Jangan Sampai Anda Menyesali Beberapa Hal Ini Setelah Membeli Rumah!

Jangan Sampai Anda Menyesali Beberapa Hal Ini Setelah Membeli Rumah!

Membeli rumah adalah impian setiap orang. Proses untuk memiliki sebuah rumah merupakan usaha yang sangat besar dan juga panjang. Tidak hanya membutuhkan uang yang banyak, tetapi juga waktu yang cukup lama pada prosesnya. Karena ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah impian.

Jangan Sampai Anda Menyesali Beberapa Hal Ini Setelah Membeli Rumah!

Sumber: Unsplash

Ternyata setelah berhasil memiliki sebuah rumah, permasalahan tidak berhenti begitu saja. Ada beberapa orang yang ternyata mengalami penyesalan setelah berhasil membeli rumah. Penyesalan itu terjadi karena adanya kesalahan pengambilan keputusan terhadap beberapa hal, seperti:

1.                  Melebihi Kemampuan

Kebanyakan orang membeli rumah sesuai dengan keinginan. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tetapi membeli rumah yang jauh melebihi kemampuan tentu saja akan membuat Anda merasa kesulitan pada akhirnya. Kebanyakan orang berasumsi jika pendapatannya akan semakin meningkat di masa yang akan datang, sehingga berani mengambil cicilan melebihi kemampuan saat ini. Seharusnya ketika memutuskan untuk mengambil cicilan rumah, sesuaikan dengan kemampuan saat ini. Jika berasumsi pendapatan akan naik, maka cicilan akan semakin ringan pada masa yang akan datang, bukan memberatkan.

2.                  Cicilan yang Terlalu Mahal

Membeli rumah secara KPR akan menimbulkan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya dan juga beban bunga yang dibayarkan. Besarnya cicilan tergantung pada besarnya harga rumah dan juga waktu pelunasan (tenor). Contohnya, pembelian rumah seharga 500 juta jika dibayarkan secara tunai hanya perlu dibayarkan sebesar 500 juta saja. Tetapi jika menggunakan KPR selama 10 tahun, jumlahnya akan mencapai 1 Milyar.

Selain itu besarnya uang muka yang diberikan akan berpengaruh terhadap besarnya cicilan. Kebanyakan orang merasa menyesal mengambil KPR dengan uang muka yang sedikit, karena cicilan yang harus dibayarkan menjadi besar. Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli secara tunai, setidaknya bayarkan uang muka dengan jumlah yang lebih banyak. Uang muka yang lebih besar akan membuat cicilan yang harus dibayar per bulan semakin kecil.

3.                  KPR yang Kurang Tepat

Setiap bank akan memiliki penawaran KPR yang berbeda. Ada bank yang memberlakukan bunga tetap selama 1-3 tahun, ada juga bank yang menawarkan bunga floating sedari awal. Atau jika ingin nominal yang tetap setiap bulannya, Anda dapat menggunakan KPR berbasis syariah. Karena perhitungannya bukan berdasarkan bunga, tetapi pengambilan keuntungan yang sudah disepakati sejak awal.

Oleh karena itu perhitungkan besarnya bunga yang akan Anda bayarkan sejak awal. Karena kesalahan penentuan besarnya bunga akan berakibat pada besarnya cicilan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya.

4.                  Adanya Hutang Lain

KPR merupakan kredit jangka panjang. Pelunasannya tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu ataupun lebih cepat. Karenanya ada baiknya sebelum mengambil KPR, Anda menyelesaikan hutang yang lain terlebih dahulu. Jika selain membayar cicilan KPR ada hutang lain yang harus dibayarkan, Anda akan merasa terbebani dengan total cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

5.                  Belum Punya Pekerjaan Tetap

Ada kondisi khusus yang seharusnya dipikirkan terlebih dahulu sebelum membeli rumah agar tidak menyesal. Contohnya adalah ketika Anda belum memiliki pekerjaan tetap, atau pekerjaan masih berpindah-pindah tempat. Jika masih seperti itu ada baiknya Anda mengontrak rumah terlebih dahulu. Karena biaya mengontrak tentu saja lebih murah.

6.                  Perlu Banyak Renovasi

Pembelian rumah bekas memang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli rumah baru. Tetapi rumah bekas pasti harus mengalami renovasi sebelum ditempati agar sesuai dengan keinginan Anda. Sebelum membeli rumah bekas, Anda harus melakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai biaya renovasi yang akan terjadi. Tidak menutup kemungkinan biaya renovasi yang lebih banyak akan membuat rumah bekas menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli rumah baru.

7.                  Tidak Cocok Dengan lingkungan

Membeli rumah tidak saja membeli bangunan, tetapi juga lingkungan di sekitar rumah. Yang sering terjadi adalah pembeli hanya berfokus pada bangunan rumah dan lokasi saja. Tetapi lupa untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Akhirnya merasa menyesal. Contohnya, lingkungan yang kurang aman, dan juga lingkungan yang terlalu individual. Ketidak cocokan itu tentu saja akan membuat Anda merasa tidak nyaman di rumah.

Hal yang sudah disebutkan diatas adalah beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan sebelum Anda membeli rumah. Jangan sampai Anda merasa menyesal setelah membeli rumah yang selama ini Anda perjuangkan. Kami akan membantu Anda untuk memiliki rumah impian tanpa menyesal dikemudian hari. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *