Hendak Membeli Rumah Pertama Kali Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini

Hendak Membeli Rumah Pertama Kali? Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini

Hendak Membeli Rumah Pertama Kali? Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini

Membeli rumah pertama kali tentu menjadi pengalaman yang tak pernah dilupakan bagi seseorang. Bagi Anda yang pernah memiliki pengalaman tersebut tentu ada banyak persiapan yang dilakukan agar rumah yang ditinggali ini dapat membuat Anda sekeluarga nyaman. Meskipun demikian tentu kita harus berhati-hati karena hampir sebagian orang sering melakukan kesalahan saat membeli rumah pertama kalinya. Tentu kesalahan-kesalahan tersebut dapat merugikan kita di suatu saat nanti.

Hendak Membeli Rumah Pertama Kali Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini

Sumber : freepik.com

Untuk itu jika Anda hendak membeli rumah untuk pertama kalinya. Ada baiknya Anda tidak terjebak pada penawaran yang ada, mungkin saja pihak pengembang tersebut menonjolkan sisi harga yang lebih murah, akan tetapi secara kualitas dan fasilitas yang di dapat kurang mencukupi.

Apalagi saat membeli rumah pertama kali, tentu hal yang ingin Anda cari adalah kenyamanan bukan? Dengan lokasi yang strategis dan harga beli yang sesuai dengan budget yang dimiliki itulah yang selalu ada di benak saat ingin membeli rumah. Nah, agar tidak merugi kedepannya berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari saat membeli rumah untuk pertama kalinya.

1.      Terkesan dengan kondisi rumah dari luarnya saja

Sama seperti saat kita sedang jatuh cinta pada seseorang, umumnya kita akan menyukai rumah dari tampilan luarnya terlebih dahulu. Padahal tampilan bisa saja menipu, untuk itu ada baiknya Anda perlu mengetahui seluk beluk tentang rumah tersebut sebelumnya. Jangan hanya tergoda pada tampilan luarnya saja.

Akan sangat fatal jika Anda hanya membeli rumah berdasarkan tampilannya saja. Saat Anda merasa mulai terpesona oleh tampilan rumah, sebaiknya segera sadarkan diri dan pertimbangakan, kira-kira berapa harga yang harus dibayar, dan jika bisa dicicil coba tanyakan berapa kali dan bagaimana skema pencicilan rumah tersebut, dengan demikian Anda dapat memperkirakan apakah harga rumah tersebut masih bisa dijangkau atau tidak.

2.      Tidak mengamati bagaimana lingkungan sekitar rumah yang akan dibeli

Rumah yang nyaman bukan hanya tentang interior dan perabotan saja, rumah yang nyaman tentu memiliki lingkungan yang aman pula. Mungkin saja, rumah tersebut memiliki tampilan yang bagus, serta harga yang bisa anda jangkau. Akan tetapi, jika ternyata area rumah rawan tergenang banjir atau lokasinya sulit untuk dijangkau, tentu hal ini akan mempersulit Anda bukan? Untuk itu, kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penghuninya, lingkungan ini bukan hanya lingkungan alam saja namun juga lingkungan sosial.

Sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli rumah, amati terlebih dahulu bagaimana kawasan rumah tersebut, apakah rawan banjir, rawan macet, lalu bagaimana tingkat kriminalitas di sana? Cobalah anda bertanya pada warga sekitar yang tinggal di dekat rumah yang hendak dibeli.

3.      Bayar cicilan rumah tak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh

Jika Anda membeli rumah dengan skema KPR maka hal yang perlu diperhatikan adalah cicilan bulanannya. Ingat, cicilan rumah tersebut jangan sampai melebihi pendapatan yang diperoleh setiap bulannya. Untuk itu, Anda perlu memperhitungkan terlebih dahulu antara pendapatan, kebutuhan utama, dan lainnya.

Jika memang masih banyak uang yang tersisa setiap bulannya, mungkin Anda akan sanggup membayar cicilan rumah, namun ingat pastikan harga rumah yang dibeli disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jika nanti Anda mendapatkan bonus atau kelebihan uang, bisa saja dialokasikan ke cicilan KPR.

4.      KPR dengan tenor yang singkat

Semakin singkat waktu tenol yang ada pilih dalam mencicil KPR, maka cicilan perbulan yang harus disetorkan akan semakin besar. Sedangkan kondisi keuangan yang dimiliki belum bisa diketahui secara pasti, apakah mungkin jika suatu saat Anda akan membutuhkan dana darurat untuk kepentingan mendesak? Untuk itu, pilih tenor yang cukup dengan budget yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan bersikap terburu-buru, pahamilah bila membeli rumah tentu membutuhkan persiapan.

5.      Melupakan biaya ekstra

Membeli rumah dengan KPR, tentu ada biaya lain yang harus Anda ikut hitung. Biaya tambahan tersebut umumnya berupa biaya materai, biaya notaris, pajak properti, biaya aplikasi dan lain sebagainya. Meskipun terdengar tidak terlalu besar, dibanding cicilannya perbulan, akan tetapi jika Anda tidak menyiapkan itu bisa-bisa dana yang disiapkan akan membengkak.

Demikian 5 hal kesalahan yang sering dilakukan saat akan membeli rumah untuk pertama kalinya. Dengan menghindari kesalahan tersebut rumah yang Anda tinggali akan nyaman dan aman tanpa ada sesuatu yang ditakuti suatu saat nanti. Bila Anda masih menyimpan pertanyaan terkait proses pembelian rumah Anda bisa berkonsultasi dengan kami melalui fasindoproperty.co.id Jangan ragu untuk menghubungi kami khususnya bagi Anda yang ingin memiliki hunian nyaman dan aman di area Kota ataupun Kabupaten Semarang, Salatiga, Cibinong, Jepara, dan Bali.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *