Baru Saja Menikah Lebih Baik Sewa Atau Beli Rumah Saja Simak Pembahasannya

Baru Menikah? Lebih Baik Sewa Atau Beli Rumah Saja? Simak Pembahasannya

Selayaknya pasangan yang baru saja menikah pada umumnya, Anda dan pasangan tentu sangat ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman tanpa harus menumpang di rumah orangtua. Tinggal terpisah dari orangtua tentu menjadi sebuah kesepakatan yang telah dibuat oleh Anda dan pasangan jauh-jauh hari. Akan tetapi, terkadang semua itu tak berjalan mulus, mengingat kebutuhan paska menikah yang banyak terkadang sulit bagi beberapa pasangan untuk hidup terpisah dari kedua orangtuanya.

Baru Saja Menikah Lebih Baik Sewa Atau Beli Rumah Saja Simak Pembahasannya

Sumber : unsplash

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi PR yang cukup besar, mengingat banyaknya biaya yang harus disiapkan. Selain perihal dana, terkadang sulit bagi beberapa orang memiliki rumah yang letaknya strategis, khususnya bagi Anda dan pasangan yang masih berusia produktif. Misalnya saja, apakah rumah yang akan ditinggali lokasinya dekat dengan tempat Anda atau pasangan bekerja? Atau lokasinya dekat dengan fasilitas umum yang dibutuhkan seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga sekolah untuk anak anda berdua nantinya.

Membeli rumah tentu bukan perkara yang mudah, untuk itu ada alternatif lain yang bisa Anda berdua pilih yakni dengan menyewa tempat tinggal yang nyaman. Baik membeli ataupun menyewa tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Nah, sebagai bahan pertimbangan Anda mana yang sebaiknya dipilih? Berikut ini adalah pembahasannya, simak baik-baik di bawah ini.

Membeli rumah

Tentu setiap pasangan yang baru saja menikah tentu menginginkan memiliki rumah sendiri. Bahkan hampir 80 persen orang yang membeli rumah pertama kalinya adalah pasangan yang baru menikah. Meskipun demikian ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah, antara lain:

1.      Rumah = investasi jangka panjang

Seperti yang kita tahu jika dari tahun ke tahun harga properti akan terus mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh perkembangan kota dan pembangunan infrastruktur yang semakn maju dan membaik. Sehingga jika anda saat ini membeli rumah, maka suatu saat jika Anda dan pasangan hendak menjualnya maka nilai jual rumah anda akan jauh lebih tinggi dalam beberapa tahun mendatang. Sehingga bisa dikatakan, membeli rumah setelah menikah, sama halnya dengan berinvestasi jangka panjang pada sektor properti.

2.      Hak milik

Tentu rasanya akan lebih nyaman untuk tinggal di rumah yang memang milik anda sendiri. Sehingga anda bisa meninggali rumah tersebut dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya itu saja, rumah yang Anda beli saat ini bisa saja diwariskan kepada anak dan cucu nanti. Meskipun saat ini Anda dan pasangan dibebani dengan cicilan yang harus dibayar setiap bulan, namun jika angsuran tersebut berakhir keuntungan tersebut telah Anda miliki secara mutlak.

3.      Lokasi

Harga rumah tentu juga dipengaruhi oleh lokasinya, semakin dekat dengan tengah kota dan fasilitas umum maka rumah akan semakin mahal. Selain itu, luasan pada rumah di tengah kota cenderung lebih terbatas. Sedangkan, rumah di pinggir kota memiliki harga yang lebih terjangkau dan luas. Akan tetapi Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh agar sampai di kantor.

Menyewa rumah

Menyewa rumah mungkin menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih jika Anda dan pasangan belum memiliki dana yang besar agar bisa membeli rumah sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki antara lain:

1.      Harga yang lebih terjangkau

Mungkin Anda dan pasangan masih dalam kondisi finansial yang belum stabil. Sehingga untuk mengeluarkan dana yang besar anda berdua harus berpikir berkali-kali apalagi umumnya pasangan muda cenderung mengalokasikan tabunganya untuk bulan madu dan pesta resepsi. Sehingga menyewa rumah adalah alternatif yang cocok bagi pasangan yang tetap ingin terpisah dari orangtua, karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi.

2.      Lokasi

Pasangan muda yang baru saja menikah umumnya masih aktif bekerja dan merintis karir. Sehingga lokasi yang strategis menjadi bahan pertimbangan untuk memilih tempat tinggal. Dengan menyewa rumah tentu anda akan lebih bebas memilih lokasi yang dekat dengan kantor, bahkan jika harus dimutasi ke tempat lain anda dan pasangan tinggal mencari rumah sewa yang baru.

3.      Biaya perawatan

Terkadang biaya perawatan juga membutuhkan dana yang cukup besar, namun saat menyewa rumah Anda tak perlu takut karena jika ada kerusakan yang tak sengaja anda bisa menghubungi pemilik rumah agar diperbaiki. Namun hal ini tergantung perjanjian yang disepakati di awal ya.

Sebenarnya baik menyewa ataupun membeli, keduanya memiliki kelebihan dan kekuranganya. Apapun yang Anda pilih, pastikan tempat tinggal tersebut mencukupi kebutuhan Anda. Namun, yang menjadi catatan adalah pastikan agen properti yang dipilih untuk melakukan transaksi pembelian rumah merupakan agen properti yang terpercaya. Salah satunya adalah agen properti Fasindo yang telah terbukti selama 2 dekate menciptakan huniaan berkelas bagi kalangan kelas menengah. Lokasi yang Anda pilih sangat beragam, Anda bisa menemukan kami di kota Semarang, Salatiga, Cibinong, Jepara, dan Bali. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui fasindoproperty.co.id

Semoga tips di atas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *