Cegah Kebakaran Rumah Dengan Cara Ini!

Cegah Kebakaran Rumah Dengan Cara Ini!

Rumah dibuat dan dibangun sebagai tempat yang aman untuk ditinggali oleh seluruh keluarga. Meskipun sudah dibangun dengan sempurna, akan tetapi terkadang hal-hal buruk terjadi tanpa rencana, salah satunya adalah kebakaran rumah.

Cegah Kebakaran Rumah Dengan Cara Ini!

Sumber: Unsplash

Kebakaran rumah sering terjadi karena tata letak ruangan yang tidak didukung dengan sirkulasi udara yang baik, atau juga penggunaan berbagai material yang justru mudah terbakar. Dengan demikian, sedikit saja percikan api yang muncul, akan menghasilkan kebakaran besar yang tidak dapat dihindarkan. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, sebaiknya pencegahan dilakukan mulai dari sebelum rumah dibangun sampai dengan kebiasaan sehari-hari saat ini.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran, yaitu:

1.            Sistem kelistrikan

Kebakaran rumah sering sekali terjadi karena sistem kelistrikan. Biasanya terjadi karena hubungan arus pendek yang dapat membuat titik api, sehingga akan memicu terjadinya kebakaran. Untuk itu gunakan sistem kelistrikan yang sesuai dengan standar keamanan. Meskipun harganya cenderung lebih mahal tetapi lebih aman untuk digunakan.

Kesalahan lain adalah menggunakan stop kontak secara bertumpukan. Stop kontak yang digunakan secara bertumpukan akan membuat aliran listrik menjadi berlebihan yang menyebabkan kabel menjadi panas, mudah sekali rusak dan terbakar. Untuk itu buat colokan listrik sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak akan menumpuk pada stop kontak.

2.            Pemilihan material

Penyebab kebakaran rumah lainnya adalah penggunaan material yang mudah terbakar pada bangunan. Seperti kayu, plastik, dan lain sebagainya. Jika tetap ingin membuat rumah dengan tampilan kayu yang cantik, Anda dapat menggunakan material kayu artificial. Kayu artifisial ini sebenarnya bukanlah kayu, tetapi dibuat dari semen yang dibentuk dan di cat khusus sehingga menyerupai kayu sungguhan.

Selain itu hindari menyimpan barang-barang yang mudah terbakar dengan sumber api dan listrik. Seperti jauhkan benda-benda yang terbuat dari plastik di dekat kompor ataupun stop kontak. Hal ini untuk mencegah terjadinya percikan api yang menyebabkan kebakaran.

3.            Desain dapur

Ruangan yang paling sering menjadi sumber kebakaran adalah dapur. Karena dapur berisi peralatan yang menghasilkan api. Untuk itu Anda harus memberikan perhatian ekstra kepada ruangan ini.

Rancang dapur agar memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebaiknya letakkan tabung gas dekat dengan ventilasi udara dan jauh dari kompor. Hal ini untuk menghindari penumpukan gas pada area dapur ketika terjadi kebocoran tabung gas.

4.            Siapkan Fire Extinguishers dan Smoke Detector

Selalu siapkan Fire Extinguishers pada area rumah yang memiliki sumber api dan barang-barang yang mudah terbakar, seperti dapur dan ruang gudang penyimpanan. Letakkan Fire Extinguisher pada tempat yang mudah di akses. Jangan lupa untuk merawat Fire Extinguishers dengan baik agar selalu dalam kondisi optimal ketika akan digunakan.

Jika memiliki dana yang berlebih, gunakan Smoke Detector pada semua bagian rumah. Dengan begitu Anda akan mengetahui titik api sejak dini sebelum api membesar dan membuat kebakaran rumah.

5.            Mematikan listrik ketika tidak digunakan

Setelah semua bagian rumah dirancang untuk menghindari kebakaran, ada kebiasaan yang harus dilakukan untuk membuat rumah menjadi tempat yang aman dari kebakaran. Salah satunya adalah kebiasaan untuk selalu mematikan listrik ketika tidak digunakan. Terlebih jika rumah akan ditinggal dalam jangka waktu yang lama, padamkan listrik secara menyeluruh untuk mencegah kemungkinan terjadinya korsleting.

Selain itu gunakan lampu dengan watt yang tidak terlalu tinggi. Kebiasaan ini akan membuat rumah terhindar dari kebakaran dan juga lebih hemat listrik.

Tips diatas dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran didalam rumah. Tidak hanya dilakukan pada tahap awal pembuatan rumah saja, proses pencegahan ini harus tetap dilakukan dan dijadikan kebiasaan sehari-hari. Lakukan perawatan secara berkala terhadap alat-alat mencegah kebakaran agar tetap dapat digunakan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian yang minim akan resiko kebakaran. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *