6 Tips Cerdas Punya Hunian Di Area Perumahan

6 Tips Cerdas Punya Hunian Di Area Perumahan

Memiliki rumah merupakan impian dari semua orang. Saat ini sudah banyak jenis rumah yang ditawarkan oleh para pengembang. Yang paling banyak ditawarkan adalah rumah yang berada di area perumahan. Dengan memilih rumah di area perumahan, otomatis Anda akan mendapatkan pengalaman baru yaitu hidup bersama dengan komunitas yang besar. Selain itu biasanya perumahan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para penghuninya, seperti area pertokoan, sarana olahraga, tempat bermain, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian calon pembeli.

6 Tips Cerdas Punya Hunian Di Area Perumahan

Sumber : Unsplash

Saat ini muncul bermacam-macam pilihan perumahan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika akan membeli sebuah rumah. Ada perumahan yang dibangun dengan jumlah bangunan yang sedikit (cluster) dengan harga yang lebih mahal, atau perumahan besar yang didalamnya terdapat banyak sekali rumah (PERUM) dengan harga yang lebih murah. Semua itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari masing-masing orang.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli hunian di area perumahan, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu  beberapa hal yang akan kami jelaskan dibawah ini:

1.                  Mengumpulkan Informasi

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kriteria rumah yang Anda inginkan. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan brosur yang dibagikan oleh pada pengembang. Brosur tersebut mengandung banyak informasi mengenai perumahan yang dipasarkan, mulai dari bentuk bangunan, spesifikasi bangunan, sampai dengan harga yang ditawarkan dan fasilitas pendukung lainnya. Di dalam brosur juga biasanya disertakan informasi khusus, seperti akses kendaraan umum, akses fasilitas pelayanan umum, dan pintu tol yang menunjukkan kekuatan dari masing-masing area perumahan. Semua informasi tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan perbandingan untuk menentukan perumahan yang akan Anda pilih.

2.                  Survei

Setelah memilih dan menyaring informasi dari brosur yang didapatkan, tahap selanjutnya adalah melakukan survei langsung ke lokasi perumahaan yang diinginkan. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian informasi yang tertera pada brosur dengan kondisi yang sebenarnya. Karena tidak jarang, kondisi dilapangan sedikit berbeda dengan informasi yang dicantumkan di dalam brosur.

Ketika melakukan kunjungan, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan lebih detail, seperti:

a.                              Arah rumah

Pemilihan berdasarkan arah rumah tidak selalu dilakukan oleh semua orang. Pemilihan arah rumah biasanya hanya dijadikan faktor pendukung tambahan saja. Padahal jika dihubungkan dengan kesehatan, arah rumah yang menghadap sinar matahari pagi jauh lebih sehat daripada rumah yang membelakangi matahari pagi.

b.                           Fasilitas umum

Banyak perumahan yang menyediakan fasilitas umum didalam perumahannya, seperti taman, sarana olahraga, tempat bermain, dan lain sebagainya. Tetapi ada juga yang tidak menyediakan fasilitas tersebut. Padahal dengan adanya fasilitas umum yang tersedia, akan mempermudah Anda untuk melakukan berbagai kegiatan.

c.                            Posisi rumah

Salah satu yang menentukan harga dari sebuah rumah adalah posisi dari rumah tersebut. Misalnya, posisi rumah dipojok, pasti akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga rumah yang berada di tengah. Posisi tersebut memungkinkan Anda untuk mengembangkan rumah menjadi lebih besar, sehingga posisi ini menjadi incaran banyak orang.

3.                  Keamanan

Hal yang paling penting adalah adanya sistem keamanan yang memadai. Pastikan perumahan yang akan Anda pilih memiliki fasilitas keamanan seperti CCTV ataupun satpam yang bekerja selama 24 jam.

4.                  Status Rumah

Di dalam perumahan biasanya tersedia dua jenis status rumah, yaitu rumah siap huni dan rumah indent. Rumah siap huni berarti rumah tersebut sudah siap untuk langsung ditempati. Sedangkan rumah indent adalah rumah yang sudah dijual tetapi belum siap huni. Anda hanya dapat memilih posisi rumah dari peta situs perumahan, kemudian harus menunggu sampai rumah tersebut selesai dikerjakan sebelum dapat ditempati.

5.                  Harga

Hal yang harus menjadi perhatian selanjutnya adalah harga. Anda harus menanyakan dengan detail mengenai harga yang ditawarkan. Apakah harga tersebut sudah termasuk PPN 10%, biaya AJB (Akta Jual Beli), biaya BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan), dan juga biaya KPR (provisi, notaris, administrasi, dan asuransi). Selain biaya-biaya tadi, Anda juga dapat mengajukan diskon atas pembelian rumah yang akan dilakukan.

Selain itu tanyakan juga kepada pengembang, apakah sudah melakukan kerjasama dengan Bank untuk proses pengajuan KPR. Karena jika pengembang sudah bekerja sama, maka Anda seharusnya mendapatkan kemudahan ketika proses pengajuan KPR nantinya.

6.                  Garansi

Yang terakhir adalah garansi kerusakan setelah Anda melakukan pembelian. Garansi tersebut dapat meliputi kebocoran, retak dinding, ataupun masalah lainnya. Biasanya pengembang akan memberikan jangka waktu tiga bulan untuk garansi ini.

Setelah mengetahui hal-hal tersebut, Anda dapat membandingkan seluruh informasi yang diterima untuk memutuskan perumahan mana yang anda akan pilih. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait bagaimana mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda, Fasindo Property akan siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Hubungi hotline kami di no +6224 355 7797 dan akses website kami http://fasindoproperti.co.id  untuk informasi  hunian nyaman dan eksklusif lainnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *