Cara Kredit Rumah Untuk Milenial, Lebih Praktis Dan Mudah

Cara Kredit Rumah Untuk Milenial, Lebih Praktis Dan Mudah

Cara Kredit Rumah Untuk Milenial, Lebih Praktis Dan Mudah

Milenial sering diributkan dengan gaya hidup yang selalu hits abis. Banyak orang yang menganggap jika kalangan milenial adalah anak muda yang tidak menyiapkan segala kebutuhan hidup di masa mendatang, termasuk perihal tempat tinggal. Mungkin sebagian dari Anda juga bertanya-tanya, mau sampai kapan tinggal di kostan, kontrakan atau di rumah orangtua? Bahkan ada yang berandai jika suatu hari memiliki rumah sendiri. Tapi apa mungkin?

Tentu saja mungkin, memang saat ini membeli rumah bukan hal yang murah dan mudah. Perlu biaya yang besar dan waktu yang panjang. Sehingga kebanyakan dari kalangan millenial memilih untuk menunda keinginan untuk membeli rumah sampai mereka berkeluarga. Atau lebih memilih untuk mengejar mimpinya telebih dahulu, entah itu travelling keliling dunia, fokus berkarir, dan lain sebagainya.

Cara Kredit Rumah Untuk Milenial, Lebih Praktis Dan Mudah

Sumber: unsplash

Memiliki rumah sendiri untuk generasi milenial, mungkinkah?

Dibalik semua kondisi di atas, sebenarnya bisa-bisa saja Anda memiliki rumah sebelum menikah atau saat berusia 20an. Ya, memang harga properti bukan harga yang murah, akan tetapi nilainya yang terus bertambah seiring berjalannya waktu sehingga menjadikan rumah sebagai aset yang sangat menjanjikan di masa mendatang. Mungkin Anda masih merasa kesulitan untuk membeli rumah karena nominal gaji yang diperoleh setiap bulan belum besar, padahal uang yang saat didapatkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dan gaya hidup.

Saat ini kebutuhan millenial cenderung beragam, jika dulu hanya sekadar sandang, pangan, dan papan. Saat ini kebutuhan berubah menjadi lebih banyak seperti gadget, berlanggan streaming, travelling, nonton konser, datang ke festival, dan lain sebagainya. Tentu kebutuhan yang sebenarnya bukan kebutuhan itu cukup menguras uang yang ada di dompet Anda bukan?

Padahal banyak loh milenial yang ternyata bisa membeli rumah meskipun usianya masih muda. Zaman sekarang kita telah dimudahkan oleh teknologi dan sistem yang ada, sehingga akan lebih praktis untuk membeli rumah tanpa harus pusing-pusing.

Untuk Anda yang masih muda, namun sudah berpikir memiliki rumah sendiri berikut ini merupakan tips yang dapat diterapkan antara lain:

1.      Kurangi nongkrong dan hal lain yang memerlukan biaya besar

Makan di luar dan nongkrong bersama teman adalah hal yang biasanya dilakukan. Namun ingat, jangan terlalu sering. Meskipun yang Anda pesan hanya minuman dan snack, tapi jika dilakukan terlalu sering tentu memakan biaya pengeluaran yang cukup besar.

Akan lebih baik, uang yang biasanya digunakan untuk nongkrong bersama teman dialokasikan sebagai tabungan, yang nantinya dipakai untuk membayar DP KPR rumah. Hal ini bukan berarti Anda dilarang untuk nongkrong, hanya saja terapkan hidup hemat jika Anda ingin memiliki rumah impian.

2.      Menabung emas atau deposito

Meskipun sudah klasik, tapi cara ini sangat membantu Anda dalam proses menabung. Mungkin sebagian dari kita cukup kesulitan memisahkan rekening bank untuk keperluan sehari-hari dan tabungan. Jika demikian, tentu sebaiknya Anda memilih skema menabung yang baru, misalnya membuka tabungan jangka panjang, deposito, atau reksadana. Selain itu, Snda juga bisa membeli emas dan menyimpannya sebagai tabungan.

3.      Ingat pilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan bukan hanya trend

Inilah yang terkadang menjadi kesalahan para milenial, kebanyakan dari mereka memilih sesuatu dari tren atau apa yang nampak di media sosial, termasuk dalam hal tempat tinggal. Padahal saat memilih rumah, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan. Semakin besar dan memadai fasilitas yang dimiliki, akan semakin mahal harga rumah tersebut. Ingat juga, Anda tak perlu membeli rumah yang terlalu besar agar bisa ditinggali. Catatlah semua kebutuhan Anda agar bisa mengidentifikasi rumah seperti apa yang ingin dimiliki.

4.      Pilihlah KPR DP mulai dari 0%

Umumnya DP atau uang muka KPR menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi saat hendak mengambil KPR. Namun anda tak perlu khawatir karena saat ini banyak pihak pengembang maupun yang menawarkan pembayaran DP mulai dari 0%. Tentu anda bisa memilih fasilitas tersebut tanpa takut uang muka yang jumlahnya cukup besar tersebut.

5.      Pilih tenor KPR terpanjang

Ingat, Anda masih muda masih memiliki waktu yang panjang untuk memiliki rumah. Sehingga tak ada salahnya jika memilih tenor KPR jangka panjang. Dengan pendapatan yang masih terbatas jangan sampai besarnya KPR justru menjadi beban anda. Tenor KPR yang panjang tentu memiliki cicilan yang lebih rendah.

Bagaimana, siap memiliki rumah sendiri? Jika Anda berniat memiliki hunian nyaman khususnya di kota Semarang, segera hubungi kami fasindoproperty.co.id untuk berkonsultasi. Kami sangat terbuka akan kebutuhan Anda untuk memiliki rumah di usia yang masih muda. Tunjukkan eksistensi Anda sebagai milenial dengan memiliki rumah idaman sendiri.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *