Bukan Hanya Mempercantik Rumah, Taman Juga Memiliki Fungsi Lain.

Bukan Hanya Mempercantik Rumah, Taman Juga Memiliki Fungsi Lain.

Membangun sebuah rumah merupakan hal yang tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan secara seksama untuk menghasilkan bangunan yang nyaman untuk ditinggali. Tidak hanya pondasi dan juga bentuk rumah, tata letak ruangan didalam dan diluar rumah juga harus dibuat dengan sebaik mungkin agar fungsinya dapat dirasakan secara maksimal.

Bukan Hanya Mempercantik Rumah, Taman Juga Memiliki Fungsi Lain.

Sumber: Unsplash

Salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi sebagai area relaksasi dan mempercantik ruangan adalah taman. Kehadiran taman didalam rumah akan membuat suasana rumah menjadi berbeda, udara yang lebih sejuk, dan suasana yang lebih tenang. Karena hal tersebut banyak orang yang tetap membuat taman didalam rumah meskipun di atas area yang terbatas.

Manfaat Taman

Selain mempercantik ruangan, kehadiran taman juga memiliki banyak manfaat di dalam rumah. Manfaat tersebut adalah:

1.            Resapan air

Manfaat taman yang paling besar adalah adanya area resapan air di dalam rumah. Meskipun tidak terlalu luas, adanya daerah resapan air ini akan mengurangi resiko banjir. Selain itu taman juga dapat menjadi sumber cadangan air di saat terjadi kekeringan.

2.            Sirkulasi udara

Agar tidak terasa pengap, rumah harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Taman didalam rumah dapat menjadi tempat pertukaran antara udara didalam dan diluar rumah. Dengan demikian rumah tidak akan pengap.

3.            Mempercantik bangunan

Taman yang dibuat dan dirawat dengan baik akan mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan. Adanya tanaman dan bunga beraneka warna akan membuat taman menjadi terlihat lebih menarik.

4.            Menangkal polusi

Tanaman yang berada didalam taman akan menyaring karbondioksida pada udara sebelum masuk kedalam rumah. Bahkan ada beberapa jenis tanaman yang menyerap udara kotor dan menghasilkan oksigen. Jenis tanaman ini mampu menangkal polusi secara optimal.

5.            Suasana menjadi lebih sejuk

Adanya penyerapan karbondioksida pada tanaman membuat udara didalam rumah menjadi lebih sejuk dan segar. Selain itu banyaknya tanaman yang ada pada taman membuat rumah menjadi lebih asri.

6.            Area relaksasi

Taman juga dapat dijadikan sebagai tempat relaksasi setelah seharian bekerja. Anda dapat memberikan patio atau teras kecil pada taman, sehingga area taman juga dapat digunakan untuk duduk-duduk santai bersama keluarga.

7.            Menyalurkan hobi

Manfaat lain dari taman adalah sebagai tempat menyalurkan hobi berkebun. Berkebun dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menghilangkan stress yang dirasakan sebelumnya.

Tips Membuat Taman

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari taman, ada beberapa tips yang dapat dilakukan jika Anda ingin membangun taman pada lahan yang sempit.

1.            Memilih area yang akan dijadikan taman

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memilih area yang akan dijadikan taman. Pastikan bahwa area tersebut mendapatkan sinar matahari penuh setiap harinya. Karena setiap tanaman yang ada didalamnya membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.

Jika tidak ada lahan yang tersedia, Anda dapat membuat taman secara vertikal dengan cara meletakkan berbagai tanaman pada pot yang diletakkan pada dinding rumah.

2.            Menentukan jenis tanaman

Jenis tanaman yang digunakan pada taman juga tidak bisa sembarangan. Pilih tanaman dengan ukuran yang kecil, sehingga akan membuat taman menjadi terlihat lebih luas. Untuk memaksimalkan fungsi lahan, pilih jenis tanaman yang bermanfaat dan dapat dikonsumsi secara berkelanjutan. Contohnya adalah sayuran dan jenis tanaman herbal lainnya.

3.            Memilih media tanam

Ada berbagai macam media tanam yang dapat digunakan. Untuk luas lahan yang terbatas, gunakan media tanam pot agar Anda mudah untuk memindahkan tanaman. Untuk membuat tanaman tetap tumbuh gunakan pupuk kompos dan berikan sinar matahari yang cukup setiap harinya.

Untuk memaksimalkan manfaat dari taman, Anda harus merawatnya secara optimal. Jangan lupa untuk memberikan pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman, sehingga tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Fasindo Property siap membantu sepenuh hati untuk merancang rumah impian dengan taman didalam rumah, sehingga Anda dapat menikmati manfaat dari taman yang dibuat. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan kunjungi website kami di http://fasindoproperti.co.id untuk informasi  lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *