Ingin Membeli Lampu Gantung? Ini Dia, Tips Memilih Lampu Gantung yang Cocok Untuk Ruangan Tamu

Ingin Membeli Lampu Gantung? Ini Dia, Tips Memilih Lampu Gantung yang Cocok Untuk Ruangan Tamu

Lampu memiliki peranan yang sangat penting pada rumah Anda. Lampu berfungsi sebagai alat penerangan di malam hari yang membuat rumah menjadi lebih terang dan tidak terasa menyeramkan. Dengan adanya perkembangan zaman, saat ini lampu tidak hanya memiliki fungsi penerangan saja, tetapi juga sebagai dekorasi pada rumah.

Ingin Membeli Lampu Gantung? Ini Dia, Tips Memilih Lampu Gantung yang Cocok Untuk Ruangan Tamu

Sumber: Unsplash

Ada berbagai jenis dan bentuk dari lampu saat ini yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Ada lampu yang berbentuk sederhana dan hanya mengandalkan fungsinya untuk menerangi saja. Bahkan ada juga jenis lampu dengan bentuk yang lebih estetik sebagai dekorasi dan memberikan kesan mewah pada rumah. Jenis lampu ini merupakan lampu gantung.

Lampu gantung merupakan jenis lampu yang digantung dari langit-langit ruangan dengan menggunakan kabel yang lebih panjang. Biasanya lampu gantung memiliki bentuk yang besar dan berada pada ruangan yang luas, seperti aula, ruang pertemuan, dan ruangan dengan ukuran besar lainnya. Sehingga kesan mewah akan terlihat optimal.

Tidak semua ruangan cocok untuk menggunakan lampu gantung. Berikut ini ada beberapa tips memilih lampu gantung yang cocok untuk ruangan yang Anda inginkan:

1.            Sesuaikan dengan style ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih lampu gantung yang sesuai dengan style rumah atau ruangan. Anda dapat memilih jenis lampu gantung minimalis untuk rumah dengan style minimalis. Atau jika rumah bergaya klasik kontemporer, pilih lampu gantung yang memiliki banyak ornamen klasik dengan detail yang rumit. Pemilihan jenis lampu yang sesuai dengan style rumah secara keseluruhan akan membuat tampilan yang mewah secara keseluruhan.

2.            Sesuaikan dengan interior ruangan

Karena fungsinya untuk melengkapi tampilan ruangan, maka pemilihan lampu gantung juga harus disesuaikan dengan interior yang berada didalam ruangan yang sama. Pilih lampu gantung yang senada jika dipadukan dengan interior yang lain. Sehingga seluruh ruangan akan terlihat berkesinambungan.

3.            Perhatikan ketinggian langit-langit ruangan

Karena letaknya yang digantung, lampu gantung sangat bergantung pada ketinggian dari langit-langit ruangan. Langit-langit ruangan yang tinggi sangat cocok untuk jenis lampu gantung yang menjuntai ke bawah. Namun perlu diperhatikan untuk tidak menggantung lampu melebihi setengah dari tinggi ruangan. Karena lampu justru akan terlihat memenuhi ruangan dan tidak terlihat mewah.

4.            Pilih material yang sesuai

Pemilihan material merupakan hal yang sangat penting dalam memilih lampu gantung. Material ini juga harus disesuaikan dengan style dan interior ruangan. Untuk mendapatkan kesan klasik Anda dapat memilih lampu dari material kristal. Atau Anda dapat menggunakan material besi untuk menghadirkan kesan minimalis.

5.            Pilih bentuk yang sesuai

Bentuk lampu gantung juga dapat disesuaikan dengan fungsi ruangan yang akan digunakan. Untuk ruangan formal hendaknya menggunakan lampu gantung dengan bentuk yang klasik untuk mencerminkan suasana formal. Sedangkan untuk ruangan yang santai dapat menggunakan bentuk yang sederhana dan cenderung minimalis agar ruang tidak terkesan “berat”.

6.            Pilih ukuran yang sesuai

Lampu gantung juga memiliki berbagai macam ukuran. Mulai dari yang kecil, sedang, besar, sampai ukuran yang super besar. ukuran dari lampu gantung harus disesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan digunakan. Hindari memilih lampu gantung yang terlalu kecil, karena tidak akan memberikan pencahayaan yang baik. Begitu juga halnya dengan lampu gantung yang terlalu besar, akan membuat ruangan terkesan aneh dan berlebihan.

Dengan menggunakan tips diatas Anda tidak perlu kebingungan lagi ketika akan memilih lampu gantung untuk rumah Anda. Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat berkonsultasi kepada arsitek ataupun penjual lampu gantung untuk mendapatkan lampu yang tepat. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian Anda dengan pencahayaan dan penggunaan lampu yang tepat. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *