah yang tersedia, beberapa pengembang memanfaatkan hal tersebut untuk mendongkrak penjualan properti yang mereka miliki. Yaitu dengan menyediakan DP yang dapat pembayarannya dapat dicicil secara langsung antara pengembang dengan calon pembeli.

Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan dari bank dan juga pengembang, dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan membeli sebuah rumah. Pembayaran DP nol persen dilakukan di bank atau langsung dengan pengembang.

Mekanisme Pembayaran

Untuk mekanisme pinjaman yang diberikan pihak bank ataupun pengembang cenderung memiliki banyak kesamaan. Hanya ada sedikit perbedaan untuk pembayaran sisa DP saja.

Ketika menggunakan pembayaran DP kepada pihak bank, mereka akan melakukan pemeriksaan sejak awal mengenai riwayat kredit yang Anda miliki. Apakah dapat diberikan pinjaman atau tidak. Jika pengajuan disetujui, pihak bank akan memberikan pinjaman sesuai dengan nilai yang diajukan ataupun plafon yang disetujui. Uang tersebut kemudian akan langsung dibayarkan kepada pengembang untuk melunasi rumah yang diinginkan. Kemudian Anda akan membayar cicilan setiap bulannya sampai dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati. Anda dapat memilih jangka waktu mulai dari 5 sampai 25 tahun.

Sedikit berbeda jika Anda mengajukan cicilan DP kepada pengembang secara langsung. Skema yang ditawarkan biasanya ada dua jenis pembayaran, yaitu cash keras dan juga cash bertahap. Jangka waktu pelunasan tergantung pada pengembang masing-masing. Selain itu, harga yang diberikan akhirnya akan berbeda tergantung dengan tipe pembayaran yang dipilih. Jika menggunakan cash keras, harga rumah akan lebih murah jika dibandingkan ketika memilih pembayaran secara bertahap.

Begitu juga dengan DP yang dibayarkan. Pengembang akan memberikan skema harga yang berbeda untuk besarnya DP yang diberikan. Contohnya ketika DP 20% harga jual rumah 300 juta. Tetapi jika DP 30% harga jual menjadi 290 juta. Dan begitu seterusnya, semakin besar DP yang diberikan, harganya akan semakin murah.

Yang menjadi pembeda adalah ketika mengajukan DP nol persen ke pengembang, Anda hanya dapat mencicil DP yang telah disepakati. Setelah DP selesai dibayarkan sepenuhnya, Anda harus melakukan pengajuan pinjaman KPR ke bank untuk melunasi sisa pembayaran.

Meskipun demikian ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika membayarkan DP langsung kepada pengembang. Yaitu:

  1. Karena pengembang perumahan bukan bank, maka mereka tidak dapat menggunakan sistem bunga. Dan itu sangat menguntungkan, karena Anda tidak akan dibebani biaya bunga ketika mencicil langsung kepada pengembang.
  2. Jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan DP lebih singkat. Sehingga Anda tidak perlu berlama-lama untuk mengurusi pembayaran DP.
  3. Setelah DP sudah lunas dibayarkan, Anda dapat mengajukan pinjaman ke bank untuk membayarkan sisa pembayaran. Nominal pinjaman di bank tentu lebih rendah jika dibandingkan pinjaman yang sejak awal dilakukan lewat bank. Secara otomatis bunga yang Anda bayarkan akan berkurang.
  4. Skema cicilan DP yang dilakukan langsung kepada pengembang akan membantu masyarakat yang memiliki dana terbatas untuk membeli sebuah rumah. Karena total DP yang dibayarkan dapat dicicil. Selain itu proses administrasi lebih mudah karena semuanya akan diurus oleh pengembang.

Dengan adanya kedua pilihan tadi, Anda dapat menggunakan cara yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan dan juga paling sesuai dengan kondisi keuangan. Dengan demikian rumah impian akan segera dimiliki. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *